Friday , 21 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Faktor Penyebab Bibir Hitam

Faktor Penyebab Bibir Hitam

Faktor Penyebab Bibir Hitam

Faktor Penyebab Bibir Hitam

Faktor Penyebab Bibir Hitam

Faktor Penyebab Bibir Hitam – Meski tidak berbahaya, bibir hitam mengindikasikan berbagai masalah kesehatan. Bibir hitam juga dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri, terutama pada wanita. Sebelum mencari cara untuk mengatasi bibir hitam, mari kita mengenal apa saja faktor-faktor penyebab bibir hitam berikut ini:

1. Merokok dan alkohol
Merokok dalam jangka waktu lama menyebabakan penggelapan bibir. Nikotin dan tar menyempitkan pembuluh darah sehingga aliran darah terganggu dan bibir menjadi gelap. Hal ini bisa diatasi saat perokok menghentikan kebiasannya. Beberapa tipe alkohol juga menggunakan senyawa asam untuk mempercepat fermentasi dan menimbulkan bercak hitam pada kulit. Begitu pun dengan narkotika tertentu seperti kokain atau sabu-sabu.

2. Anemia
Anemia merupakan salah satu faktor utama penyebab bibir gelap pada wanita usia produktif. Semua jenis anemia bisa berpengaruh, walaupun paling terjadi pada penderita anemia yang kekurangan zat besi. Konsentrasi hemoglobinnya lebih rendah daripada orang-orang normal.
Hemoglobin bertugas membawa oksigen dan mempengaruhi warna merah darah. Karena warna bibir dipengaruhi oleh pembuluh darah, kurangnya hemoglobin atau sel darah merah membuat bibir menggelap dan membiru.

3. Bibir kering
Tipisnya lapisan kulit bibir membuatnya mudah kehilangan kelembaban. Apalagi bibir tidak memiliki kelenjar minyak seperti kulit. Kurangnya kelembaban menyebabkan bibir pecah-pecah dan jika terus terjadi membuat warna bibir berubah. Bibir kering berwarna pucat, namun jika tidak segera diatasi menyebabkan kulit di sekitar bibir kecoklatan. Bibir kering dialami saat cuaca berangin, namun juga dijumpai pada perokok yang sering menghirup dan mengeluarkan udara dari bibir.

4. Paparan sinar matahari
Paparan sinar matahari dapat menstimulasi produksi melanin seperti yang dialami bagian kulit lain. Karena konsentrasinya lebih rendah pada bibir, efeknya tidak terlalu signifikan. Namun rendahnya produksi melanin membuat perlindungan bibir dari sinar matahari berkurang. Sinar matahari selama bertahun-tahun bisa memicu munculnya lentigo dan melasma yang menyebabkan diskolorasi.

5. Gangguan makan
Nutrisi yang kita makan menentukan keoptimalan kerja organ dan mempengaruhi tampilan luar tubuh, termasuk kulit dan bibir. Selain itu, penderita bulimia memiliki kebiasaan memuntahkan makanan secara berulang. Asam lambung ini bisa merusak gigi dan bibir dan dapat menyebabkan penggelapan bibir dalam jangka panjang.

6. Keracunan
Beberapa logam berat dan zat beracun menyebabkan perubahan warna pada kulit dan bibir, terutama merkuri, vtembaga, perak, dan bismut. Beberapa senyawa kaustik seperti asam dan alkali kuat bisa menimbulkan pembakaran kimia pada bibir dan menggelapkan warna bibir.

7. Sianosis
Sianosis adalah kondisi dimana kulit dan membran mukosa pucat kebiruan karena rendahnya konsentrasi oksigen dalam darah. Hal ini disebabkan oleh berbagai masalah paru-paru, kardiovaskular, atau darah. Gejalanya paling jelas terlihat pada bibir dan kuku serta diperparah dengan kondisi cuaca yang dingin dan olahraga. Bila bibir membiru disertai gejala lain seperti kesadaran menurun, menggigil, kesulitan bernafas, tangan berkeringat, segera periksakan ke dokter.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates