Saturday , 27 May 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » Peluang Bisnis Sampingan Jasa Fotocopy

Peluang Bisnis Sampingan Jasa Fotocopy

Peluang Bisnis Sampingan Jasa Fotocopy

Peluang Bisnis Sampingan Jasa Fotocopy

Peluang Bisnis Sampingan Jasa Fotocopy

Peluang Bisnis Sampingan Jasa Fotocopy – Sekarang ini bisnis dari fotocopy telah banyak kita jumpai di lingkungan sekolah, di perkantoran dan juga di universitas karena kebutuhan akan jasa fotocopy dapat dikatakan cukup tinggi. Hampir setiap hari para mahasiswa maupun karyawan dan juga pelajar menggunakan jasa fotocopy dan jilid untuk keperluan tugas dan juga pekerjaan mereka.

Meskipun pelaku dari bisnis fotocopy sudah tersebar di mana-mana, akan tetapi bisnis ini masih tetap bisa menjanjikan keuntungan besar bagi para pelaku bisnisnya. Bagi Anda para karyawan yang sedang bingung untuk mencari peluang bisnis sampingan, tidak ada salahnya jika Anda melirik bisnis fotocopy karena peluang pasarnya masih sangat terbuka lebar dan juga menjanjikan para pelaku bisnisnya untuk bisa meraup keuntungan besar setiap bulannya.

Konsumen
Sasaran pasar dari bisnis fotocopy ini adalah semua kalangan mulai dari pelajar kemudian mahasiswa lalu karyawan, hingga lembaga pendidikan ataupun perkantoran. Semuanya dapat menggunakan jasa fotocopy ini karena setiap harinya selalu saja ada dokumen yang perlu atau harus mereka gandakan atau dicopy untuk keperluan tugas maupun pekerjaan.

Memulai Bisnis
Mencari tempat yang begitu strategis untuk bisa memulai bisnis sampingan fotocopy ini adalah hal yang pertama kali harus Anda dilakukan. Sebisa mungkin tempat yang Anda digunakan untuk memulai usaha berada disekitar kampus, sekolah atau juga di sekitar perkantoran. Ukuran tempat dari bisnis fotocopy ini pun tidak perlu terlalu luas, paling tidak cukup untuk dua mesin fotocopy dan juga peralatan pendukung lainnya semisal rak, meja pelayanan dan lain sebagainya.

Jika modal usaha Anda masih terbilang kecil dan belum cukup untuk bisa membeli mesin yang baru maka Anda dapat membeli mesin fotocopy bekas tetapi kualitasnya juga masih bagus. Jika mesin yang paling pokok sudah bisa Anda dapatkan, hal yang terpenting adalah peralatan pendukung seperti mesin pemotong lalu mesin jilid serta mesin laminating dan lain-lain.

Keuntungan Bisnis
Bisnis sampingan jasa fotocopy ini mempunyai prospek yang bagus untuk jangka waktu yang lama dan juga telah menciptakan para pengusaha sukses dari bisnis ini. Bisnis jasa fotocopy banyak sekali dibutuhkan oleh semua kalangan mulai dari pelajar hingga karyawan baik tua maupun muda dan hampir di semua daerah membutuhkan jasa fotocopy.

Untuk memulai bisnis sampingan ini Anda tidak membutuhkan tempat yang luas dan Anda cukup dilakukan dengan manajemen yang sederhana. Anda tinggal berhitung berapa rupiah keuntungan yang akan Anda dapat setiap bulannnya. Begitu banyaknya keuntungan yang akan diperoleh dengan bisnis fotocopy, sehingga tidak heran bila banyak para pemula bisnis yang tertarik untuk bisa memulai bisnis fotocopy ini.

Hambatan Bisnis
Ketika Anda mencoba memutuskan untuk memulai bisnis, pastinya ada beberapa hambatan yang mungkin akan Anda temui nantinya, diantara adalah sebagai berikut.

1. Banyaknya para pesaing dalam bisnis yang telah lebih dulu menjalankan bisnis fotocopy ini.

2. Harga dari bahan pokok seperti kertas dan juga tinta yang sangat mempengaruhi harga fotocopy setiap lembarnya.

3. Kualitas dari fotocopy yang kurang bagus dapat mendatangkan kekecewaan bagi para pelanggannya.

Strategi Pemasaran
Untuk bisa mendatangkan banyak konsumen, ada beberapa strategi pemasaran yang bisa Anda jalankan sehingga selain bisnis Anda memiliki banyak pelanggan, keuntungan yang Anda akan peroleh juga melimpah.

1. Bisnis fotocopy sangat bergantung dari kualitas hasil fotocopy. Oleh sebab itu, gunakanlah kertas dan juga tinta fotocopy yang berkualitas bagus.

2. Berikanlah suatu pelayanan yang ramah serta cepat dan berkualitas sehingga pelanggan akan merasa puas.

3. Memberikan harga diskon untuk para pelanggan yang memfotocopy lebih dari seratus lembar.

4. Untuk bisa menambah kepuasan bagi para pelanggan, Anda juga dapat memberikan fasilitas antar jemput hasil fotocopy dalam jumlah tertentu.

5. Strategi kelima, tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk melakukan pemasaran kreatif salah satunya dengan mencoba membuat bisnis jasa fotocopy keliling.

Kunci Sukses
Bisnis fotocopy ini tergantung dai kualitas hasil fotocopy yang Anda hasilkan. Untuk dapat menambah kepuasan dari para pelanggan, Anda juga dapat memberikan fasilitas antar jemput dalam jumlah tertentu dan juga Anda bisa menjual peralatan tulis menulis. Selain pelanggan Anda puas, jumlah dari keuntungan yang akan Anda dapatkan juga pastinya akan menjadi berlipat.

Kepuasan pelanggan adalah kunci sukses dalam menjalankan bisnis fotocopy ini. Jika permintaan dari seorang para pelanggan setiap bulannya semakin meningkat, ada baiknya juga Anda menambah jumlah dari mesin fotocopy berkualitas dan juga memperluas tempat bisnis Anda.

Analisa Ekonomi

1. Modal awal :
Untuk sewa tempat = Rp 6.000.000,00
Untuk persediaan barang dagang (ATK) = Rp 2.000.000,00
Untuk persediaan kertas, plastik, toner = Rp 3.000.000,00
Untuk mesin fotokopi = Rp 12.000.000,00
Untuk etalase dan meja = Rp 1.000.000,00
Untuk mesin pemotong kertas dan laminating = Rp 1.000.000,00
Untuk peralatan toko lainnya = Rp 300.000,00 +
Jumlah dari modal awal = Rp 25.300.000,00

2. Pendapatan
Pendapatan satu bulan :
Pendapatan untuk jasa fotokopi = Rp 4.000.000,00
Pendaptan untuk jasa jilid, laminating, dll = Rp 2.700.000,00
Pendapatan untuk penjualan ATK = Rp 2.250.000,00 +
Pendapatan = Rp 8.950.000,00

3. Pengeluaran satu bulan
Harga pokok :
Untuk pembelian ATK = Rp 2.000.000,00
Untuk plastik jilid dan laminating = Rp 3.000.000,00 +
Jumlah = Rp 5.000.000,00

4. Laba kotor
Laba kotor untuk satu bulan = Rp 3.950.000,00

5. Biaya umum dan lain-lain
Untuk sewa tempat = Rp 6.000.000,00 / 12 bulan = Rp 500.000,00
Untuk gaji 1 orang pegawai = Rp 600.000,00
Untuk penyusutan inventaris = Rp 235.000,00
Untuk biaya listrik = Rp 250.000,00
Untuk biaya lainnya = Rp 100.000,00 +
Jumlah = Rp 1. 685.000,00

6. Laba bersih
Laba bersih satu bulan = 3.950.000 – Rp 1. 685.000 = Rp 2.265.000,00

Semoga informasi dari peluang bisnis sampingan ini dapat menjadi salah satu ide bisnis bagi Anda…

About mr ikbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates