Sunday , 22 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Dampak Berlebihan Konsumsi Buah Durian

Dampak Berlebihan Konsumsi Buah Durian

Dampak Berlebihan Konsumsi Buah Durian

Dampak Berlebihan Konsumsi Buah Durian

Dampak Berlebihan Konsumsi Buah Durian

Dampak Berlebihan Konsumsi Buah Durian – Durian merupakan salah satu buah yang lezat dengan bau yang menyengat. Orang yang tidak menyukai durian dapat disebabkan oleh baunya yang  sangat menyengat. Daging durian sangat lembut  serta cocok untuk dipadukan dengan makanan ataupun minuman. Buah durian yang bergizi, vitaminnya yang banyak sangat berguna untuk tubuh. Akan tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan dapat berdampak terhadap kesehatan hingga menyebabkan kematian.  Berikut uraian dampak konsumsi durian secara berlebihan, diantaranya:

1.    Buah Durian Menyebabkan Kolesterol Tinggi
Buah durian menyebabkan kolesterol tinggi. Durian di dalamnya mengandung kolesterol yang sangat tinggi. Untuk orang yang sebelumnya mempunyai riwayat kolesterol alangkah baiknya jangan mengkonsumsi durian secara berlebihan. Konsumsi durian secara berlebihan dapat memancing kadar kolesterol naik yang dapat memancing terjadinya komplikasi.

2.    Efek Samping Durian Menyebabkan Terkena Diabetes
Orang yang memiliki riwayat keluarga diabetes atau disebut dengan kencing manis tidak boleh memakan buah durian secara berlebihan. Kandungan glukosa yang tinggi dalam buah durian dapat memacu naiknya kadar gula darah, dengan demikian resiko terkena diabetes akan semakin besar.

3.    Buah Durian Menyebabkan Kematian Janin
Janin yang ada di dalam kandungan tidak dapat  menahan panas secara berlebihan. Apabila wanita hamil mengkonsumsi durian, dampaknya perut akan panas. Panas berlebih dapat memicu kematian janin. Rasa panas tersebut sebagai akibat kandungan alkohol yang tinggi. Kadar alkohol tinggi juga dapat ditemukan pada buah nangka, buah nanas serta tape.  Untuk ibu hamil alangkah baiknya meminimalisir konsumsi semua buah tersebut.

4.    Efek Samping Durian Menyebabkan Penyakit Jantung
Penyakit jantung dapat disebabkan oleh konsumsi durian yang berlebihan. Kasus orang meninggal diakibatkan ada riwayat sakit jantung di dalam dirinya. Penyakit jantung yang diderita bisa diperburuk dengan konsumsi durian secara berlebihan.

5.    Durian Menyebabkan Kematian Pada Penderita Hipertensi
Orang yang mengalami hipertensi biasanya mempunyai komplikasi dengan penyakit jantung. Kandungan alkohol yang terdapat dalam buah durian bisa menaikkan tekanan darah penderita hipertensi. Tekanan darah naik bisa memicu detak jantung akan lebih cepat dan terserang penyakit jantung dengan mendadak.

6.    Menyebabkan Kematian Jika Dicampurkan Dengan Minuman Beralkohol
Kandungan alkohol yang terdapat dalam durian dapat menimbulkan kematian jika bertemu dengan alkohol dalam minuman keras. Alkohol bersatu dengan alkohol akan menghasilkan sulfur atau belerang. Jika Sulfur yang masuk ke dalam tubuh seseorang dapat  menurunkan metabolisme serta sistem imun seseorang, bahkan apabila jumlah sulfur yang masuk ke dalam tubuh sangat banyak dapat menyebabkan kematian.

7.    Masalah Pencernaan Hingga Kematian
Konsumsi durian tidak boleh disatukan dengan minuman seperti kopi serta alkohol. Kopi adalah minuman pemicu tekanan darah tinggi. Jika terlalu sering mencampur durian dan kopi dapat membuat seseorang terkena penyakit komplikasi. Selain itu menimbulkan masalah pencernaan dalam jangka panjang yang membuat usus dan lambung terluka bahkan berlubang. Usus serta lambung yang berlubang dapat mengakibatkan kematian.

8.    Buah Durian Menyebabkan Penyakit Ginjal Hingga Kematian
Buah durian terdapat zat ethanol, methanol serta ethyl metacrylate serta senyawa berupa sulfur atau disebut belerang. Bahaya etanol dan metanol juga sudah sangat memprihatinkan untuk kesehatan. Bagi penderita ginjal, semua zat tersebut sangatlah tidak baik untuk kesehatan ginjal sebab ginjal yang sudah sakit tidak bisa menguraikan semua zat tersebut. Dampaknya kinerja ginjal terbebani dan kinerja ginjal dapat menurun dari 40 persen menjadi 35 persen.

9.    Bahaya Buah Durian Penyempitan Pembuluh Darah
Senyawa yang berupa alkohol dalam durian dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah di dalam otak. Pembuluh darah yang menyempit membuat oksigen tidak bisa tersalurkan ke otak secara maksimal, dampaknya stroke menyerang.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates