Friday , 21 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Rahasia Manfaat Kandungan Buah Durian

Rahasia Manfaat Kandungan Buah Durian

Rahasia Manfaat Kandungan Buah Durian

Rahasia Manfaat Kandungan Buah Durian

Rahasia Manfaat Kandungan Buah Durian

Rahasia Manfaat Kandungan Buah Durian – Durian merupakan salah satu buah favorit yang rasanya sangat nikmat, rasa manis dan bau menyengat, akan tetapi selalu dirindukan baunya. Duri tajam yang terdapat pada kulitnya, menjadi salah satu ciri fisik sangat menonjol yang dimiliki oleh buah durian. Selain dengan rasanya enak dan juga manis, buah durian memiliki berbagai manfaat dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Nutrisi buah durian yaitu karbohidrat, kalori, dan juga lemak. Buah durian dikenal dengan king of fruit (raja dari segala buah-buahan) yang kaya akan protein, serat, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, kalsium, kalium dan juga fosfor. Terdapat banyak manfaat untuk kesehatan dari buah durian, namun tidak boleh mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan, diantaranya:

1.    Sumber energi yang sangat baik
Untuk satu porsi buah durian (sekitar 100 gram), sudah mengandung sekitar 20% kebutuhan karbohidrat harian orang dewasa, dengan demikian buah durian efektif untuk menambah energi tubuh dalam beraktifitas. Durian dapat menambah energi tubuh secara instan.

2.    Tubuh tidak mudah lelah
Masih berkaitan dengan hal di atas, bahwa dalam 100 gram buah durian sudah bisa mencukupi sekitar 20% dari kebutuhan karbohidrat harian dengan demikian dapat memberikan tambahan energi secara instan.

3.    Kesehatan otot dan saraf
Tubuh membutuhkan kandungan thiamin atau B1, buah durian bisa diandalkan sebab menjadi sumber thiamin yang baik. Dalam satu porsi buah durian mempunyai kandungan sekitar 30% dari asupan harian thiamin yang pada umumnya, yang sangat baik untuk kesehatan otot serta kesehatan saraf.

4.    Menjaga kekencangan dan kelembaban kulit
Kandungan vitamin C dalam buah durian ini bisa untuk mencegah radikal bebas dan juga dapat menunda proses penuaan pada kulit, selain itu juga bermanfaat sebagai pencerah kulit secara alami. Adapun kandungan flavonoid berguna untuk meregenerasi sel kulit mati. Kandungan vitamin C di dalam buah durian berguna untuk mengatasi permasalahan kulit berupa luka, yang mampu memperbaiki kondisi pembuluh kulit, tulang, dan juga darah. Yang dapat membantu  proses penyembuhan juga lebih cepat.

5.    Menurunkan resiko depresi
Durian menjadi penangkal depresi secara alami, dengan demikian lebih aman dibandingkan dengan menggunakan obat kimia. Dalam buah durian terdapat kandungan vitamin B6 yang berguna untuk memproduksi serotonin. Kandungan serotonin mempunyai manfaat besar dalam menangkal rasa depresi yang dialami, yang dapat membantu jiwa terhindari dari mudah emosi sampai diluar batas, disamping itu juga kita harus melatih diri untuk mampu mencegah emosi.

6.    Untuk tulang Dan Gigi
Kandungan kalsium, kandungan kalium, vitamin B1 dan B2 yang terdapat dalam buah durian mempunyai fungsi untuk menyuplai berbagai nutrisi yang penting dibutuhkan oleh tubuh, dan termasuk berguna menjaga kesehatan tulang dan juga gigi.

7.    Kulit menjadi lebih muda
Buah durian juga mengandung vitamin C yang tinggi, yang berguna untuk menangkal berbagai serangan radikal bebas pada kulit. Kemudian mampu memperlambat proses penuaan pada kulit tubuh. Hal ini sangat penting supaya dapat lebih percaya diri dan  juga menjaga mood.

8.    Menjaga fungsi pencernaan
Kandungan serat yang cukup tinggi dalam buah durian, dapat membantu organ pencernaan agar nantinya dapat bekerja dengan baik, yang penting dalam menghindari tubuh dari berbagai gangguan pencernaan misalnya sembelit dan sulit BAB (buang air besar).

9.    Mengatasi Anemia (kekurangan darah)
Pada Buah durian mengandung folat, tembaga dan zat besi, mempunyai manfaat untuk mengatasi gejala anemia atau kurang darah. Dengan demikian diharapkan tubuh tetap selalu segar dan juga berenergi.

10.    Mengatasi kadar gula darah yang rendah
Buah durian di dalamnya mengandung mangan, yang mempunyai manfaat untuk mengontrol kadar gula darah supaya tetap normal. Akan tetapi jangan berlebihan konsumsi durian sebab justru dapat menimbulkan masalah kagar gula darah yang terlalu tinggi.

11.    Dapat Mengatasi masalah insomnia (sudah tidur)
Kandungan tryptophan yang ada dalam buah durian dapat menenangkan pikiran dan tubuh, dengan demikian buah ini tampaknya cocok jika dikonsumsi bagi penderita insomnia.

12.    Sumber kaya antioksidan dan mineral
Buah durian kaya antioksi dan juga vitamin C. Dalam porsi 100g durian mengandung hingga 20mg vitamin.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates