Wednesday , 18 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Beberapa Cara untuk Mencegah Hamil Anggur

Beberapa Cara untuk Mencegah Hamil Anggur

Beberapa Cara untuk Mencegah Hamil Anggur

Beberapa Cara untuk Mencegah Hamil Anggur

Beberapa Cara untuk Mencegah Hamil Anggur

Beberapa Cara untuk Mencegah Hamil Anggur – Mungkin beberapa dari Anda pernah mengalami hamil anggur, sehingga mencari saat ini sedang cara bagaimana mencegah kehamilan anggur agar tidak terulang kembali. Hingga saat ini penyebab utama hamil anggur yang terjadi pada seorang wanita belum di ketahui secara pasti. Akan tetapi, kemungkinan yang di yakini oleh para tim medis serta para peneliti, penyebab hamil anggur atau mola hidatidosa ialah dikarenakan kekurangan nutrisi.

Pernyataan ini bukan tidak berdasarkan dari sebuah fakta, karena angka penderita hamil anggur ini paling banyak terjadi di negara-negara berkembang seperti di Asia serta Afrika dengan angka perbandingan 1:100 kehamilan. Sedangkan di negara maju seperti di Eropa serta Amerika angka kejadiannya memiliki rasio sebesar 1:1000 kehamilan.

Terdapat salah seorang wanita yang pernah mengalami hamil anggur lalu kemudian bercerita di blog pribadinya dan mengungkapkan keraguannya jika penyebab hamil anggur yang dia alami ialah dikarenakan kekurangan gizi sebab asupan makanan yang ia konsumsi selalu cukup dan bernutrisi. Oleh karena itu sampai saat ini penyabab pasti terjadinya hamil anggur belum dapat terjawab sepenuhnya. Proses terbentuknya hamil anggur mempunyai beberapa teori diantaranya ialah karena sel telur yang tidak sehat / kelainan kromosom dalam proses pembuahan sehingga pembuahan yang awalnya harus berkembang menjadi janin justru berkembang menjadi jaringan mola berbentuk gelembung kecil seperti anggur Penyebab kelainan sel telur (ovum) dan kromosom ini di duga karena tubuh berada dalam kondisi yang kurang baik akibat nutrisi tubuh yang tidak terpenuhi semuanya.

Berkaitan dengan cara pencegahan hamil anggur, ternyata metode terbaiknya ialah dengan merencanakan kehamilan dengan baik. Alasan mengapa merencanakan kehamilan itu penting? Karena dengan perencanaan yang tepat dan matang, kita bisa mengurangi resiko-resiko yang mungkin dapat terjadi di kemudian hari. Berikut uraian mengenai beberapa cara terbaik untuk mencegah hamil anggur :

1. Asuhan Prakonsepsi
Praktek dari penyusunan rencana kehamilan (asuhan prakonsepsi) ialah dengan cara mempersiapkan diri secara matang baik bagi calon ibu maupun bagi calon ayah yang harus mempunyai kondisi tubuh yang sehat serta bugar.

2. Mengonsumsi makanan sehat dan seimbang
Kondisi yang baik ketika masa prakonsepsi akan tercapai jika calon ibu dan calon ayah mengonsumsi makanan sehat serta seimbang dan disertai dengan olahraga yang cukup.
Bagaimakah contoh makanan yang sehat dan seimbang, serta apa hubungannya dengan hamil anggur? Makanan yang sehat dan seimbang ialah setiap makanan yang kita konsumsi sesuai dengan kebutuhan nutrisi harian tubuh, contohnya jika setiap harinya tubuh kita membutuhkan kalsium sebanyak 700 hingga 1000mg, maka artinya kita harus mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan total kalsium 700 sampai 1000mg setiap harinya. Hal ini juga berlaku bagi nutrisi lainnya seperti asam folat, berbagai vitamin serta mineral.
Jika tubuh kita terpenuhi kebutuhan nutrisinya maka semua organ tubuh kita akan bisa bekerja dengan normal termasuk organ reproduksi yang memiliki peranan penting di dalam proses kehamilan normal, hal ini bisa memperkecil kemungkinan atau resiko terjadinya hamil anggur.

3. Periksakan diri ke dokter
Bagi Anda yang pernah mengalami hamil anggur, salah satu cara untuk mencegahnya kembali ialah dengan memeriksakan tubuh ke dokter kandungan guna memastikan apakah Anda telah siap untuk hamil lagi. Apabila dokter telah mengijinkan Anda untuk hamil kembali maka alangkah lebih baik jika tetap membuat perencanaan kehamilan guna mempersiapkan diri dengan baik dari segi kesehatan ataupun dari segi ekonomi.

Kesimpulan yang bisa kita ambil dari artikel kali ini ialah sebaiknya sebelum hamil pastikannlah tubuh kita (calon ayah dan calon ibu) berada dalam kondisi yang sehat serta bugar agar semua organ tubuh bisa bekerja dengan normal sehingga setiap hal yang menjadi faktor resiko terhadap kehamilan seperti kehamilan anggur, kehamilan ektopik dan lain-lain dapat di minimalisir. Dengan demikian Anda juga sudah melakukan pencegahan awal dari terjadinya hamil anggur atau mola hidatidosa.
Semoga artikel ini bisa menambah informasi serta bermanfaat bagi anda.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates