Sunday , 26 March 2017
Home » Info Kesehatan » Cara Mengontrol dan Mengatasi Lemak di Perut

Cara Mengontrol dan Mengatasi Lemak di Perut

Cara Mengontrol dan Mengatasi Lemak di Perut

Cara Mengontrol dan Mengatasi Lemak di Perut

Cara Mengontrol dan Mengatasi Lemak di Perut

Cara Mengontrol dan Mengatasi Lemak di Perut – Banyak orang yang frustasi karena lemak yang terlihat di pinggang, paha, dan bokong. Namun sebenarnya lemak yang tidak terlihat – disebut lemak visceral– yang terletak di bagian lebih dalam yang bisa mendatangkan masalah lebih besar, bahkan pada orang yang kurus sekalipun  bisa memiliki lemak visceral yang berlebihan, walaup tidak dapat terlihat secara kasat mata dari luar. Sebagian besar disebabkan karena gerak fisik yang kurang atau aktifitas. Meskipun orang yang kurus tampak bisa menjaga berat badannya tetap normal, bisa saja mereka memiliki level lemak visceral yang tidak sehat jika terlalu jarang berolahraga. Maka dari itu, gemuk atau kurus, tubuh harus tetap aktif.

Setelah mengetahui sekilas tentang lemak visceral di atas, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol lemak tubuh dan mencegah serta mengatasi perut buncit (abdominal/central obesity), antara lain:

1. Aktif secara fisik
Olahraga atau gerak tubuh yang aktif akan memangkas lemak, termasuk lemak visceral. Fisik yang aktif dapat memperlambat perkembangan lemak visceral di dalam tubuh. Olahraga seperti jogging atau aerobic selama 30 menit sangat baik untuk urusan tersebut. Lakukan olahraga secara rutin setidaknya 3-4 kali dalam seminggu.

2. Pola makan/diet
Jika selama ini anda kurang memperhatikan diet atau pola makan anda, sebaiknya aturlah dari sekarang. Tidak ada diet khusus untuk mengecilkan perut. Jika berat badan turun selama diet, maka lemak di perut dan juga perut buncit adalah yang paling pertama berkurang. Menjalankan pola makan yang sehat akan menurunkan berat badan secara alami.

Jika ingin hasil yang lebih cepat, gantilah menu utama dengan makanan yang kaya akan serat/fiber seperti roti gandung atau nasi merah. Bisa juga menambahkan buah dan sayuran seperti aple, pisang, brokoli, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

3. Pola Tidur
Memiliki jam tidur yang cukup dapat membantu mengontrol pembentukan lemak visceral. Sebuah study menunjukkan bahwa orang yang terbiasa tidur kurang dari 6 jam perhari cenderung mengalami peningkatan lemak visceral lebih dari 30% dalam waktu 5 tahun. Pola tidur mungkin saja bukan penyebab utama, namun tetap saja pola tidur merupakan faktor yang mempengaruhi.

4. Mengelola stres
Stres selalu terjadi, dan bisa terjadi kapan saja. Kunci utamanya adalah cara mengatasi atau menghadapinya. Stres yang tidak segera ditangani dapat menganggu kehidupan normal anda, termasuk ketiga poin diatas: aktifitas fisik, pola makan dan pola tidur. Lakukanlah teknik-teknik dasar menghadapi stres seperti meditasi, teknik relaksasi atau berbicara dengan orang lain.

Berolahraga bisa jadi cara yang paling manjur, karena dapat mengontrol berat badan (lemak) dan stres sekaligus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates