Friday , 21 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Faktor Penyebab Tidur Berlebihan

Faktor Penyebab Tidur Berlebihan

Faktor Penyebab Tidur Berlebihan

Faktor Penyebab Tidur Berlebihan

Faktor Penyebab Tidur Berlebihan

Faktor Penyebab Tidur Berlebihan – Tidur berlebihan yang berkelanjutan bisa menjadi indikasi adanya masalah medis. Umumnya, tidaklah normal merasa tetap lelah setelah tidur setidaknya 7 sampai 8 jam setiap malam. Meski terdapat kemungkinan penyebab medis, terlalu banyak tidur juga dapat dipicu oleh faktor lain seperti kebiasaan dan lingkungan. Berikut ini akan diulas penyebab tidur terlalu banyak, antara lain:

1. Faktor Lingkungan
Faktor lingkungan bisa memicu tidur berlebihan. Tidur di ruangan yang terlalu dingin atau terlalu panas berpotensi menyebabkan kegelisahan sepanjang malam. Sering terbangun  dan gelisah waktu tidur menghasilkan kualitas tidur yang buruk. Itu sebabnya, penting bagi Anda memiliki waktu tidur yang baik dan tanpa gangguan. Tempat tidur yang tidak nyaman dapat membuat Anda sering mengubah posisi sepanjang malam sehingga mengurangi kualitas tidur Anda.

2. Kebiasaan
Mengkonsumsi terlalu banyak minuman yang mengandung kafein sebelum tidur akan membuat Anda kesulitan tertidur lelap. Kafein adalah stimulan yang mempercepat sistem tubuh dan menghambat produksi agen adenosin saat tidur. Sedangkan adenosin membantu tubuh agar tidur nyenyak.

3. Faktor Medis
Tidur berlebihan merupakan salah satu gejala diabetes. Insulin merupakan hormon yang berfungsi mengontrol gula darah. Ketika gula darah normal, insulin akan berubah menjadi energi dalam sel darah. Kelelahan dapat terjadi ketika gula darah tidak efektif masuk ke dalam sel darah sehingga tidak seluruhnya diubah menjadi energi. Penyakit jantung merupakan faktor medis lain untuk tidur berlebih. Jantung mengatur aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Saat jantung tidak dapat memompa cukup darah, berbagai organ tubuh  tidak mendapatkan suplay oksigen yang cukup sehingga tubuh menjadi lemah dan lelah.

4. Stres
Stres bisa menjadi salah satu penyebab signifikan tidur berlebihan. Ketika tubuh berada di bawah tekanan stres, timbul kelebihan adrenalin. Adapun adrenalin meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. Ketika detak jantung meningkat, Anda tidak bisa mencapai keadaan istirahat normal yang dibutuhkan untuk tidur nyenyak.

5. Gangguan Tidur
Sleep apnea adalah penyebab utama tidur berlebihan dan merasa lelah di siang hari. Sleep apnea merupakan suatu kondisi di mana jalan napas tersumbat, menyebabkan terhentinya napas dan menyebabkan Anda sering bangun sepanjang malam. Seseorang dengan sleep apnea akan mengalami kesulitan tidur nyenyak dan merasa lelah.

6. Efek samping obat-obatan tertentu
Seseorang yang sedang mengalami penyakit tertentu dan mendapatkan resep dari dokter, kemungkinan mendapatkan salah satu obat yang memiliki efek samping menjadi cepat ngantuk dan berkeinginan untuk tidur. Seperti beberapa obat nyeri mengandung komposisi obat yang dapat menstimulasi untuk tidur. Maka dari itu, jika tercantum pada label obat, perhatikan efek samping yang ditimbulkan atau Anda bisa langsung menanyakannnya pada apoteker.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates