Friday , 26 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Banyak Minum Air Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Banyak Minum Air Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Banyak Minum Air Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Banyak Minum Air Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Banyak Minum Air Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Banyak Minum Air Bisa Bantu Turunkan Berat Badan – Menurut penelitian yang telah diterbitkan di Journal Obesity, minum 500 ml air sebelum makan membantu Anda menurunkan berat badan dengan mudah. Penelitian ini diterapkan kepada orang-orang dewasa yang memiliki masalah obesitas untuk mengetahui apakah minum air sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan. Para peneliti merekrut 84 orang dewasa dengan obesitas untuk percobaan selama 12 minggu dengan dipecah menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama diminta untuk minum 500 ml air setengah jam sebelum makan, kelompok kedua diberitahu untuk membayangkan perut mereka kenyang sebelum makan. Hasilnya, kelompok yang diminta untuk minum air mendapatkan penurunan berat badan hingga 9 pon atau sekitar 4,3 kg. Lalu bagaimana air dapat membantu menurunkan berat badan seseorang? Berikut ini adalah alasannya:

1. Minum air membantu proses pembakaran kalori
Meminum 500 ml air atau setengah liter air meningkatkan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh setidaknya selama 1 jam. Beberapa studi menunjukan bahwa cara ini dapat membantu menurunkan berat badan dengan mudah dan sederhana. Salah satu dari penelitian tersebut menunjukan dengan meminum setengah liter air maka ia sudah menambahkan 23 kalori yang terbakar dari dalam tubuh. Dalam setahun kira-kira 17.000 kalori atau lebih dari 2 kg lemak.

2. Minum air sebelum makan bisa mengurangi nafsu makan
Sebagian orang mengklaim bahwa minum air sebelum makan mengurangi selera makan seseorang. Penelitian yang diarahkan kepada orang-orang berumur tampaknya menunjukan bahwa klaim tersebut adalah benar, namun biasanya hanya terjadi pada pria tau wanita setengah baya. Terbukti mereka yang minum air sebelum makan mengalami penurunan berat badan hingga 12 kg selama 12 minggu. Dalam situs kesehatan WebMD menyatakan bahwa minum air sebelum makan berhasil mengurangi asupan kalori 75 kalori per makanannya.

3. Minum banyak air membantu menekan kalori yang masuk kedalam tubuh
Minum banyak air membantu menurunkan risiko kenaikan berat badan. Minum lebih banyak air menyebabkan asupan kalori menurun dan mengurangi risiko kenaikan berat badan dalam jangka panjang serta obesitas, terutama pada anak-anak. Dikarenakan secara natural air tidak mengandung kalori sehingga dapat mengurangi kalori yang masuk ke dalam tubuh. Menambahkan 1 cangkir air dalam konsumsi harian Anda membantu mengurangi berat badan sekitar 0,13 kg. Bisa juga mengganti minuman-minuman lain seperti soda dan jus dengan air putih membantu mengurangi berat badan sebesar 0,5 kg.

4. Minum air es/dingin membantu meningkatkan metabolisme
Menurut staf editorial WebMD, minum air es dingin meningkatkan metabolisme karena tubuh Anda harus bekerja lebih keras untuk menghangatkan air yang masuk ke tubuh. Proses tersebut membakar lebih banyak kalori sehingga membantu menurunkan berat badan.

5. Minum cukup air membantu menurunkan berat badan serta mempertahankan berat badan ideal
Jika Anda ingin air yang diminum benar-benar dapat menurunkan berat badan maka pastikan untuk mengikuti aturan yang telah direkomendasikan oleh ahli gizi yaitu minum delapan gelas air per hari, cara tersebut dapat menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan ideal. Saat melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat pastikan untuk mendapatkan cukup air.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates