Tuesday , 28 March 2017
Home » Info Kesehatan » Kandungan dan Manfaat Minyak Jinten Hitam

Kandungan dan Manfaat Minyak Jinten Hitam

Kandungan dan Manfaat Minyak Jinten Hitam

Kandungan dan Manfaat Minyak Jinten Hitam

Kandungan dan Manfaat Minyak Jinten Hitam

Kandungan dan Manfaat Minyak Jinten Hitam – Biji jinten (jintan) hitam dikenal digunakan sebagai bahan obat sejak zaman kuno. Selain itu, jinten lazim digunakan dalam masakan sebagai penyedap. Jinten hitam memiliki nama ilmiah Nigella sativa dan banyak terdapat di wilayah Asia. Biji jinten hitam bisa diolah untuk diambil minyaknya yang memiliki manfaat terapi sekaligus kuliner. Minyaknya berwarna coklat dengan rasa sedikit pahit dan memiliki aroma cukup tajam.

Walaupun manfaat jinten hitam sudah direkam sejak jaman kuno, bukti ilmiah yang menyertainya baru ditemukan sekarang ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jinten hitam mengandung karminatif (carminative), antibakteri, sifat anti-inflamasi dan antihistamin. Mengandung lebih dari seratus senyawa, komponen aktif yang ditemukan adalah damascene, nigellone, nigilline, tanin, sterol, antioksidan dan beta-sitosterol. Selain itu, minyak yang berasal dari biji jinten hitam mengandung persentase tinggi vitamin, mineral dan asam lemak esensial.

Manfaat minyak jinten hitam untuk kulit benar-benar mengesankan dan sangat efektif memerangi berbagai masalah seperti jerawat, luka bakar, dan meremajakan kulit. Selain penyakit kulit, minyak aromatik ini juga efektif untuk menangani berbagai masalah kesehatan, berikut antara lain:

1. Kandungan carminative membuat minyak jinten hitam sangat baik untuk mengurangi ketidaknyamanan dan perut kembung. Menambahkan biji jinten dalam masakan merupakan cara sederhana untuk memerangi pembentukan gas berlebih dan gangguan pencernaan.

2. Nigellone (bahan aktif) yang terkandung dalam minyak biji ini memberikan efek menenangkan pada orang yang memiliki kejang bronkial. Nigellone memiliki kemampuan membersihkan dan membuka saluran pernapasan, sehingga membantu pasien asma bernapas lebih mudah.

3. Minyak murni yang diekstrak dari biji jinten hitam dapat digunakan sebagai tambahan dalam rutinitas perawatan kuku dan rambut. Vitamin yang hadir dalam minyak membantu memperbaiki tekstur dan memperkuat rambut secara alami.

4. Untuk penggunaan di rambut, kulit, dan kuku, terapkan minyak jinten hitam 2 kali sehari.  Atau cara lain, tambahkan dalam produk kecantikan seperti lotion, krim herbal, sabun cair, conditioner dan minyak rambut.

5. Minyak herbal ini adalah obat mujarab untuk infeksi usus, termasuk yang diakibatkan cacing parasit yang memakan nutrisi di usus.

6. Seperti yang telah disebutkan di atas, minyak biji jinten hitam berfungsi sebagai agen anti-inflamasi. Kandungan antioksidan tinggi dipercaya sangat efektif mengendalikan rasa sakit pada wasir dan rheumatoid arthritis. Properti antihistamin yang dimilikinya juga bekerja mengatasi reaksi alergi.

7. Minyak jinten hitam juga pernah digunakan untuk memerangi peradangan jaringan dan pertumbuhan tumor pada liver dan bagian tubuh lain.

8. Penggunaan minyak jinten hitam dalam makanan diyakini dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Namun demikian, belum terdapat cukup bukti atas klaim ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates