Wednesday , 18 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Cara Melakukan Exfoliating di Rumah

Cara Melakukan Exfoliating di Rumah

Cara Melakukan Exfoliating di Rumah

Cara Melakukan Exfoliating di Rumah

Cara Melakukan Exfoliating di Rumah

Cara Melakukan Exfoliating di Rumah – Exfoliation merupakan salah satu tahap perawatan yang penting untuk mendapatkan kulit wajah mulus dan awet muda. Tujuannya adalah memberikan tempat bagi lapisan kulit baru untuk muncul ke permukaan. Exfoliation berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah dan asupan nutrisi ke kulit wajah. Agar mendapatkan hasil maksimal, exfoliation perlu dilakukan secara teratur sekitar 1 – 3 kali seminggu tergantung jenis kulit. Apalagi jika usia sudah menginjak di atas 30 tahun dimana proses regenerasi sel kulit mulai melambat dan perlu mendapat bantuan dari luar.

Melakukan exfoliation sembarangan dapat membuat kulit kering, iritasi, berjerawat dan memerlukan perawatan lanjutan. Meski merepotkan, memahami cara yang benar dapat menyelamatkan Anda dari biaya tambahan untuk pergi ke dokter kulit. Di bawah ini langkah-langkah yang dapat diikuti untuk melakukan exfoliation di rumah, diantaranya:

1. Kenali jenis kulit. Masing-masing jenis kulit memiliki kebutuhan berbeda baik dari jenis exfoliator ataupun frekuensi exfoliation. Kulit normal umumnya hanya perlu di-exfoliate 1 – 2 kali seminggu. Jika kulit kering dan sensitif, lakukan 1 kali seminggu untuk menghindari iritasi. Jika kulit cenderung berminyak, gunakan exfoliator yang lebih kuat atau melakukannya 3 kali seminggu.

2. Ikat rambut ke belakang atau gunakan bando agar poni tidak menutupi wajah saat proses exfoliation.

3. Bersihkan wajah dari seluruh kotoran dan make up. Gunakan cleanser sesuai jenis kulit, bilas dengan air. Wajah perlu dibersihkan agar exfoliator bekerja secara optimal pada kulit.

4. Steam wajah untuk mengendurkan pori untuk meminimalisir kerusakan pada kulit selama exfoliation. Bisa juga, isi baskom dengan air panas dan arahkan uap ke wajah selama 10 – 15 menit. Pastikan air tidak terlalu panas.

5. Letakkan exfoliator pada ujung jari atau kain lembut. Usap perlahan dengan gerakan melingkar ke atas pada seluruh wajah, terutama daerah sekitar hidung dan dahi yang cenderung berminyak. Lakukan sekitar 3 hingga 5 menit.

6. Hindari menggosok di sekitar mata karena oleh exfoliator yang paling lembut sekalipun.

7. Jangan menggosok dengan keras karena partikel scrub pada exfoliator karena dapat menggores kulit wajah. Terlalu banyak mengelupas kulit dapat menghambat proses regenerasi dan membuat lebih rentan terkena jerawat serta komedo.

8. Bersihkan produk exfoliator dengan air hangat dan percikkan air dingin untuk mengencangkan pori. Pastikan tidak ada exfoliator yang tertinggal.

9. Keringkan wajah menggunakan handuk bersih, dengan cara menepuknya secara lembut dan perlahan.

10. Berikan serum anti penuaan atau pelembab ke wajah dan leher. Jika Anda melakukan exfoliation di pagi hari dan akan beraktivitas di luar ruangan, gunakan tabir surya.

11. Kulit cenderung lebih kering saat usia bertambah. Jika Anda mengalaminya, ganti produk exfoliator atau kurangi periode exfoliation sesuai kebutuhan.

12. Jangan lakukan exfoliation jika kulit sedang berjerawat, terluka, terbakar, iritasi, atau memiliki pembuluh kapiler yang terlihat. Tunggu kondisi kulit membaik atau konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

13. Hindari melakukan exfoliation sebelum atau setelah waxing.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates