Thursday , 21 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Menjaga Kebersihan Hidung

Tips Menjaga Kebersihan Hidung

Tips Menjaga Kebersihan Hidung

Tips Menjaga Kebersihan Hidung

Tips Menjaga Kebersihan Hidung

Tips Menjaga Kebersihan Hidung – Beberapa organ dalam tubuh dapat menunjang kehidupan kita, dimana masing-masing dari organ tubuh tersebut mempunyai tugas dan juga fungsi sendiri-sendiri. Dengan demikian kita harus selalu berusaha supaya organ tubuh tersebut untuk tetap dalam keadaan yang sehat dan juga prima, supaya nantinya mereka bisa melakukan tugasnya dengan baik sehingga kita menjadi pribadi yang sehat. Salah satu organ tubuh yang harus dijaga kesehatannya adalah hidung, dimana selain berfungsi untuk bernafas, organ tersebut juga dapat bertindak sebagai indera penciuman.Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan agar indera penciuman tersebut dalam kondisi sehat, sebagai berikut:
1. Lindungilah hidung dari debu dan polusi lainnya
Pada saat melakukan aktivitas di tempat yang banyak mengandung debu ataupun pada saat sedang berkendara, hal tersebut akan menyebabkan hidung untuk menghirup zat-zat yang sangat berbahaya untuk kesehatan Anda. Debu dan udara yang sudah tercemar dan terhirup dapat membuat hidung menjadi kotor. Alangkah baiknya melindungi organ tersebut, dengan menggunakan masker selama melakukan aktivitas.

2. Hindarilah sumber alergi
Untuk seorang penderita alergi harus meminimalkan kontak dengan sumber-sumber alergi misalnya debu, serbuk sari, bulu binatang, asap rokok, ataupun sumber lainnya untuk mencegah kerusakan pada organ hidung dan juga sinus.

3. Tingkatkanlah kualitas udara yang bersih di sekitar lingkungan
Meskipun langkah ini merupakan langkah sederhana, tetapi harus dilakukan guna menciptakan udara yang bersih di lingkungan sekitar sehingga dapat menurunkan resiko terhadap indera penciuman.

4. Tetap menjaga kelembapan udara dalam ruangan
Udara yang kering bisa menyebabkan organ sinus akan menjadi kering. Dampaknya organ tersebut bisa menjadi rentan untuk terinfeksi bakteri yang berbahaya. Tingkat kelembaban udara yang baik untuk kesehatan organ sinus ataupun kulit yaitu sekitar 40 sampai 50 persen.

5. Asupan cairan yang cukup
Memenuhi asupan cairan dalam tubuh akan sangat berguna untuk menjaga agar organ sinus dan juga hidung agar tetap lembab.

6. Hindarilah sumber infeksi
Apabila ada orang yang dekat sedang mengalami gangguan kesehatan misalnya flu, pilek, ataupun infeksi pernafasan. Dengan demikian hindari penyebaran virus dalam diri yaitu dengan menghindari kontak dekat dengan mereka.

7. Biasakan mencuci tangan dengan sabun
Langkah yang tepat untuk terhindar dari berbagai macam penyakit yang bisa menyerang hidung dan sinus yaitu dengan rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun.

8. Bersihkanlah kotoran yang menempel didalam hidung
Pada saat seseorang terkena serangan flu maupun pilek, biasanya dapat diiringi dengan keluarnya lendir setiap kali bersin. Apabila lendir tersebut dibiarkan, sehingga akan mengering dan melekat dalam hidung.

9. Hindarilah mengorek hidung dengan tangan
Tangan adalah salah satu agen yang bisa menghantarkan kuman ataupun bakteri penyebab penyakit. Alangkah baiknya, hindari kegiatan mengorek hidung dengan menggunakan tangan. Sebab menyebabkan terjadinya infeksi pada indera penciuman misalnya mimisan.

10. Bersihkanlah hidung dengan air garam
Sebuah study menyimpulkan bahwa membersihkan hidung dan organ sinus dapat menggunakan larutan garam hangat, dengan demikian dapat membantu untuk menurunkan resiko infeksi ataupun masalah kronis yang lainnya pada organ tersebut.

11. Perhatikanlah dalam penggunaan obat-obatan
Penggunaan beberapa jenis obat-obatan tertentu secara terus menerus bisa mengakibatkan masalah pada hidung sebagai efek samping. Masalah tersebut diantaranya yaitu hidung tersumbat yang disebabkan oleh kemacetan rebound. Dengan demikian, sebaiknya konsultasikan dengan dokter ataupun tenaga medis lainnya sebelum mengkonsumsi obat-obatan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates