Friday , 26 May 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » Peluang Bisnis Cuci Motor Salju

Peluang Bisnis Cuci Motor Salju

Peluang Bisnis Cuci Motor Salju

Peluang Bisnis Cuci Motor Salju

Peluang Bisnis Cuci Motor Salju

Peluang Bisnis Cuci Motor Salju – Peluang bisnis cuci motor salju sekarang ini sudah banyak diminati oleh masyarakat. Pada musim hujan tiba, usaha dari cuci motor ini akan sangat laris didatangi oleh banyaknya konsumen. Hal itu disebabkan karena pelayanan serta hasil yang akan diberikan oleh sektor bisnis jasa ini cukup memuaskan.

Selain hasil yang akan diperoleh dengan cuci motor salju lebih bersih, mencuci motor dengan menggunakan jasa ini juga terbilang sangat membantu para konsumen yang terlalu sibuk sehingga tidak mempunyai banyak waktu untuk mencuci motornya sendiri. Selain itu, alasan lain bagi para masyarakat untuk bisa menggunakan jasa cuci motor adalah untuk menghemat air dan juga listrik maupun tenaga.

Konsumen
Target konsumen untuk bisnis usaha cuci motor salju ini adalah semua orang khususnya adalah para pemilik kendaraan bermotor, dan terlebih lagi untuk mereka yang tinggal di sekitar tempat usaha cuci motor tersebut.

Memulai Bisnis
Usaha cuci motor salju adalah salah satu peluang bisnis pensiunan yang bisa dibilang cukup menggiurkan. Selain mudah untuk bisa dijalankan, bisnis ini juga tidak akan membutuhkan modal yang terlalu besar. Ada beberapa hal yang bisa Anda ikuti ketika Anda ingin mencoba memulai usaha cuci motor salju.

1. Menyediakan tempat untuk membuka bisnis usaha cuci motor salju. Di dalam menentukan tempat untuk memulai bisnis ini, Anda harus memilih tempat yang strategis sehingga mudah untuk dijangkau oleh para konsumen. Jika Anda mempunyai halaman rumah yang luas, maka Anda dapat memnfaatkannya. Namun, jika tidak Anda dapat menyewa tempat dengan harga sewa berkisar Rp 200.000,00 sampai Rp 300.000,00 per bulannya.

2. Menyediakan mesin untuk pompa air yang berkekuatan semprot tinggi. Biasanya harga dari satu mesin pompa air berkisar Rp 400.000,00 per unit.

3. Sediakan sabun atau juga shampoo yang khusus digunakan untuk mencuci motor.

4. Biaya listrik yang digunakan untuk bisa mengoperasikan mesin pompa air tidaklah mahal, semua itu tergantung pada besarnya penggunaan atau juga pada banyaknya pelanggan yang datang. Semakin banyak pelanggan yang menyuci motornya, maka pemakaian listrik dan juga ai pun akan semakin banyak pula. Pompa air yang biasa digunakan untuk usaha cuci motor ini akan membutuhkan daya sekitar 300 Watt untuk pengangkatan tenaga yang pertama, selanjutnya hanya sekitar 50 sampai 100 Watt.

Keuntungan Bisnis
Meningkatnya jumlah pertumbuhan sepeda motor dari tahun ke tahun akan membuat prospek untuk usaha cuci motor ini semakin menjanjikan. Selain itu, kesibukan atau juga banyaknya aktifitas seseorang bisa membuat mereka tidak memiliki waktu untuk mencuci sepeda motornya sendiri. Solusinya mereka akan mencoba mendatangi tempat cuci motor untuk memandikan motornya, hal ini tentu saja akan menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi para pelaku usaha cuci motor.

Tidak hanya itu saja, para pelaku bisnis ini juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk bisa memulai usaha sepeda motor, yang dibutuhkan hanyalah ketekunan serta pelayanan yang baik sehinggga bisnis usaha cuci motor ini dapat berkembang dengan baik dan juga mendatangkan pemasukan bagi pelaku bisnisnya.

Hambatan Bisnis
Ketika Anda memutuskan untuk mencoba menjalankan usaha cuci motor, ada beberapa hambatan yang mungkin saja akan Anda ditemui nanti. Berikut adalah hambatannya.

1. Persaingan bisnis, sekarang ini banyak sekali pesaing bisnis yang sudah lebih dulu menjalankan bisnis usaha cuci motor.

2. Bisnis cuci motor lebih bergantung pada yang namanya musim. Pada musim tertentu bisnis ini biasanya akan ramai pengunjung.

3. Listrik yang kurang dan juga harga pompa air yang cukup mahal.

Strategi Pemasaran
Persaingan dari suatu bisnis pasti akan selalu ada dimana-mana. Untuk itu, para pelaku bisnis memerlukan berbagai macam strategi pemasaran untuk bisa meningkatkan keunggulan produk atau jasa. Agar diminati oleh banyak pengunjung, maka Anda perlu memberikan pelayanan yang baik karena kesan pertama sangat akan menentukan bisnis jasa ini. Strategi pemasaran yang lain adalah sebagai berikut.

1. Sediakan Koran atau juga majalah terbaru bagi para pelanggan, hal ini bertujuan supaya pelanggan tidak merasa bosan saat menunggu motornya dalam proses pencucian.

2. Sediakan sofa atau juga tempat duduk yang nyaman untuk para pelanggan menunggu.

3. Anda juga dapat menjual jajanan dan juga minuman bagi para pelanggan yang merasa lapar di saat menunggu.

Kunci Sukses
Pelayanan jasa yang diberikan dengan melihat tingkat kebersihan dari motor yang selesai dicuci dan juga kualitas dari hasil cucian motor akan menjadi pertimbangan bagi para pelanggan. Jika hasil atau kualitas yang Anda berikan dirasa kurang memuaskan maka mereka tidak akan lagi kembali ke tempat cuci motor Anda dan akan memutuskan untuk mencari tempat yang lain. Namun, akan berbeda halnya jika hasil yang Anda berikan dapat memuaskan mereka, maka mereka akan terus menggunakan jasa Anda bahkan tidak akan segan-segan untuk mempromosikannya pada sodara maupun teman yang lain.

Sebagai penghargaan Anda kepada konsumen dan juga untuk menarik para pelanggan lebih banyak lagi, Anda dapat memberikan bonus kepada para pelanggan misalnya saja setelah sepuluh kali cuci akan memperoleh gratis sekali cuci atau akan mendapatkan kartu perdana dll. Hal itu bisa Anda tempuh dengan memberikan semacam kuitansi atau juga kupon sebagai tanpa bukti menggunakan jasa dari cuci motor Anda.

Analisa Ekonomi

1. Modal Awal
Untuk sewa tempat (1 tahun) = Rp 3.600.000,00
Untuk pompa air, sofa dan peralatan lainnya = Rp 5.000.000,00
Untuk kursi = Rp 300.000,00 +
Jumlah modal awal = Rp 8.900.000,00

2. Pendapatan
Perhitungan laba setiap bulan
= 30 motor x Rp 7.000,00 x 30 hari = Rp 6.300.000,00

3. Harga pokok barang atau juga perlengkapan setiap bulan :
Untuk Sampo, Sabun,semir motor dan lain sebagainya Rp 300.000,00 +

4. Pendaptan kotor
Laba kotor setiap bulan = Rp 6.000.000,00

5. Pengeluaran setiap bulan
Untuk sewa tempat = Rp 3.600.000,00 : 12 bulan = Rp 300.000,00
Untuk gaji 2 karyawan = Rp 1.200.000,00
Untuk penyusutan asset = Rp 88.000,00
Untuk biaya air dan listrik = Rp 500.000,00 +
Jumlah total = Rp 2.088.000,00

6. Pendapatan bersih
Laba bersih per bulan = Rp 6.000.000,00 – Rp 2.088.000,00 = Rp 3.912.000,00

About mr ikbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates