Thursday , 27 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Cara Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Cara Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Cara Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Cara Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Cara Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Cara Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan – Jika anda memiliki berat badan berlebih dan ingin melakukan diet, penting untuk menyusun rencana dan komitmen agar program tersebut tercapai. Strategi yang tepat akan mendatangkan hasil yang tepat pula. Ikuti daftar cara diet berikut ini untuk membantu anda menurunkan berat badan.

1. Tentukan Target
Buatlah target seperti halnya catatan milestone. Contoh, anda dapat membuat 3 patokan target: perhari, perminggu dan perbulan. Ambil kertas, bagi menjadi 3 kolom, sesuai dengan patokan target yang ditentukan, dan beri judul ‘target harian’, ‘target mingguan’, dan ‘target bulanan’.

2. Buat Jurnal Makanan/Diet
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang menggunakan jurnal makanan bisa menurunkan berat badan 2 kali lebih cepat daripada orang yang tidak menggunakannya, serta persentase tingkat keberhasilannya jauh lebih tinggi.

3. Pola dan Porsi Makan
Perhatikan porsi makan yang anda konsumsi dalam hidangan utama. Ukuran perut hanya sebesar genggaman tangan, jadi secara logika menyantap makanan sebesar kepalan tangan membuat perut cukup terisi. Setelah makan seharusnya kita merasa nyaman serta berenergi, bukan merasa ngantuk, kembung, kekenyangan, atau mual.

4. Minuman
Kurangi kebiasaan minum minuman yang mengandung kalori, bersoda atau beralkohol. Secara kasat mata memang tampak nikmat dan tidak berbahaya seperti teh manis rasa buah dan softdrink, tetapi anda akan terkejut akan jumlah kalorinya. Begitu pula dengan minuman alkohol, karena mengandung kalori yang tinggi.

5. Buah dan Sayuran
Buah dan sayuran adalah elemen penting yang dapat membantu diet menurunkan berat badan. Buah-buahan segar akan memberikan nutrisi bagi tubuh sehingga tubuh tetap berenergi sepanjang hari. Demikian pula dengan sayur-sayuran, karena umumnya sayuran mengandung serat tinggi, membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

6. Aktivitas Fisik dan Olahraga
Olahraga adalah faktor utama dalam menurunkan berat badan. Gerak tubuh yang aktif akan membakar kalori. Sisihkan waktu 30 menit dalam sehari untuk berolahraga ringan seperti jalan pagi, bersepeda, senam, atau kegiatan fisik lainnya. Lakukanlah setidaknya 5 kali dalam seminggu.

7. Pola Tidur
Pola tidur akan mempengaruhi diet. Kurang tidur atau kelebihan tidur bisa membuat berat badan meningkat. Pola tidur yang tidak seimbang dapat memicu makan berlebihan. Tidur yang terlalu sedikit meningkatkan nafsu makan, mempengaruhi sensitifitas insulin juga hormon lain yang mengontrol rasa lapar, sehingga akan membuat berat badan bertambah.

8. Fokus
Sedikit perubahan dapat mendatangkan hasil yang jauh lebih baik, misalnya saja pada fokus anda. Fokus ingin hidup sehat. Cara pandang seperti itu dapat memicu motivasi serta menjadikan segala yang anda lakukan lebih menyenangkan. Merubah komitmen untuk hidup sehat mencegah rasa frustasi atau stres, yang dapat muncul kapan saja karena anda ‘sangat ingin’ kurus.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates