Monday , 23 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Khasiat Dibalik Kandungan Bengkoang untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Dibalik Kandungan Bengkoang untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Dibalik Kandungan Bengkoang untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Dibalik Kandungan Bengkoang untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Dibalik Kandungan Bengkoang untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Dibalik Kandungan Bengkoang untuk Kesehatan Tubuh – Bengkoang adalah salah satu tanaman yang termasuk umbi. Bengkoang termasuk tanaman tahunan yang mempunyai tinggi lebih dari 1 meter. Selain itu tanaman ini mempunyai rambut halus yang bisa membelit serta mengarah ke bagian bawah. Tanaman bengkoang tentunya menghasilkan produksi utama yaitu umbinya.

Selain dapat memberikan manfaat, harus diwaspadai bahwa buah bengkoang bisa menyebabkan keracunan. Apabila anda terkena racunnya, cukup mengkonsumsi air kelapa agar dapat menghilangkan racunnya. Meskipun beracun, buah bengkoang akan tetap bisa dimakan atau digunakan dan mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Dapat Mengobati sariawan
Perlu diketahui ternyata bengkoang mengandung vitamin C yang cukup tinggi sahingga bisa mengobati sariawan.

2. Dapat mengurangi penyakit maag
Maag bisa diakibatkan karena tingginya asam lambung. Dengan konsumsi bengkoang yang merupakan buah yang dingin serta mengandung alkali. Sehingga bisa bengkoang membantu menurunkan produksi gas di dalam lambung serta asam lambung.

3. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Salah satu kandungan bengkoang yaitu fitonutrien yang berguna meningkatkan sistem imun tubuh, dengan demikian akan menyebabkan tubuh terhindar dari virus ataupun bakteri.

4. Dapat melancarkan pencernaan
Buah bengkoang sama seperti halnya buah-buahan lain. Buah ini mengandung banyak serat yang tingi dan bisa melancarkan pencernaan anda.

5. Dapat mengobati batu ginjal
Bengkoang termasuk buah mengandung senyawa misalnya fosfor yang baik dalam merawat organ terutama ginjal serta empedu. Dengan demikian pada saat mengalami sakit seperti batu ginjal ataupun empedu, bengkoang merupakan buah yang menjadi rekomendasi.

6. Dapat mengobati penderita biri-biri
Biri-biri ataupun beri-beri adalah penyakit yang timbul seperti bintik pada kulit. Beri-beri adalah penyakit yang diakibatkan karena tubuh kekurangan vitamin B1. Buah bengkoang mengandung vitamin B1 yang cukup banyak dengan demikian bengkoang bisa menjadi alternatif.

7. Dapat menyehatkan Tulang
Bagian utama yang menjadi penopang tubuh adalah tulang. Dengan demikian kesehatan tulang haruslah dijaga. Bengkoang mempunyai kandungan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang.

8. Dapat mencegah Asma
Kandungan magnesium dalam bengkoang dapat meringankan penderita asma. Pasien dengan asma kronis mungkin bisa menormalkan napas mereka dengan asupan suplemen magnesium, yang membantu untuk relaksasi otot-otot bronkus serta menormalkan pernapasan.

9. Dapat meningkatkan kerja jantung
Jantung merupakan satu organ vital yang penting sama halnya dengan otak dan juga sumsum tulang belakang. Kerja jantung yakni memompa darah. Berkaitan dengan hal itu, senyawa tembaga bisa membantu untuk mensuplai jantung dengan darah yang sehat. Ia dapat bekerja sama dengan zat besi dalam respirasi serta sintesis hemoglobin. Tembaga sudah diyakini diperlukan untuk penyimpanan penggunaan, serta pelepasan besi yang dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin dalam sel darah merah. Tembaga dapat diperoleh dari bengkoang yang dikonsumsi setiap harinya, dalam buah bengkoang mengandung cukup banyak tembaga serta bisa membantu kerja jantung untuk menjadi lebih baik.

10. Dapat membantu menyerap mineral
Kandungan magnesium dalam bengkuang dapat membantu untuk menyerap vitamin dan mineral penting misalnya natrium, kalsium, kalium dan juga fosfor. Penyerapan mineral biasanya akan terjadi dalam usus halus, dan fungsi ini dari magnesium yaitu dapat mendetoksifikasi banyak racun berbahaya yang ada dalam tubuh.

11. Dapat membantu fungsi otot
Bengkoang dapat membantu anda dalam membantu kerja fungsi otot untuk menjadi lebih baik. Zat besi yang terkandung dalam bengkoang dapat meredakan cidera ataupun sakit pada otot.

12. Dapat membantu pembentukan enzim
Kandungan zat besi dalam bengkoang hampir 7 % dimana ukuran ini dikatakan cukup tinggi jika dibanding mangan atau kalium dalam buah tersebut. Zat besi sangat berguna untuk pembentukan enzim.

13. Dapat meningkatkan kerja metabolisme
Metabolisme dapat berfungsi untuk pembakaran dalam tubuh. Kerja metabolisme dapat dibantu dengan adanya asam pantotenat yang merupakan salah satu dari golongan vitamin B yang mudah larut dalam air. Dengan demikian kandungan tersebut bengkuang dapat meningkatkan metabolisme agar tubuh bekerja lebih baik lagi.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates