Saturday , 27 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Makanan untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Makanan untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Makanan untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Makanan untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Makanan untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Makanan untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi – Diet untuk hipertensi adalah mengurangi asupan natrium, lemak serta alkohol. Sebagai gantinya, disarankan agar mengandung banyak kalium, magnesium dan kalsium. Di bawah ini merupakan beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah, antara lain:

1. Susu skim
Diet untuk tekanan darah tinggi (hipertensi) direkomendasikan berupa makanan kaya kalsium. Susu skim sangat kaya kalsium dan vitamin D, serta rendah lemak, yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah. Gantilah susu yang biasa anda konsumsi menjadi susu skim. Jika anda bukanlah penggemar susu, konsumsi yogurt rendah lemak atau bahkan yang bebas lemak. Berhati-hatilah pada konsumsi yang mengandung banyak gula.

2. Sayuran berdaun hijau
Makanan yang mengandung kalium (potassium) sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah. Lobak hijau, selada, kubis, bayam, adalah jenis sayuran yang tinggi kalium. Bayam, yang sangat rendah lemak, mengandung serat tinggi, dilengkapi dengan berbagai nutrisi yang mendukung jantung sehat seperti juga folat, kalium, magnesium. Paket lengkap untuk menurunkan serta menjaga tekanan darah tetap normal.

3. Buah berry
Aneka buah berry baik untuk mengontrol tekanan darah. Khususnya blueberry, memiliki kandungan senyawa alami flavonoid yang tinggi. Penelitian membuktikan bahwa asupan flavonoid dapat mencegah hipertensi, dan membantu menurunkan tekanan darah. Stroberi, blueberry, raspberry, hingga anggur dan kesemek bisa dijadikan sumber senyawa flavonoid.

4. Kentang
Magnesium dan kalium adalah 2 mineral utama yang terkandung dalam kentang. Ketika kadarĀ  kalium rendah, tubuh akan menghasilkan lebih banyak natrium, dan kadar natrium berlebih akan meningkatkan tekanan darah. Ketika mendapatkan asupan kalium yang baik, tubuh akan menekan kadar natrium.

5. Biji bunga matahari
Biji bunga matahari adalah sumber magnesium yang tinggi. Pilih biji bunga matahari tanpa garam, untuk meminimalisir asupan sodium.

6. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan sangat kaya akan serat terlarut, magnesium dan kalium, yang merupakan resep utama dalam menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Kacang-kacangan bisa dimasukkan dalam berbagai jenis hidangan, baik dalam salad, sup, bahan sayur, dan lain sebagainya. Kacang-kacangan merupakan pilihan mudah dan murah, namun sangat bergizi.

7. Pisang
Satu lagi cara mudah untuk menyertakan kalium dalam menu diet anda adalah dengan mengonsumsi buah pisang. Buah yang satu ini dilengkapi dengan kalium yang tinggi, dan kalium berperan dalam mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Pisang sangat baik dihidangkan saat sarapan ataupun sebagai pelengkap saat makan siang dan malam. Selain daftar di atas, makanan lain yang banyak direkomendasikan untuk menurunkan tekanan darah antara lain buah kiwi, kedelai, semangka, apel, porsi kecil cokelat hitam, hingga sereal yang diperkaya kalsium.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates