Sunday , 26 March 2017
Home » Info Kesehatan » Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimasukan ke dalam Kulkas

Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimasukan ke dalam Kulkas

Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimasukan ke dalam Kulkas

Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimasukan ke dalam Kulkas

Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimasukan ke dalam Kulkas

Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimasukan ke dalam Kulkas – Hampir semua rumah tangga mempunyai satu kulkas untuk menyimpan bahan makanan, menyimpan minuman ringan, makanan yang tidak habis disantap, bahkan untuk membuang kuman dan juga bakteri yang ada di celana jeans. Pada umumnya makanan akan dimasukkan dalam kulkas supaya tahan lebih lama. Namun jangan salah tidak semua makanan perlu didinginkan serta tidak banyak yang tahu kalau menyimpan makanan di dalam kulkas terlalu lama bisa mengurangi kualitas gizi atau mempercepat proses pembusukan. Terdapat jenis makanan tertentu yang mempunyai pengawet alami, bahkan dapat rusak bentuk dan rasanya akibat terkontaminasi udara dingin. Terdapat sumber makanan yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas, sebagai berikut:

1. Roti
Roti mudah akan kering jika disimpan di kulkas. Kualitas roti yang baik seperti roti gandum akan menjadi buruk dan juga roti dengan kualitas buruk menjadi lebih buruk lagi.

2. Kentang
Kulkas mempengaruhi rasa kentang. Apabila mau masukan terlebih dulu ke dalam kantong kertas, baru dimasukkan ke dalam kulkas. Kantong plastik tidak dianjurkan sebab mempercepat proses pembusukan.

3. Buah-buahan
Seperti jenis buah- buahan avokad, apel, pisang, peach dan juga pisang tidak boleh disimpan di dalam kulkas. Pendingin menyebabkan hilangnya rasa dan tekstur asli dari buah. Apabila ingin sensasi dingin, potong saja buah yang ingin dikonsumsi, baru simpan di kulkas selama 30 menit sebelum dikonsumsi.

4. Bawang
Tempat menyimpan bawang bukan di dalam kulkas, melainkan di dalam kantong kertas lalu menaruhnya di tempat gelap, sejuk dan juga jauh dari kentang. Kentang cenderung akan melepas uap air serta gas yang dapat menyebabkan bawang untuk cepat busuk. Sedangkan kelembapan dalam kulkas membuat bawang mudah berjamur.

5. Dressing salad
Dressing salad pada umumnya berbahan dasar minyak tidak boleh disimpan di dalam kulkas. Krim, yoghurt, ataupun dressing berbasis mayones harus disimpan di dalam kulkas.

6. Tomat
Tomat akan kehilangan rasa dan juga menjadi lembek jika disimpan di lemari es. Agar tomat cepat matang, simpan di dalam kantong kertas.

7. Saus tomat
Kecap dan juga saus tidak boleh disimpan di dalam kulkas, apalagi setelah saus tomat dibuka.

8. Sereal
Tidak di anjurkan sereal boleh disimpan di dalam kulkas.

9. Minyak
Hampir semua minyak aman jika disimpan di suhu kamar. Apabila minyak mengandung lemak jenuh yang rendah misalnya bunga matahari, bolehlah menaruhnya di dalam kulkas akan tetapi di dekat pintu.

10. Kopi
Tempat menyimpan kopi yang baik adalah di dalam wadah kedap udara, bukan di dalam kulkas. Yang ada malah dapat mengurangi rasa.

11. Acar
Alangkah baiknya menaruhnya di ruang terbuka dengan demikian udara bisa bergerak di sekitar itu.

12. Melon
Untuk menjaga keutuhan rasa dalam melon, simpanlah pada suhu kamar. Setelah di potong, baru boleh disimpan di dalam lemari es.

13. Selai kacang
Simpanlah selai kacang di tempat sejuk, gelap, dengan demikian selai kacang akan baik-baik saja.

14. Madu
Madu mudah mengeras apabila disimpan di dalam kulkas. Cukup dalam suhu kamar dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

15. Bawang putih
Pendinginan dapat mengurangi rasa bawang putih dan mempengaruhi umurnya. Lingkungan yang dingin bisa menyebabkan jamur berkembang dengan subur.

16. Cabai
Cabai tidak perlu proses pendinginan untuk menyimpannya.

17. Tuna
Tuna yang berasal dari kalengan tidak harus disimpan di dalam kulkas, cukup di tempat dengan suhu kamar.

18. Lada
Lada baik itu paprika merah, hijau, kuning, cabai, bahkan lada bisa baik-baik saja tanpa proses pendinginan apapun, sehingga tidak perlu disimpan di dalam kulkas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates