Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Makanan untuk Menurunkan Kolesterol secara Alami

Makanan untuk Menurunkan Kolesterol secara Alami

Makanan untuk Menurunkan Kolesterol secara Alami

Makanan untuk Menurunkan Kolesterol secara Alami

Makanan untuk Menurunkan Kolesterol secara Alami

Makanan untuk Menurunkan Kolesterol secara Alami – Bagi mereka yang menderita kolesterol tinggi, ada cara penyembuhan alami yang dapat dilakukan tanpa melibatkan obat-obatan. Anda bisa mengonsumsi sederetan makanan di bawah ini untuk menurunkan kolesterol secara alami:

1. Oat
Oat mengandung beta-glucan yang dapat menyerap kolesterol jahat (LDL) dan membuangnya keluar dari tubuh. Rasa yang kurang sedap seringkali menghentikan untuk mengonsumsi makanan yang berasal dari gandum tersebut. Namun bila Anda ingin menurunkan kolesterol secara alami, maka tak ada ruginya mengganti menu sarapan dengan oat. Bisa juga menambahkan potongan buah seperti blueberry, strawberry, atau pisang sebagai penambah rasa. Dengan mengonsumsi 2 porsi oat selama 6 minggu sudah dapat menurunkan kadar LDL sebanyak 5,3%.

2. Anggur merah
Para ahli mendapati serat tinggi dalam anggur merah jenis Tempranillo (bahan yang biasa dipakai untuk membuat red wine Rioja), dapat menurunkan kadar kolesterol. Pemikiran tersebut diperkuat oleh studi yang diadakan di Universidad Complutense de Madrid (Spanyol). Tim ahli mendapati bahwa mereka yang mengonsumsi suplemen anggur dari bahan yang sama dengan red wine, didapati mengalami penurunan kadar kolesterol hingga 9-12%.

3. Salmon dan ikan berlemak
Asam omega-3 dalam salmon telah terbukti selama bertahun-tahun mampu menjauhkan seseorang dari demensia, penyakit jantung, hingga kolesterol. Menurut para ahli dari Universitas Loma Linda, mengganti makanan yang mengandung lemak jenuh dengan sarden, salmon, atau ikan hering bisa mendongkrak kadar kolesterol baik (HDL) hingga 4%.

4. Kacang-kacangan
Hasil pembelajaran yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition mennyatakan, mereka yang mengonsumsi walnut setiap hari selama sebulan penuh mengalami penurunan kolesterol hingga 5,4%, dengan kadar LDL merosot hingga 9,3%. Bisa juga menggantinya dengan almond, mede, atau edamame.

5. Teh
Antioksidan dalam teh ternyata tak hanya mampu menangkal kanker, namun juga LDL. Menurut penelitian yang diadakan pihak USDA, konsumsi teh hitam bisa menurunkan lipid darah hingga 10% hanya dalam kurun waktu 3 minggu.

6. Biji-bijian
Para ahli dari Arizon State University Polytechnic menyatakan bahwa menambahkan ½ cangkir biji-bijian ke dalam sup dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 8%. Penyebabnya adalah biji-bijian seperti biji bunga matahari, lentil, kacang hitam, merah, maupun pinto mengandung serat tinggi yang memperlambat penyerapan kolesterol dari makanan tertentu saat itu masuk dalam tubuh.

7. Coklat hitam
Studi yang dipublikasikan AJCN menemukan, partisipan yang mengonsumsi bubuk kokoa mengalami peningkatan kadar HDL sebanyak 24% dalam kurun waktu 12 minggu. Pilihlah yang rasanya pahit dan mengandung kokoa tinggi, karena dark chocolate memuat antioksidan 3x lebih banyak sehingga tersumbatnya arteri bisa dicegah.

8. Margarin
Gantilah mentega dengan margarin yang dapat menurunkan kolesterol hingga 3,5%. Demikian saran dari hasil pembelajaran yang dipublikasikan oleh AJCN.

9. Bawang putih
Bawang putih bisa menurunkan kolesterol, mencegah penyumbatan darah, menurunkan tekanan darah, dan  melindungi tubuh dari berbagai infeksi. Jika ingin memerangi kolesterol secara intens, cobalah mengonsumsi 2-4 siung bawang setiap hari.

10. Minyak zaitun
Mengganti minyak goreng dengan minyak zaitun mampu mengikis lemak yang bersarang di perut dan menurunkan kadar LDL dalam tubuh. Selain untuk memasak, bisa juga menggunakan minyak zaitun untuk membumbui salad.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates