Thursday , 21 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Makanan Pengantar Tidur

Makanan Pengantar Tidur

Makanan Penghantar Tidur

Makanan Penghantar Tidur

Makanan Penghantar Tidur

Makanan Penghantar Tidur – Banyak orang mengalami insomnia.  Padahal kurang tidur menyebabkan berbagai penyakit seperti resiko sakit jantung, melemahnya sistem imun, menurunnya ketajaman otak, hipertensi, penuaan dini pada kulit, dan memicu stres. Salah satu cara untuk melawan insomnia dapat melalui diet, dan berikut ini jenis-jenis makanan yang bisa dikonsumsi.

1. Selada
Makan malam dengan selada sayur bisa membuat Anda tertidur lebih awal, karena selada mengandung lactucarium, yang bersifat menenangkan dan mempengaruhi otak seperti opium.

2. Ikan Tuna, Salmon, & Halibut
Ikan Salmon mengandung Omega-3 yang mengurangi hormon stres dan meningkatkan ketenangan, menurut UCLA Center for East-West Medicine. Ikan Tuna dan Halibut, menurut artikel yang dipublikasikan di Annals of The New York Academy of Science, mengandung Omega-3, kaya akan vitamin B6 yang dibutuhkan untuk memproduksi serotonin dan melatonin yang membuat tidur lebih nyenyak.

3. Kentang
Potassium dalam kentang berfungsi menenangkan otot, membantu melancarkan pembuluh darah, dan melancarkan pencernaan, menurut psikologis klinis Michael Breus. Cara pengolahan terbaik adalah dengan dipanggang. Menurut ahli gizi Shawn Talbott, mengonsumsi setengah butir kentang cukup untuk memenuhi kebutuhan potassium dan karbohidrat.

4. Pisang
Menurut ahli gizi Shawn Talbott, pisang memiliki kandungan vitamin B6 dan potassium yang tinggi, bisa menenangkan kaki yang tegang dan mencegahnya kram pada malam hari. Selain itu, pisang mengandung magnesium yang mampu merilekskan otot dan pembuluh darah, dan melancarkan pencernaan.

5. Buncis/Kacang Panjang
Mengandung vitamin B6, kacang panjang membantu untuk memproduksi serotonin sebagai pembangkit mood dan pengurang stres, dan membantu menyusun melatonin.

6. Susu Hangat
Orang jaman dulu percaya bahwa susu hangat membuat kita mudah mengantuk, walaupun belum ada penelitian yang membuktikannya. Susu mengandung kalsium yang merupakan salah satu mineral yang membantu memproduksi melatonin, yang membantu tidur secara teratur. Sebuah studi pada tahun 2011 dipublikasikan di Menopause Journal menyarankan produk kedelai (susu kedelai) karena membantu mengatasi insomnia pada wanita menopause.

7. Keju & Yogurt
Semua produk susu yang berkalsium, seperti yogurt dan keju, juga bisa membantu kita tertidur. Kalsium menyuplai tryptophan ke otak untuk memicu naiknya melatonin. Kalsium membantu otot untuk bebas bergerak. Sebuah penelitian menyatakan, rendahnya kalsium membuat kita susah untuk tidur.

8. Jus Ceri
Segelas jus ceri dapat mendongkrak kadar melotonin dalam tubuh, menurut penelitian Universities of Pennysylvania and Rochester, dan mengurangi insomnia. Beberapa orang dewasa dengan insomnia kronis merasakan perubahan setelah meminum jus ceri sehari 2 kali. Ahli gizi Michael Breus merekomendasikan untuk dikonsumsi pada malam hari dengan mencampurkan ceri, susu kedelai, dan es kemudian diblender. Bisa juga menggunakan ceri kering jika tidak ada ceri segar.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates