Saturday , 27 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Khasiat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh – Temulawak sudah diketahui sebagai bahan obat tradisional asli dari Indonesia. Temulawak merupakan salah satu dari tanaman temu-temuan, yakni tanaman yang berbentuk akar dan rimpang atau batang di bawah tanah yang dapat digunakan untuk membuat obat. Temulawak dapat hidup di daerah dengan ketinggian 5 hingga 750 meter diatas permukaan laut.

Sebagai tanaman yang herbal, tentunya temulawak mempunnyai segudang manfaat, akan tetapi hati-hati pada saat membedakan kunyit dengan temulawak sebab keduanya terlihat sama. Terdapat banyak manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh seperti dapat memelihara fungsi hati, dapat mengurangi radang sendi, mengurangi masalah pencernaan, dapat membantu menurunkan lemak darah, dapat melawan kanker dan terdapat banyak manfaat lain yang ada dalam temulawak. Berikut khasiat temulawak yang lain untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Sebagai obat penyembuhan hepatitis
Siapkanlah 2 jari temulawak, kemudian cuci dan kupas. Iris serta rebus dengan ½ liter air serta tambahkan sedikit gula aren. Rebus sampai airnya tinggal setengah. Minumlah ramuan ini dua kali sehari.

2. Dapat meredakan derita asma
Siapkanlah ½ rimpang temulawak, lalu cuci bersih. Kupas dan juga iris temulawak. Rebus dengan 5 gelas air serta campurkan gula aren yang secukupnya. Rebus sampai airnya tinggal setengah. Larutan herbal ini dapat diminum tiga kali sehari.

3. Dapat mengobati sakit ginjal
Temulawak dicuci terlebih dahulu hingga bersih dan dikupas. Siapkanlah 4 gelas air kemudian rebuslah temulawak dengan segenggam daun kumis kucing serta segenggam daun meniran. Rebus hingga airnya tersisa setengah. Rebusan ini dapat diminum sebanyak tiga kali dalam sehari.

4. Dapat Menyembuhkan bisul
Temulawak dicuci hingga bersih, kemudian dikupas. Rebus temulawak dengan dau gelas air serta sedikit gula aren. Rebus sampai airnya setengah kemudian angkat. Tambahkanlah seibu jari asam jawa. Tunggu sampai dingin, lalu disaring dan diminum sekaligus.

5. Temulawak efektif dalam mengatasi mual terutama pada morning sickness

6. Dapat mengurangi kelelahan otot
Temulawak juga efektif dalam membantu mengatasi kelelahan otot, terutama untuk anda yang melakukan latihan serius pada saat fitness.

7. Temulawak sebagai Antioksidan

8. Dapat mencegah darah kotor

9. Dapat Melancarkan haid

10. Sebagai obat untuk jerawat

11. Sebagai obat untuk komedo

12. Dapat membersihkan wajah

13. Sebagai bahan herbal kecantikan

14. Dapat meningkatkan mood

15. Dapat meningkatkan nafsu makan

16. Dapat mencegah insomnia

Berikut efek samping temulawak yang harus diketahui, diantaranya:

Temulawak tampaknya aman untuk kebanyakan orang pada saat digunakan dlam jangka waktu yang singkat, sampai 18 minggu. Akan tetapi temulawak mungkin tidak aman jika digunakan dalam jumlah besar ataupun untuk jangka waktu yang lama. Hal itu bisa menyebabkan iritasi lambung serta mual. Peringatan khusus untuk pemakaian oleh ibu hamil menyusui, sebab tidak cukup diketahui tentang penggunaan temulawak selama kehamilan dan juga menyusui. Untuk lebih aman, hindarilah penggunaan temulawak ini.

Dosis yang tepat dalam konsumsi temulawak ini, tergantung dari beberapa faktor misalnya usia pengguna, kondisi kesehatan, dan beberapa kondisi yang lain. Pada saat ini tidak tedapat informasi ilmiah yang cukup dalam menentukan kisaran dosis yang tepat untuk konsumsi temulawak. Harus diketahui bahwa produk alami mungkin tidak dapat selamanya aman serta ini penting untuk diketahui sebelumnya. Pastikanlah untuk mengikuti petunjuk yang relevan terhadap label produk serta lakukan konsultasi pada apoteker ataupun para profesional kesehatan sebelum mengkonsumsi obat olahan temulawak.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates