Tuesday , 24 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Menambah Berat Badan Secara Alami

Tips Menambah Berat Badan Secara Alami

Tips Menambah Berat Badan Secara Alami

Tips Menambah Berat Badan Secara Alami

Tips Menambah Berat Badan Secara Alami

Tips Menambah Berat Badan Secara Alami – Mempunyai berat badan yang ringan tidak selamanya menyenangkan. Keadaan semacam ini akan menjadi persoalan apabila penyebabnya akibat kekurangan nutrisi ataupun mengidap penyakit tertentu. Oleh karena itu, alangkah baiknya ketahui penyebab badan kurus agar agar dapat dilakukan penanggulangan. Untuk menambah berat badan, sebetulnya terdapat banyak cara yang bisa dilakukan. Memang dapat dengan konsumsi obat akan tetapi beberapa produk bisa menyebabkan gangguan seperti iritasi, sembelit, maag, pusing, dan juga masih banyak dampak lagi.Berikut langkah menaikan berat badan dengan cepat secara alami tanpa menggunakan obat, diantaranya:
1. Periksakan terlebih dahulu kesehatan anda
Cara untuk menggemukan badan terbaik yaitu dengan mengetahui terlebih dahulu penyebab badan kurus. Dengan demikian, sebelum memulai program untuk peningkatan berat badan sebaiknya konsultasikan terlebih dulu kepada dokter atau ahlinya. Beberapa kondisi yang mungkin dapat mengakibatkan berat badan berada di bawah normal. Adapun keadaan tersebut yaitu:

a. Factor Hipertiroidisme atau kelenjar tiroid yang terlalu aktif.
b. Factor adanya penyakit coeliac yang dapat membuat tubuh tidak mampu menyerap nutrisi dari makanan.
c. Akibat gangguan makan seperti anoreksia nervosa.

2. Konsumsi asupan makanan sehat tinggi nutrisi
Banyak orang yang salah pada saat ingin menambah berat badan. Mereka cenderung lebih banyak dalam mengonsumsi makanan yang berlemak serta berkalori tinggi dengan tujuan supaya badan cepat gemuk, namun metode tersebut sangatlah berbahaya untuk kesehatan tubuh. Alangkah baiknya dengan memperbanyak konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna yang kaya akan nutrisi. Seperti buah, sayur, kacang-kacangan dan lainnya.

3. Makan lebih sering
Makanlah 5-6 kali dengan porsi yang kecil dan sering. Dapat juga setiap 3 jam sekali dengan makanan ringan yang dapat menyehatkan tubuh.4. Dapat Mengkonsumsi jus atau smoothies
Smoothies adalah minuman berbahan dasar buah yang dapat dicampur dengan susu atau yoghurt serta bahan-bahan lain yang kemudian diblender halus, sebab tubuh akan lebih mudah menyerap nutrisi makanan jika sudah dihaluskan.

5. Sediakan cemilan yang sehat
Di sela-sela pada saat bekerja, dapat mengkonsumsi cemilan sehat. Sebisa mungkin untuk menghindari makanan yang digoreng yang menggunakan rendaman minyak. Sebab kandungan lemak serta kolesterol jahat yang sangat buruk unutuk kesehatan tubuh kita.

6. Tambahkan asupan kalori
Kalori merupakan sumber energi terbaik untuk tubuh. Dengan demikian kebutuhan kalori setiap orang berbeda-berbeda dan tergantung banyaknya energi yang dikeluarkan.
Menambah asupan kalori untuk setiap harinya sangat penting dalam menaikan berat badan dengan cepat. Hindari konsumsi kalori berlebih, sebab kalori berlebih bisa menyebabkan diabetes.

7. Minum pada saat makan atau 30 menit sesudah makan
Minum banyak air sebelum makan bisa membuat kita merasa lebih cepat kenyang. Alangkah baiknya minum 30 menit sesudah makan atau pada saat makan sebab bisa meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh.

8. Olahraga secara Rutin
Dengan seseorang mempunyai kebiasaan olahraga dapat meningkatkan nafsu makan, dengan demikian tubuh akan mendapatkan asupan kalori dengan lebih banyak.

9. Hindarilah bergadang
Begadang hanya dapat memperburuk kondisi kesehatan seseorang. Bahkan, orang yang sering bergadang akan lebih beresiko untuk mengalami penyakit kanker dan juga tumor mematikan.

10. Hindari kebiasaan merokok
Rokok dapat mengandung beragam senyawa kimia beracun yang menyebabkan kanker, impotensi, dan juga gangguan janin dalam kandungan. Rokok dapat memicu menurunkan nafsu makan, sehingga membuat tubuh tidak banyak dalam memperoleh asupan nutrisi makanan khususnya kalori.

11. Perbanyaklah konsumsi air putih
Air sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan dalam berbagai fungsi organ, termasuk salah satunya organ lambung serta usus dalam menyerap nutrisi.

12. Kunyah makanan hingga halus
Perlu diketahui bahwa mengunyah makanan sangat penting untuk menambah berat badan secara alami.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates