Saturday , 27 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Khasiat Ramuan Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Ramuan Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Ramuan Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Ramuan Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh


Khasiat Ramuan Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh
– Terdapat banyak sekali manfaat daun sirih yang dapat kita ambil, terlebih daun ini akan mudah sekali ditemukan dan juga mudah untuk ditanam. Tanaman dengan nama latin piper batle tersebut bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat sebab mengandung minyak atsiri, mengandung kavikol, gula, mengandung seskuiterpen, zat samak, mengandung pati, dan juga minyak terbang ataupun betlephenol. Banyak sekali khasiat dari tanaman hijau yang menjalar serta masuk dalam keluarga piperaceae ini. Berikut beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan dan juga kecantikan:

1. Dapat Mengobati penyakit asma
Caranya yaitu siapkan 4 sampai 5 daun sirih, rebuslah daun tersebut sebanyak 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Minumlah rebusan tersebut ecara rutin setidaknya 2 sampai 3 gelas sehari.

2. Dapat Menyembuhkan radang tenggorokkan
Rebus 4 sampai 5 daun sirih dalam dua gelas air hingga tersisa setengahnya. Minumlah rebusan tersebut secara rutin 2 sampai 3 gelas sehari.

3. Dapat Mengobati batuk
Manfaat daun sirih yang lainnya yaitu untuk mengobati batuk. Rebuslah 5 daun sirih yang merah dalam 300 ml air, minumlah rebusannya dua kali setiap hari secara teratur.

4. Dapat Mengobati penyakit Bronchitis
Gunakanlah 6 sampai 10 daun sirih yang direbus dengan 300 ml air sampai tersisa setengahnya saja. Minumlah rebusan tersebut 3 kali satu hari secara teratur.

5. Mengobati luka bakar ringan
Adapun caranya, tumbuk 3 sampai 5 lembar daun sirih merah dengan ditambah dua sendok teh madu. Oleskan pada luka satu hari dua kali.

6. Dapat Mengobati demam berdarah
Rebus 5 hingga 6 daun sirih dalam 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Minumlah air rebusan dua kali sehari secara rutin.

7. Dapat menyembuhkan iritasi dan juga sakit mata
Manfaat daun sirih yang sangat dikenal adalah untuk mengobati iritasi dan juga sakit mata. Rebus 1 sampai 2 lembar daun sirih dalam 1 gelas air, tunggu hingga dingin. Gunakanlah air rebusan tersebut untuk mengompres ataupun sebagai obat tetes.

8. Dapat Melancarkan haid
Rebus tiga lembar daun sirih, 10 gr mahkota dewa, 15 gr umbi dewa dalam 2 gelas air hingga hanya tersisa 1 gelas saja. Minumlah rebusan tersebut 2 kali dalam satu hari.

9. Dapat Mengatasi masalah keputihan
Adapun caranya, rebus 5  sampai 10 daun sirih merah dalam 250 ml air. Apabila sudah dingin, saringlah airnya, serta gunakan untuk membasuh daerah kewanitaan.

10. Dapat menghilangkan bau mulut
Rebuslah 10-15 daun sirih dalam 4 gelas air hingga tersisa setengahnya. Gunakanlah untuk berkumur.

11. Sebagai obat penyakit jantung
Salah satu manfaat daun sirih yaitu untuk mengobati penyakit jantung. Tumbuk tiga lembar daun sirih, tiga siung bawang merah, satu sendok makan jintan putih, serta biji kemukus sebanyak 7 pasang, kemudian ditambahi dengan satu sendok makan air panas. Setelah agak dingin kemudian saring. Minumlah ramuan 2 kali sehari.

12. Dapat membersihkan kuman dari mulut
Rebus 4 sampai 5 lembar daun sirih dengan empat gelas air. Gunakanlah air rebusan untuk berkumur terutama setelah makan.

13. Sebagai obat gusi berdarah
Rebus 10 lembar daun sirih merah dengan empat gelas air hingga mendidih. Gunakanlah air rebusan tersebut untuk berkumur setidaknya tiga kali dalam sehari.

14. Dapat mengobati sakit gusi serta sariawan
Anda cukup mengunyah 1 sampai 2 lembar daun sirih merah selama 10 menit, lakukanlah sebanyak 2 kali sehari.

15. Dapat menghilangkan bau badan
Rebus 10 sampai 15 lembar daun sirih dan satu sendok teh garam dalam empat gelas air sampai tersisa 2 gelas saja. Minum air rebusan dua kali sehari.

16. Dapat menghilangkan keringat berlebih
Manfaat daun sirih yang lain yaitu mampu mengendalikan senyawa kavicol serta estragol pada produksi kelenjar keringat. Dengan cara, oleskan hasil tumbukan dari dua lembar daun sirih pada area ketiak secara teratur. Anda juga dapat meminum rebusan air daun sirih sebanyak dua gelas setiap hari.

17. Sebagai obat untuk payudara yang membengkak
Adapun caranya, ambillah beberapa lembar daun sirih, lalu bakar hingga layu. Kemudian, tempelkan pada payudara yang bengkak saat masih hangat.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates