Thursday , 21 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Atasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Tips Atasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Tips Atasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Tips Atasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Tips Atasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Tips Atasi Hidung Tersumbat Pada Bayi – Pada saat bayi sedang terserang pilek atau hidungnya mengalami penyumbatan, dengan demikian ia membutuhkan bantuan untuk membersihkan hidunya. Pada saat hidung bayi tersumbat, bayi akan mengalami rewel, tidur tidak nyenyak, bahkan menyusu pun tidak nikmat akibat ia sulit bernafas. Hidung tersumbat merupakan gejala awal influenza ataupun flu. Oleh sebab itu, butuh penanganan segera supaya kesehatan bayi agar segera pulih kembali atau tidak dapat terganggu.

Hidung bayi akan tersumbat akibat influenza yang menyebabkan hidung bayi beringus. Hidung bayi biasanya akan banyak mengandung lendir di momen yang seperti ini. Akan tetapi akibat udara yang keluar masuk lewat hidung, ingus pun akan menjadi kering di dalam hidung. Hal ini akan menutup dan menyumbat saluran nafas pada hidung bayi. Saat kondisi itulah bayi akan sulit bernafas akibat hidung tersumbat.

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengembalikan kesehatan bayi yaitu dengan membersihkan hidung bayi dari adanya ingus yang sudah mengering maupun yang masih sedang berupa cairan kental. Karena lubang hidung bayi yang sangat mungil dan juga hidungnya pun masih lunak, sehingga perlu cara khusus dalam membersihkan hidung bayi agar supaya tidak terjadi iritasi dan terluka.

Berikut beberapa tips untuk mengatasi hidung bayi yang sedang tersumbat, sebagai berikut:
1. Teteskan NaCl ataupun larutan garam murni
Larutan obat tetes natrium klorida atau NaCl fisiologis 0,9% (20 ml) bisa diperoleh di apotik. Fungsi dari larutan natrium klorida ini adalah untuk melembabkan selaput dalam saluran pernafasan pada bayi, dapat melancarkan sumbatan hidung, serta dapat mengencerkan ingus agar mudah dikeluarkan. Setelah ingus sudah encer baru digunakan penyedot ingus untuk mengeluarkan ingus dari dalam hidung bayi.

2. Gunakanlah alat penyedot
Dalam keadaan penumpukkan kotoran yang mengental dan juga keras sudah terjadi. Disinilah pentingnya dalam menggunakan alat penyedot. Terdapat berbagai merk alat penyedot yang biasa ditemukan dan digunakan di pasaran misalnya Pigeon, Chicco, Dreambaby dan lainnya. Alat penyedot ini biasanya berbentuk pipet ataupun pipa plastik yang lembut dengan ujung yang berupa karet penyedot. Sebelum anda menggunakan alat penyedot ini, usahakan sterilkan terlebih dahulu di bagian yang akan dimasukkan ke dalam hidung bayi, dapat juga disterilkan dengan memakai alat steril botol ataupun cukup dengan menggunakan kapas yang diolesi alkohol 70%. Pada saat alat dimasukkan ke dalam hidung bayi, bayi harus dalam kondisi tenang. Kemudian masukkanlah alat penyedot ke dalam hidung bayi akan tetapi jangan terlalu dalam. Ikutilah petunjuk pemakaian secara seksama supaya menghindari terjadinya iritasi.

3. Menekan dengan lembut hidung dan sekitarnya lalu bersihkan
Pijatan yang lembut dapat merilekskan pernafasan bayi, ini dapat membantu lendir untuk keluar dengan mudah. Anda bisa menggunakan sapu tangan yang lembut atau tisue. Setelah ingus tergiring ke bagian permukaan hidung maka segera bersihkan dengan cotton bud yang basah. Hati-hatilah jangan sampai cotton bud masuk terlalu dalam.

4. Gunakanlah balsem pelega pernafasan bayi atau uap minyak kayu putih
Anda bisa menggunakan balsem pelega pernafasan khusus untuk bayi. Oleskan di bagian dada, leher dan juga punggung disertai dengan pijatan yang lembut. Ataupun teteskan minyak kayu putih ke dalam wadah yang berisi air panas kemudian letakkanlah di sudut ruangan terutama di area yang menjadi pertukaran udara. Uap hangat kayu putih dapat membantu bayi untuk bernafas lega selain itu juga dapat juga berfungsi membersihkan udara.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates