Saturday , 27 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Buah-Buahan Yang Baik Disertakan Pada Menu Diet Penderita Diabetes

Buah-Buahan Yang Baik Disertakan Pada Menu Diet Penderita Diabetes

Buah-Buahan Yang Baik Disertakan Pada Menu Diet Penderita Diabetes

Buah-Buahan Yang Baik Disertakan Pada Menu Diet Penderita Diabetes

Buah-Buahan Yang Baik Disertakan Pada Menu Diet Penderita Diabetes

Buah-Buahan Yang Baik Disertakan Pada Menu Diet Penderita Diabetes – Penderita diabetes perlu membatasi jumlah gula, termasuk gula alami dari makanan. American Diabetes Association (ADA) menyatakan bahwa buah-buahan kaya vitamin, mineral, dan serat penting bagi penderita diabetes. Salah satu studi yang diterbitkan “National Journal of Integrated Research in Medicine” 2013 menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 2 yang mengkonsumsi obat dan antioksidan memiliki tingkat kerusakan oksidatif lebih rendah dibandingkan mereka yang hanya mengkonsumsi obat saja. Meski mengandung banyak manfaat, bukan berarti bisa mengkonsumsi buah sembarangan. Perhatikan juga kandungan karbohidrat total. Buah yang dikategorikan ADA sebagai diabetes superfood di bawah ini memiliki kalori dan karbohidrat rendah, yakni:

1. Apel
Dalam apel ukuran kecil memiliki 54 kalori dan 14 gram karbohidrat. Apel dilengkapi dengan serat yang berlimpah dan vitamin. Tidak perlu mengupas kulitnya karena kaya akan antioksidan. Jangan lupa mencucinya agar bersih dari pestisida atau pilihlah apel organik.

2. Jeruk
Dalam 1 jeruk segar memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda. Jeruk termasuk aman dikonsumsi karena mengandung sekitar 15 gram karbohidrat dan 62 kalori per buahnya. Buah ini memiliki folat dan potasium yang membantu menetralkan tekanan darah.

3. Buah Pir
Dalam pir ukuran sedang memiliki sekitar 100 kalori dan 26 gram karbohidrat. Pir kaya akan potasium dan serat. Pir memiliki flavonoid yang membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Penelitian dari Nurses’ Health Study membuktikan bahwa kombinasi apel dan pir memiliki kemampuan paling konsisten menurunkan risiko diabetes tipe 2 dibandingkan buah-buahan lain.

4. Kiwi
Dalam sebuah kiwi ukuran besar mengandung sekitar 56 kalori dan 13 gram karbohidrat. Kiwi mengandung inositol untuk mengatur kadar glukosa darah. Antioksidannya mencegah kerusakan DNA, sedangkan potasiumnya mengatur tekanan darah dan melindungi jantung.

5. Jambu Biji
Jambu biji mengandung serat, vitamin A dan C, sangat baik untuk penderita diabetes karena dapat mambantu untuk mengontrol diabetes.

6. Ceri
12 butir ceri manis memiliki 59 kalori dan 14 gram karbohidrat yang disertakan dalam diet untuk penderita diabetes. Ceri asam lebih dianjurkan karena mengandung lebih banyak senyawa anti inflamasi. Baik ceri manis dan asam memiliki antosianin yang membantu meningkatkan produksi insulin hingga 50% menurut penelitian dari Michigan State University.

7. Anggur
Anggur merah dan hitam merupakan buah yang dianjurkan oleh ADA untuk dikonsumsi penderita diabetes. Anggur merah memiliki resveratrol yang membantu mencegah obesitas dan komplikasi diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anggur dapat menurunkan tekanan darah mencegah resistensi insulin.

8. Pepaya
Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi pepaya secara rutin menurunkan risiko diabetes tipe 2. Kandungan potasiumnya baik untuk mencegah penyakit jantung. Pepaya kaya karoten dan enzim papain yang melawan radikal bebas.

6. Semangka
Dalam 1 cup semangka potong hanya memiliki 11,5 gram karbohidrat dan 46 kalori. Semangka memiliki karotenioid likopen yang berfungsi sebagai antioksidan dan menurunkan kadar glukosa.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates