Thursday , 30 March 2017
Home » Info Kesehatan » Manfaat Berpikir Positif untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat Berpikir Positif untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat Berpikir Positif untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat Berpikir Positif untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat Berpikir Positif untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat Berpikir Positif untuk Kesehatan Fisik dan Mental – Manfaat berpikiran positif ternyata sangat efektif dalam menjaga kesehatan, pengaruhnya sangat besar. Akan tetapi banyak orang yang masih menganggap remeh tentang pikiran positif, dengan demikian sering terlupakan. Dimana berpikiran positif menyuruh otak untuk memikirkan hal yang baik-baik maka bisa menciptakan semangat dan juga optimisme di dalam diri. Dengan semangat dan optimisme diharapkan dapat percaya dengan diri sendiri terhadap kemampuan dan kelebihan yang ada dalam diri sendiri.

Berpikir positif bisa membangun mental dan juga fisik yang kuat. Berikut beberapa manfaat berpikir positif yang harrus diketahui:
1. Dapat Mengelola Stress Dengan Baik
Stress merupakan suatu penyakit pikiran yang harus dihindari. Meskipun terdengar sepele, akan tetapi banyak penyakit yang bisa ditimbulkan oleh stress ini. Adapun penyakit nyata akibat dari stress yaitu depresi, sakit jiwa hingga penyakit kanker ganas sekalipun. Oleh karena itu mengendalikan dan juga mengelola stress sangat diperlukan untuk tubuh dalam menghindari penyakit jiwa dan raga.

2. Menjaga Jiwa dan Raga yang Lebih Sehat
Manfaat berpikir positif dapat menyehatkan jiwa dan raga. Adapun cara pikiran positif yang menyehatkan jiwa dan raga manusia :
a. Dengan Pikiran positif identik dengan ketenangan dan juga kepercayaan diri. Jiwa raga yang tenang bisa lebih sehat, produktif dalam bekerja dan juga beraktivitas lainnya.
b. Pikiran negatif hanya dapat menciptakan kebencian, kecemasan dan juga menjauhkan anda dari kesejahteraan hidup. Dampaknya adalah, akan mudah terkena penyakit yang berhubungan dengan syaraf otak seperti parkinson, alzheimer, darah tinggi dan juga stroke.

3. Dapat Menjaga Kesehatan Jantung
Selain dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti konsumsi buah buahan, berpikiran positif bisa juga menjaga kesehatan jantung. Hasil penelitian menyimpulkan degan pikiran positif bisa menyehatkan jantung karena dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Orang yang mempunyai pikiran optimis, hati dan juga pikiran akan tenang dengan demikian bisa berpengaruh pada kerja jantung.

4. Dapat Menjaga Tekanan Darah
Manfaat pola hidup sehat dengan selalu berpikiran positif, dapat menjaga tekanan darah seseorang untuk tetap stabil. Hal itu diakibatkan oleh hal-hal berikut ini :
a. Orang yang mempunyai pikiran positif memiliki pikiran yang tenang dan hati yang tenang.
b. Orang yang selalu berpikiran negatif thinking, hati dan juga pikirannya akan panas. Dia akan mudah emosi dan cemberut.
c. Stress yang lebih rendah akan dimiliki oleh orang yang optimis.

5. Mempunyai Umur Panjang
Meskipun umur ada di tangan Tuhan, akan tetapi banyak penelitian menemukan fakta bahwa orang yang mempunyai pikiran positif akan lebih berumur panjang sebab jiwa dan raganya lebih sehat.
Berpikiran positif dapat memberikan dampak yang bagus terhadap psikologis dan juga kejiwaan seseorang. keadaan psikis dan jiwa yang sehat, tubuh pun dapat menyehatkan badan juga. Oleh karena itu banyak dokter yang menyarankan pasiennya untuk selalu mempunyai pikiran positif agar bisa sembuh dari suatu penyakit yang dideritanya.

Adapun Kerugian Berfikir Negatif yaitu pikiran negatif bisa sangat merugikan diri sendiri. Apabila diulangi secara terus menerus akan mengakibatkan seseorang terkena depresi ataupun gangguan mental. Hal tersebut dikarenakan dalam kehidupan orang hanya diisi dengan ketakutan dan juga kecemasan. Ketakutan serta kecemasan yang ada di dalam pikiran belum tentu terjadi dengan demikian tidak perlu dipikirkan terlalu dalam.

Alangkah baiknya, kehidupan diisi dengan rasa selalu gembira dan optimis bahwa dia dapat melalui apapun yang akan terjadi. Manfaat berpikir positif serta optimis akan membuat seseorang tahan banting terhadap segala kondisi, sebab selalu percaya dengan kemampuan yang dimilikinya. Sehingga yakinlah bahwa AKU BISA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates