Saturday , 27 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Makanan untuk Mengatasi Susah Buang Air Besar

Makanan untuk Mengatasi Susah Buang Air Besar

Makanan untuk Mengatasi Susah Buang Air Besar

Makanan untuk Mengatasi Susah Buang Air Besar

Makanan untuk Mengatasi Susah Buang Air Besar

Makanan untuk Mengatasi Susah Buang Air Besar – Orang dewasa rata-rata membutuhkan serat 25 – 30 gram perharinya. Mengkonsumsi serat dan asupan air minum yang cukup membuat sistem pencernaan anda lancar dan bekerja dengan baik. Beberapa makanan berikut ini akan memberikan asupan serat tinggi bagi pencernaan anda, serta membantu mencegah dan mengatasi masalah susah BAB secara alami:

1. Kacang-kacangan dan biji-bijian
Anda mungkin sering menemukan referensi yang mengatakan bahwa kacang-kacangan dapat menyebabkan susah BAB/sembelit. Hal itu disebabkan karena anda tidak minum air yang cukup, untuk memperlancar aliran serat di pencernaan. Menkonsumsi banyak serat tanpa minum air yang cukup dapat menyebabkan susah BAB.

2. Ubi jalar
Selain mengandung serat tinggi, ubi mengandung beta-karotin dan vitamin A yang tinggi. Direbus, dibakar, dan dikonsumsi bersama kulitnya tetap bisa mendapatkan manfaatnya dari jenis umbi-umbian yang satu ini.

3. Buah apel dan pir
Apel dan pir dapat menyediakan setidaknya 3-4 gram serat untuk pencernaan anda. Selain memperlancar sistem pencernaan, buah ini cukup ampuh untuk mengobati diare (diarrhea). Membantu melancarkan pembuangan kotoran dari sistem penceraan saat anda sembelit, dan membuat kotoran menjadi lebih padat ketika anda mengalami diare.

4. Brokoli
Seperti halnya ubi jalar, brokoli merupakan sumber serat tinggi. Menyajikannya dalam menu makan, baik sebagai sayuran ataupun lalapan mentah, membantu mengatasi masalah susah BAB. Di samping seratnya yang tinggi, brokoli merupakan makanan bernutrisi tinggi.

5. Aneka buah beri
Jenis buah-buahan beri umumnya sumber serat yang baik, termasuk stroberi, bluberi, blackberry, dan juga raspberry.

6. Buah-buahan kering
Buah-buahan yang dikeringkan, memperlancar sistem pencernaan. Selain dalam bentuknya yang segar, buah-buahan yang dikeringkan termasuk sumber serat yang bagus. Kismis, kurma, buah ara, prun/prem, hingga pisang adalah cemilan nikmat yang berfungsi untuk mengatasi sembelit.

7. Oat dan gandum
Kedua jenis serelia ini memberi energi, serta mengandung serat tinggi, yang akan membantu memperlancar sistem pencernaan. Oat dan gandum juga sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan, mengontrol gula darah, menurunkan kolesterol, hingga menyediakan antioksidan untuk tubuh.

Cara mencegah susah buang air besar atau sembelit
Mencegah masalah susah BAB (sembelit) bukanlah hal yang sulit, karena sangat berhubungan dengan pola makan sehari-hari. Sedikit mengubah pola makan sehari-hari, anda bisa terbebas dari sembelit. Mengkonsumsi diet sehat dan seimbang, berarti menyertakan buah dan sayuran, serta minum air yang cukup, sudah cukup untuk menjaga sistem pencernaan anda bekerja sebagaimana mestinya. Boleh sesekali minum jus buah murni dan rajin mengkonsumsi beberapa makanan tersebut di atas juga disarankan untuk membantu mencegah masalah sembelit atau susah buang air besar.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates