Thursday , 30 March 2017
Home » Bisnis » Bisnis Kue Kering Dari Olahan Sukun

Bisnis Kue Kering Dari Olahan Sukun

Bisnis Kue Kering Dari Olahan Sukun

Bisnis Kue Kering Dari Olahan Sukun

Bisnis Kue Kering Dari Olahan Sukun

Bisnis Kue Kering Dari Olahan Sukun – Meski persaingan pasar di bisnis kue kering sekarang ini sudah lumayan cukup padat, Anda dapat mencoba menciptakan kreasi kue kering baru yang belum pernah ada sebelumnya di pasaran. Salah satunya saja seperti mencoba membuat kue kering dari olahan sukun yang tidak kalah lezat dengan produk kue kering lainnya.

Konsumen
Tidak jauh berbeda dengan citarasa dari kue kering yang terbuat dari tepung terigu, kue kering dari olahan sukun juga mempunyai citarasa yang cukup lezat dan juga tekstur kue yang tidak kalah bagus. Para pebisnis dari kue kering membidik semua lapisan masyarakat sebagai calon konsumen yang potensial. Sebut saja seperti konsumen rumah tangga, toko swalayan,  instansi pemerintahan, supermarket dan perkantoran, yang biasanya membutuhkan aneka kue kering untuk bingkisan parsel untuk para karyawannya.

Info Bisnis
Memanfaatkan tepung sukun sebagai alternative untuk pengganti tepung terigu, merupakan salah satu ide kreatif yang dapat Anda jalankan untuk bisa menarik minat calon konsumen. Tingginya permintaan dari pasar dan juga ketatnya persaingan bisnis kue kering, menuntut para pelaku bisnis untuk bisa lebih kreatif dan juga inovatif di dalam memproduksi aneka kue kering.

Nutrisi yang terdapat pada tepung sukun yang disinyalir mengandung pati sekitar 60% dan juga kandungan karbohidratnya kurang lebih 18%,  menjadikan tepung sukun ini sering dimanfaatkan sebagian besar masyarakat sebagai sumber karbohidrat yang mempunyai nilai jual cukup tinggi di pasaran. Berikut ini kami informasikan beberapa poin penting yang perlu Anda dipersiapkan untuk merintis peluang bisnis kue kering dari olahan tepung sukun :

1. Bila modal usaha Anda terbilang minim, untuk merintis bisnis kue kering dari olahan tepung Anda tidak perlu untuk menyewa tempat khusus sebagai ruang produksi maupun tempat berjualan. Dalam hal ini Anda dapat memanfaatkan dapur rumah Anda sebagai tempat untuk produksi dan juga menitipkan produk kue kering di beberapa toko swalayan, supermarket, atau juga toko kue yang ada di sekitar lokasi usaha Anda.

2. Persiapkan bahan dan juga alat dengan lengkap, supaya proses produksi tak terkendala suatu apapun. 3. Lengkapi produk kue kering dengan kemasan yang sangat menarik. Untuk meningkatkan nilai jual dari produk kue kering sukun, Anda dapat menambahkan kemasan produk seperti misalnya toples unik supaya produk Anda terlihat lebih cantik dan juga menarik.

3. Terimalah pesanan langsung dari para konsumen untuk meningkatkan omzet penjualan kue kering lebaran.

4. Perluaslah jaringan pemasaran Anda baik itu secara online maupun offline.

Resep
Bahan:
1. 350 gram mentega tawar
2. 2 kuning telur ayam
3. 40 ml putih telur ayam (dari 1 butir telur ayam)
4. 350 gram tepung sukun
5. 100 gram tepung terigu khusus untuk kue kering
6. 200 gram keju edam
7. 1½ sdt garam
8. 100 gram keju cheddar, parut
9. Olesan, kocok 2 kuning telur ayam

Cara Membuat:

1. Aduk mentega dan telur dengan mixer berkecepatan sedang sampai rata. Tambahkan sedikit demi sedikit tepung sukun, tepung terigu, dan juga keju edam. Kocok kembali hingga adonan tersebut benar-benar rata.

2. Pipihkan adonan dengan tipis sekitar 7 menint lalu potong  ukuran 5 x 1 cm. Supya Anda dapat melakukannya dengan cepat, bisa dicetak dengan menggunakan cetakan kastengel.

3. Olesi permukaan dari kue dengan bahan olesan kuning telur yang telah dikocok lalu taburi atasnya dengan parutan keju cheddar.

4. Panggang kastengel di dalam oven yang bersuhu 130º C sampai matang (± 20 menit) dan Angkat lalu sisihkan hingga kue kering dingin.

5. Masukkan ke dalam kemasan toples dan akhirnya produk kue sukun siap untuk dipasarkan.

Keuntungan Bisnis
Selain permintaan pasarnya yang cenderung terus meningkat, produk dari kue kering dari olahan sukun belum banyak diproduksi oleh para pelaku usaha di Indonesia. Kelebihan tersebut tentunya akan menjadi salah satu nilai tambah yang banyak diminati oleh para konsumen, sehingga tidak menutup kemungkinan jika bisnis kue kering sukun yang Anda jalankan dapat berhasil memenangkan persaingan pasar.

Kendala Bisnis
Meningkatnya harga dari bahan baku menjadi salah satu kendala yang sering dihadapi oleh para pelaku bisnis kue kering. Disamping kendala tersebut, para pelaku bisnis kue kering elalu dihadapkan dengan ketatnya persaingan yang ada di pasar oleh karena itu berikan nilai tambah pada produk Anda supa yakonsumen tertarik membeli kue kering sukun yang diproduksi dan supaya anda tidak terusir dari ketatnya persaingan di pasar.

Strategi Pemasaran
Keunikan dari bahan baku sukun yang Anda gunakan, menjadi satu nilai tambah yang bisa Anda tonjolkan ketika mengadakan suatu kegiatan promosi. Mengingat tepung sukun mempunyai kandungan nutrisi yang cukup tinggi dan juga masih sangat jarang digunakan para produsen kue kering lainnya, Anda dapat mempromosikan produk kue kering tersebut pada keluarga besar Anda kemudian kepada rekan kantor ataupun tetangga-tetangga di sekitar rumah. Biasanya, mereka akan lebih senang bila ditawari produk kue kering dengan sistem memesan, sebab mereka dapat memesan produk kue kering sesuai dengan pilihan dari rasa yang disukai oleh mereka. Berikan suatu layanan delivery service ke beberapa pelanggan supaya mereka tidak segan-segan memesan aneka kue kering di tempat Anda. Anda juga bisa menggandeng beberapa toko kue atau supermarket atau toko swalayan, atau juga jasa pembuatan parcel yang bisanya membutuhkan stok persediaan kue kering di dalam jumlah yang cukup besar.

Kunci Sukses
Kendati Anda menggunakan tepung dari sukun dalam memproduksi aneka kue kering, namun pastikan produk Anda tidak kalah bersaing dengan produk serupa milik pesaing. Tiga kunci kesuksesan yang perlu Anda coba perhatikan di dalam menjalankan bisnis kue kering adalah pertama pilih bahan baku yang berkualitas lalu lengkapi dengan kemasan produk yang menjual dan pastikan Anda memproduksi kue kering yang banyak dicari para konsumen.

Analisa Ekonomi
Asumsi
Untuk proses produksi dilakukan dari rumah tanpa biaya sewa
setiap toples kue kering sukun dihargai Rp 30.000,00

1. Modal awal
Untuk modal oven = Rp 1.500.000,00
Untuk modal mixer = Rp 500.000,00
Untuk modal loyang roti @ Rp 30.000 x 10 buah = Rp 300.000,00
Untuk modal peralatan (cetakan, pisau, baskom) = Rp 200.000,00
Untuk modal timbangan digital  = Rp 500.000,00+
Total modal awal  =  Rp 3.000.000,00

2.Pengeluaran
Biaya penyusutan
Peralatan akan mengalami penyusutan investasi selama selama 3 tahun :
= 1/36 x Rp 3.000.000,00  = Rp 83.300,00 per bulan
Biaya operasional setiap bulan
Biaya untuk toples bahan baku seperti tepung sukun, margarine, dll = Rp 9.000.000,00
Biaya untuk toples =Rp 2.500,00 x 500 toples  = Rp 1.250.000,00
Biaya untuk toples label produk, pita kemasan, dll  = Rp 200.000,00
Biaya untuk transportasi dan promosi = Rp 500.000,00
Biaya untuk penyusutan = Rp 83.300,00+
Total dari pengeluaran per bulan = Rp 11.033.300,00

3. Pendaptan per bulan
Penjualan =  Rp 30.000 x 500 toples  = Rp 15.000.000,00

4. Keuntungan
Rp 15.000.000,00 – Rp 11.033.300,00 =   Rp 3.966.700,00

Semoga informasi mengenai peluang bisnis kue kering yang memanfaatkan olahan sukun ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca dan juga menjadi salah satu inspirasi bisnis yang bisa dijalankan para pemula……..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates