Thursday , 30 March 2017
Home » Info Kesehatan » Tips Memilih Makanan Bebas Formalin

Tips Memilih Makanan Bebas Formalin

Tips Memilih Makanan Bebas Formalin

Tips Memilih Makanan Bebas Formalin

Tips Memilih Makanan Bebas Formalin

Tips Memilih Makanan Bebas Formalin  – Mengkonsumsi makanan sehat dan juga bergizi tentulah menjadi salah satu tujuan untuk menciptakan hidup sehat, akan tetapi bagaimana apabila makanan tersebut justru banyak mengandung unsur kimiawi berbahaya untuk kesehatan tubuh. Pada saat ini banyak sekali makanan yang ditawarkan dipasaran yang mengandung bahan pengawet dan tentu saja efek dari pengawet tersebut tidaklah baik untuk kesehatan tubuh Anda. Tentu banyak sekali masalah kesehatan yang akan timbul apabila salah mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet serta mengandung bahan kimia yang berbahaya seperti formalin dan boraks.Agar terhindar dari makanan yang mengandung zat yang berbahaya untuk kesehatan tubuh, dengan demikian konsumen harus cermat  memilih. Janganlah sembarangan dalam membeli bahan makanan. Apalagi yang sudah terlihat tanda-tanda mencurigakan dalam bahan makanan itu mengandung zat yang berbahaya.

Berikut beberapa tips makanan sehat serta cara cermat untuk memilih makanan sehat dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), diantaranya:

1. Untuk yang satu ini wajib sekali anda perhatikan, bahwa pemberian label dalam setiap kemasan produk harus anda lihat secara teliti. Pastikan label tersebut terdapat izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan. Dan biasanya tertulis pada label dengan tulisan: POM kemudian disusul dengan nomor izin pendaftaran. Untuk produk makanan hasil industri rumah tangga atau home industry harus anda cermati juga yakni pastikanlah di label makanan terdapat tulisan P-IRT serta juga nomor izin pendaftaran.

2. Tips memilih ikan ataupun sejenis hasil laut lainnya yakni pastikan tekstur ikan masih kenyal, sisik ikan masih masih dalam keadaan utuh, tidak mengelupas, mata ikan masih dalam keadaan menonjol. Ikan yang berformalin tidak akan pernah di hinggapi vektor lalat, dengan demikian apabila anda membeli ikan yang di hinggapi vektor lalat justru harus merasa tenang sebab ikan tersebut tidak mengandung bahan formalin.

3. Tips memilih daging sapi yang baik dan juga sehat yakni pastikanlah jarak waktu antara masa penyembelihan serta penjualan tidak terlalu lama, agar daging yang di konsumsi pun masih dalam kondisi sehat dan juga segar untuk anda masak. Daging sapi yang baik yaitu tekstur serat terlihat jelas serta berwarna segar pada dagingnya.

4. Tips Memilih daging ayam yakni pilihlah daging ayam dengan warna dagingnya putih segar dan  tidak terdapat luka pada daging sera tekstur kulit daging ayam tidak berwarna biru.

5. Pilihlah bahan makanan mentah dan juga segar dengan kondisi warna yang cerah, sehingga anda pasti akan lebih sehat jika memilih beberapa bahan makanan mentah secara cermat dan teliti.

6. Pilihlah makanan yang tidak diawetkan ataupun mengandung bahan pengawet sebab hal ini bisa memberikan kebaikan yang nyata untuk kesehatan tubuh anda. Memang mengkonsumsi makanan dengan tanpa pengawet nampaknya sedikit repot namun hal ini justru secara tidak langsung akan membantu menjaga kesehatan tubuh.

7. Apabila anda berniat untuk membeli makanan yang berwarna alangkah baiknya  baca dan cermati jenis  bahan pewarna yang digunakan dalam kemasan makanan dan juga perhatikan banyak pemberian pewarna yang digunakan dalam produk makanan tersebut.

8. Untuk produk makanan ataupun minuman yang tidak dikemas secara khusus, alangkah baiknya  pilihlah makanan atau minuman dengan warna yang tidak terlalu mencolok. Hindarilah makanan dengan warna merah, kuning maupun warna hijau yang terlihat mencolok. Sebab bisa saja warna yang terlalu mencolok itu bukanlah menggunakan dari pewarna makanan, namun menggunakan bahan pewarna tekstil yang tentunya sangat berbahaya untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates