Friday , 21 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Pentingnya Kalsium bagi Anak Anda

Pentingnya Kalsium bagi Anak Anda

Pentingnya Kalsium bagi Anak Anda

Pentingnya Kalsium bagi Anak Anda

Pentingnya Kalsium bagi Anak Anda

Pentingnya Kalsium bagi Anak Anda – Saat ini lebih banyak anak-anak usia pertumbuhan yang mengkonsumsi minuman soda daripada susu. Susu merupakan sumber kalsium terbaik. Para remaja juga lebih sering minum minuman bersoda, berkafein, dan alkohol sampai merokok. Padahal semua kebiasaan tersebut akan mempengaruhi cara tubuh menyerap dan menggunakan kalsium.

Anak sangat membutuhkan kalsium selama masa pertumbuhan, mulai dari bayi sampai remaja. Tubuh mereka membutuhkan kalsium untuk membentuk tulang yang kuat. Proses ini berlangsung hingga akhir masa remaja. Kalsium mulai menurun saat berusia dewasa muda, dan terus berkurang seiring pertambahan usia.

Vitamin D sangat penting untuk membantu penyerapan kalsium. Kekurangan asupan kalsium dan vitamin D, sangat beresiko mengalami rakhitis. Rakhitis merupakan gangguan akibat kondisi tulang lemah, yang dapat menyebabkan pertumbuhan yang buruk, seperti kondisi kaki yang menekuk/bungkuk, otot yang lemah dan nyeri.

Kalsium memegang peranan sangat penting untuk memastikan bahwa saraf dan otot berfungsi. Selain itu kalsium berguna dalam pelepasan hormon dan enzim. Jika kadar kalsium sangat sedikit/kurang, maka tubuh akan mengambil kalsium dari tulang untuk menjalankan fungsi-fungsi di atas. Bisa dibayangkan jika tubuh terus mengambil kalsium dari tulang, kalsium tulang akan lebih cepat terkuras sebelum waktunya.

Apabila anak-anak mendapatkan asupan kalsium dan aktifitas fisik yang cukup, maka mereka akan tumbuh dewasa dengan tulang kuat dan sehat.  Untuk mendapatkan kesehatan tulang yang maksimal, asupan kalsium yang direkomendasikan per hari adalah:

Usia                        Asupan kalsium (mg/hari)
– 1 hingga 3 tahun      700 mg/hari
– 4 hingga 8 tahun      1.000 mg/hari
– 9 hingga 18 tahun    1.300 mg/hari
Sebagai tambahan, anak usia 1 – 18 tahun harus mendapatkan 600 IU vitamin D setiap harin.

Susu merupakan sumber kalsium terbaik untuk anak. Sekarang ini banyak produk susu yang diperkaya dengan vitamin D. Namun banyak juga sumber kalsium yang dapat diperoleh bukan dari produk susu (non-dairy). Berikut ini adalah beberapa makanan yang merupakan sumber kalsium tinggi untuk membantu pertumbuhan anak-anak:

– Susu
– Keju
– Yogurt
– Ikan sarden
– Jeruk
– Sayuran berdaun hijau gelap seperti brokoli, collard green, bayam, kubis dan daun kol
– Kacang-kacangan, khususnya kacang almond, kacang kedelai dan kacang merah

Produk-produk yang diperkaya dengan kalsium seperti roti, susu kedelai, jus, cereal, dan lain sebagainya. Periksa label produk untuk mengetahui kandungan kalsium di dalamnya. Selain dari sumber makanan di atas, bisa juga mendapatkan asupan kalsium dari suplemen. Asupan nutrisi dari suplemen sangat penting untuk membantu mengatasi kurangnya asupan kalsium dari makanan, serta memudahkan anda untuk mengontrol asupan harian yang tepat bagi anak dan keluarga. Mengetahui manfaat kalsium, peranan bagi tubuh anak-anak, serta sumber-sumber kalsium, maka tidak ada alasan lagi bagi anda untuk tidak mencukupi asupan kalsium harian anak-anak anda.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates