Wednesday , 29 March 2017
Home » Info Kesehatan » Cara Menghilangkan Kotaran Telinga Secara Alami

Cara Menghilangkan Kotaran Telinga Secara Alami

Cara Menghilangkan Kotaran Telinga Secara Alami

Cara Menghilangkan Kotaran Telinga Secara Alami

Cara Menghilangkan Kotaran Telinga Secara Alami

Cara Menghilangkan Kotaran Telinga Secara Alami – Perlu diketahui, bahwa sebetulnya fungsi dari alat pembersih ini adalah membuang kotoran yang menempel di daun telinga dan permukaan lubang telinga, bukan untuk saluran lubang telinga bagian dalam, karena hal tersebut justru berbahaya. Seperti yang di bahas tadi, kotoran telinga akan keluar secara alamiah ke arah luar lubang telinga. Tetapi bila anda selama ini menggunakan cotton-bud yang menurut anda membantu agar kotoran bisa keluar lebih cepat, justru itu sebaliknya.

Kotoran telinga malah terdorong ke dalam menuju gendang telinga. Bahaya yang ditimbulkan adalah menumpuknya kotoran pada gendang telinga yang akan mengurangi kemampuan pendengaran Anda.

Adapun anda bisa mengikuti beberapa tips ataupun cara aman membersihkan kotoran pada telinga sebagai berikut.

1. Pastikan bahwa Anda tidak memiliki infeksi pada telinga
Memaksa mengeluarkan kotoran di dalam telinga saat sedang mengalami infeksi sangatlah berbahaya. Jadi untuk menghindari dampaknya, Anda tidak boleh diperkenankan membersihkan kotoran telinga secara mandiri. Sebaiknya melakukan kunjungan ke klinik tht agar tidak terjadi kesalahan dalam membersihkan kotor telinga.

2. Minyak Zaitun
Minyak buah zaitun memiliki banyak sekali kegunaan. Mulai dari perawatan kulit hingga kesehatan tubuh anda.dan anda juga bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk membersihkan kotoran pada telinga.
Cara membersihkan telinga dengan minyak zaitun:
– Tuang beberapa mililiter minyak zaitun dimangkuk kecil.
– Dan di Bentuk bulat selembar kapas, lalu celupkan pada minyak zaitun hangat.
– Peras di atas mangkuk yang sama agar tidak menyimpan cairan berlebih.
– Tempelkan kapas di telinga Anda,dan tunggu 15 menit,lalu keluarkan.
– Dan Ulangi hingga kotoran pada telinga berkurang.

3. Baby Oil
Ternyata baby oil mempunyai banyak kegunaan yang tak terduga yang sangat membantu berbagai kebutuhan manusia . Beberapa kegunaannya itu misalnya untuk menghilangkan make-up pada mata, melembabkan kulit, dan membersihkan kotoran telinga. Caranya sama seperti menggunakan minyak zaitun

4. Larutan Garam
Cairan obat pembersih yang terbaik untuk menghilangkan kotoran telinga ialah garam pilihannya. Langsung saja caranya: larutkan garam pada air secukupnya saja,lalu pakailah kapas untuk meneteskan ke bagian telinga yang mau dibersihkan, dank e ganti telinga satunya bila proses pembersihan pada telinga pertama selesai.

5. Air Hangat
Bila anda tidak ingin repot, Anda cukup dengan meneteskan air hangat ke dalam lubang telinga. Upayakan agar Anda melakukan cara ini setelah sehabis mandi.

6. Minyak Kelapa
Penggunaan minyak kelapa di sini sangatlah unik.pertama Anda harus menuangkan minyak kelapa pada satu buah sendok, lalu panaskan sendok dengan api lilin.Tunggu sendoknya hangat, kemudian celup bola kapas,dan peras agar kelebihan minyak menghilang,kemudian pasangkan kapas ke kedua telinga Anda. Mekanisme pembersihannya akan terjadi karena panas yang dihasilkan minyak tersebut akan merontokkan kotoran telinga.

7. Cuka Apel
Ternyata cuka apelpun bisa menjadi bahan alternatif untuk membersikan kotoran di telinga anda,caranya campurkan cuka apel dengan air hangat secukupnya saja.lalu Rendam bola kapas dan peras sehingga airnya akan menetes ke dalam telinga.kemudian Biarkan cairan tersebut bekerja dengan sendirinya.

8. Gunakan Ear Pick
Salah satu produk pembersih telinga yang mudah digunakan, yaitu ear pick. Kegunaan earpick selain membersihkan telinga juga menghindari segala bahaya yang bisa yang ditimbulkan saat membersihkan telinga dengan produk lain. Produk ini cocok sekali dipakai untuk bayi, balita,dan dewasa. Anda bisa membelinya di apotik terdekat dengan harga yang terjangkau.
Hal-hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Membersihkan Telinga:
-Jangan gunakan benda yang runcing ataupun panjang untuk mengeluarkan cerumen dari dalam telinga.
-Hindari pemakaian cotton-bud karena dokter melarang pemakaian benda ini jika untuk mengorek cairan kering di telinga karna akan menggangu pendengaran anda.

Seberapa seringkah anda harus membersihkan telinga?
cara aman yang bisa anda pilih adalah dengan rutin membersihkan daun telinga dan sedikit bagian dalamnya setiap habis mandi menggunakan handuk basah ataupun kapas yang sudah direndam ke dalam air hangat.namun di sini, Anda tidak harus membersihkan secara keseluruhan, cukup bagian luarnya saja,yang penting kebersihan telinga anda terjaga.

Semoga bermafaat….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates