Sunday , 22 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Wortel untuk Melawan Kanker

Wortel untuk Melawan Kanker

Wortel untuk Melawan Kanker

Wortel untuk Melawan Kanker

Wortel untuk Melawan Kanker

Wortel untuk Melawan Kanker – Kanker adalah penyakit yang diakibatkan oleh pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lain sehingga dapat menyebabkan kematian. Kanker lebih dikenal oleh masyarakat sebagai tumor, padahal tidak semua tumor adalah kanker. Tumor merupakan segala benjolan tidak normal atau abnormal. Tumor dibagi dalam 2 golongan, yaitu jinak dan ganas. Kanker adalah istilah lain untuk semua jenis tumor ganas. Kanker dapat menimpa semua orang, pada semua gologan umur, namun lebih sering menimpa orang yang berusia lebih dari 40 tahun.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa wortel berpotensi menjadi terapi bagi kanker. Nutrisi yang terkandung dalam wortel mampu meringankan dan meningkatkan kondisi penderita kanker. Agar lebih mudah dikonsumsi, wortel disajikan dalam bentuk jus. Wortel penuh dengan vitamin, mineral, dan zat-zat yang penting untuk kesehatan. Sayuran ini mengandung vitamin A, B1, B6, C, D, E, K, bersama dengan kalsium, sulfur, tembaga, klorin, beta karoten, zat besi, magnesium, fosfor, natrium dan kalium. Masing-masing vitamin dan mineral ini berperan untuk melawan kanker. Berikut ini adalah berbagai nutrisi wortel yang berguna memerangi kanker:

1. Vitamin E
Kandungan wortel yang mampu melawan kanker adalah vitamin E yang memiliki 3 bentuk kimia – alpha, beta dan gamma tokoferol. Semua bentuk ini disebut vitamin E kompleks. Menurut sebuah studi, vitamin E sangat penting untuk menjaga pertumbuhan dan pembelahan sel agar jaringan tetap sehat. Uji coba di laboratorium menunjukkan jaringan kanker tidak tumbuh saat ditempatkan dalam serum darah sarat dengan vitamin E. Selain itu, vitamin E dikenal meningkatkan kekebalan dan kekuatan tubuh yang akan membantu memerangi kanker.

2. Vitamin A
Kandungan vitamin A pada wortel sudah begitu dikenal mampu meningkatkan kesehatan mata. Dalam 200 gram jus wortel diketahui memiliki 50.000 unit atau lebih vitamin A. Vitamin A juga membantu perawatan kanker. Seorang ahli diet dikatakan mampu menyembuhkan seorang wanita yang menderita kanker perut hanya dengan meminum jus wortel.

3. Beta Karoten
Jus wortel dapat mencegah kanker kulit dan kanker payudara karena beta karoten yang dikandungnya. Beta karoten merupakan antioksidan ampuh menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Zat ini efektif mencegah degenerasi sel yang terjadi dalam tubuh serta dapat melawan karsinogen penyebab kanker.
Nutrisi lain seperti vitamin B dan vitamin C pada jus wortel berguna memperlancar metabolisme, meningkatkan kesehatan gigi dan tulang, memperbaiki pencernaan, meningkatkan penglihatan, mempromosiakan kulit indah, menguatkan sistem kekebalan tubuh, dan lain-lain.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates