Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » Peluang Bisnis Sampingan Dari Kolam Pemancingan

Peluang Bisnis Sampingan Dari Kolam Pemancingan

Peluang Bisnis Sampingan Dari Kolam Pemancingan

Peluang Bisnis Sampingan Dari Kolam Pemancingan

Peluang Bisnis Sampingan Dari Kolam Pemancingan

Peluang Bisnis Sampingan Dari Kolam Pemancingan – Setiap orang sesekali pasti akan membutuhkan rekreasi untuk menghibur diri serta sejenak melupakan pekerjaan mereka meski sifatnya hanya sementara. Memancing bisa dijadikan sebagai alternatif yang baik bagi kita semua. Memancing adalah suatu kegiatan yang amat menyenangkan dan sampai dengan saat ini peminatnya juga lumayan cukup banyak. Untuk bisa memuaskan mereka dan memperoleh keuntungan yang besar kita dapat memulai bisnis kolam pemancingan. Selain pengelolaan bisnis kolam pemancingan yang mudah, bisnis ini juga dapat dikerjakan sebagai bisnis sampingan saja untuk bisa menambah pundi-pundi rupiah kita. Kita hanya membutuhkan beberapa karyawan saja untuk bisa mengelola bisnis ini agar pekerjaan kita sendiri tidak terganggu. Namun, kita tetap bisa mengatur dan juga melakukan pengecekan setiap sore harinya.

Konsumen
Hampir semua orang bisa dijadikan sebagai target pelanggan dalam bisnis kolam pemancingan ini, baik keluarga maupun sekelompok anak muda, organisasi dan juga orang-orang yang memiliki hobi memancing. Bisa Anda bayangkan bukan? Pastinya akan banyak sekali orang yang datang ke kolam pemancingan Anda. Inilah saatnya Anda mencoba memanfaatkan peluang bisnis kolam pemancingan untuk bisa meraup keuntungan besar.

Memulai Bisnis
Berikut ini adalah beberapa tips untuk memulai bisnis kolam pemancingan yang harus Anda ketahui supaya bisa mendatangkan keuntungan besar.

1. Siapkan tempat yang cukup luas untuk bisa membuat kolam pemancingan. Anda bisa membeli lahan sendiri atau juga bisa menggunakan sistem sewa.

2. Pastikan lokasi yang Anda pilih untuk membuka kolam pemancingan bisa dengan mudah dijangkau, lokasinya juga strategis sehingga akan ramai pengunjung.

3. Bangunlah kolam pemancingan, usahakan di dalam satu lokasi ada beberapa kolam atau lebih dari satu kolam pemancingan sehingga pengunjung akan memiliki pilihan.

4. Tebarkan berbagai bibit ikan di kolam pemancingan. Adapun beberapa jenis ikan yang bisa Anda pilih adalah, nila, bawal, gurame ikan mas dan lain sebagainya.

5. Pekerjakanlah beberapa karyawan untuk bisa membantu dalam menjalankan bisnis Anda ini. Anda dapat mecari karyawan sebagai penjaga atau koki dan juga pelayan.

6. Jika semua persiapan sudah siap, kini saatnya Anda untuk mempromosikan bisnis sampingan yang kita jalankan melalui surat kabar atau brosur dan lain sebagainya.

Keuntungan Bisnis
Dalam memulai bisnis, Anda harus bisa cepat untuk memikirkan keuntungan dan juga hambatan apa saja yang akan anda peroleh dari bisnis sampingan tersebut sehingga bisnis Anda dapat berjalan dengan baik. Berikut ini adalah keuntungan menjalankan bisnis kolam pemancingan.

1. Bisa mendapatkan hasil atau juga keuntungan yang maksimal terutama pada saat hari libur.

2. Selain bisa dijual, Anda juga dapat memancing ikan sendiri kemudian dijadikan sebagai olahan bagi keluarga.

3. Mudah dan juga tidak terlalu repot untuk mengurusnya.

4. Perlahan tetapi pasti akan bisa mendatangkan untung besar.

Hambatan Bisnis
Berikut ini adalah hambatan mungkin saja akan Anda temui di dalam menjalankan bisnis kolam pemancingan.

1. Cuaca yang buruk atau musim hujan yang bisa menyebabkan jumlah pengunjung menurun.

2. Kesulitan di dalam mencari lokasi yang tepat dan juga bibit ikan yang bagus.

3. Kesulitan di dalam memenuhi kebutuhan untuk pakan ikan karena siklus distribusi yang terkadang kacau.

4. Sudah banyak dan juga menjamurnya kolam pemancingan ikan lainnya.

Strategi Pemasaran
Kolam pemancingan mempunyai banyak sekali penggemar mulai dari anak-anak muda lalu keluarga yang butuh rekreasi kemudian organisasi dan khususnya para penggemar mancing. Lalu apa saja yang harus dipersiapkan di dalam bisnis sampingan dari kolam pemancingan ini?

1. Promosikan tempat atau kolam pemancingan yang Anda rintis dengan cara menggunakan media yang efektif misalnya adalah media cetak maupun televisi lokal.

2. Promosikan bisnis kolam pemancingan Anda secara lengkap dan gambarkan denah lokasi sehingga pengunjung dapat dengan mudah untuk mengunjungi tempat Anda tersebut.

3. Kemukakan keunikan serta kelebihan yang Anda punyai dalam bisnis pemancingan ini, misalnya dari segi fasilitas yang diperoleh.

4. Ajaklah kawan-kawan Anda untuk bisa membawa anggota keluarganya ke tempat pemancingan yang Anda sudah bangun. Lalu berikan harga yang spesial bagi orang-orang terdekat.

5. Sesekali adakanlah acara khusus yang dapat mengundang daya tarik dari para pengunjung sehingga pengunjung yang datang akan lebih banyak lagi. Misalnya saja adalah mengadakan panggung hiburan atau lomba memancing, dan lain sebagainya.

6. Jangan ragu untuk bisa memberikan harga yang bersaing dengan tempat pemancingan lainnya sebagai salah satu dari strategi promosi.

7. Berikan pelayanan yang maksimal pada setiap pengunjung yang datang. Pengunjung yang merasa puas dengan pelayanan yang Anda berikan akan menceritakan pengalaman serunya di kolam pemancingan yang Anda bangun.

8. Buat paket diskon tertentu yang dapat menarik minat dari para pengunjung.

Kunci Sukses
Lakukan strategi promosi secara gencar-gencaran supaya orang bisa mengenal tempat bisnis kolam pemancingan Anda. Selain itu, berikan juga sebuah kenyamanan dan juga rasa masakan yang khas untuk menunjang supaya pelanggan tetap mau datang ke tempat Anda untuk rekreasi atau hanya untuk sekedar kumpul bersama teman dan juga keluarga bahkan mereka mau menyebarkan informasi tempat Anda ke orang lain dari mulut ke mulut.
Pegawai yang kita percayai untuk bisa membantu bisnis sampingan kolam pemancingan juga adalah salah satu faktor penting di dalam bisnis ini karena pemeliharaan dari tempat pemancingan serta rasa masakan yang khas akan tergantung pada pemilihan pegawai.

Analisa Ekonomi

1. Modal Awal :
Untuk pembuatan kolam = Rp 3.000.000,00
Untuk bibit ikan = Rp 2.000.000,00
Untuk alat seperti alat masak, jaring, kail, piring, gelas dan lain-lain) = Rp 2.000.000,00 +
Total dari modal awal = Rp 7.000.000,00

2. Biaya Operasional
Biaya untuk pegawai = Rp 2.800.000,00
Biaya untuk bahan masakan = Rp 1.000.000,00
Biaya untuk nibit ikan = Rp 1.000.000,00 +
Total dari biaya operasional = Rp 4.800.000,00

3. Pendapatan
Omzet setiap bulan = Rp 6.000.000,00
Laba setiap bulan bulan
= Rp 6.000.000,00 – Rp 4.800.000,00 = Rp 1.200.000,00

Setelah menyimak mengenai informasi peluang bisnis sampingan dari kolam pemancingan, kini giliran Anda untuk mencoba mempraktekkannya langsung di lapangan. Selamat mencoba…..

About mr ikbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates