Sunday , 26 March 2017
Home » Info Kesehatan » Ciri TBC Tulang Belakang

Ciri TBC Tulang Belakang

Ciri TBC Tulang Belakang

Ciri TBC Tulang Belakang

Ciri TBC Tulang Belakang

Ciri TBC Tulang Belakang – TBC tidak hanya terjadi pada paru-paru saja, akan tetapi juga terjadi pada tulang. TBC tulang yang terserang yaitu tulang belakang. TBC tulang belakang tidak boleh terlambat ditangani sebab bisa menyebabkan suatu yang sangat fatal. TBC merupakan suatu keadaan dimana bagian tubuh yang terserang terkena suatu bakteri mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini dapat menganggu darah termasuk pada aliran darah. TBC memang dapat terjadi di luar paru-paru, salah satunya yaitu TBC yang terjadi pada tulang belakang.

Bagian tulang belakang yang terserang virus ini yaitu pada bagian tulang belakang yang berada di setinggi pinggang iga, yakni di bagian tulang atas dan dibagian bawah. Ketika bakteri ini menyebar ke dua bagian dimana akan terdapat bantalan pada verterbra itu. Yang juga biasa disebut dengan intervertebralis.
Di bagian yang terserang vertebralis dapat mengalami kesulitan mendapatkan nutrisi sebab dihalangi oleh bantalan yang berada pada kedua bantalan tersebut. Dengan hal ini tulang belakang akan menjadi kehilangan kelenturan serta menyebabkan kerusakan pada tulang belakang. Pada keadaan ini dapat menyerang bagian tubuh secara terus menerus yang dapat menyebabkan kesulitan bergerak pada penderitanya, seperti halnya orang Stroke. Adapun tanda-tanda pada penderita TBC tulang belakang diantaranya:

1.    Sakit punggung
Sakit punggung yang dapat dirasakan yaitu sakit punggung pada bagian tertentu. Sakit punggung ini dapat terjadi pada iga atas serta iga bawah. Sakit punggung yang dapat dirasakan jika semakin lama tidak segera diobati bisa menyebabkan kesulitan bergerak pada penderitanya. Hal tersebut karena lama kelamaan jika TBC menyerang terus bagian tulang belakang akan menyebabkan tulang belakang tidak akan menerima nutrisi serta akan kekurangan kelenturannya. Dengan demikian akan menjadi sakit dalam bergerak.

2.    Berat badan menurun
Berat badan pada penderita TBC tulang akan menjadi menurun, bahkan dapat menurun sangat drastis. Seorang yang menderita TBC tulang belakang pasti memilih untuk menstabilkan badan serta banyak mengkonsumsi makanan seperti pada makanan yang mengandung omega 3, dalam makanan yang mengandung protein, makanan yang mengandung kalori yang juga bisa membantu mengembalikan imun tubuh.

3.    Tubuh menjadi bungkuk
Pada saat tulang belakang tidak bisa bekerja dengan normal dengan demikian tubuh menjadi bungkuk, sebab tulang belakang tidak bisa menahannya lagi. Hal tersebut tentu tidak diinginkan bagi setiap orang sebab bisa menyebabkan ketidak percayaan diri.
4.    Terdapat kelainan pada syaraf
Keadaan seperti ini tidak hanya akan menyerang pada bagian tulang belakang saja, akan tetapi dapat menyerang pada bagian syaraf lainya dengan demikian bagian syaraf-syaraf tertentu akan merasakan sakit.

5.    Muncul benjolan pada selangkangan
Benjoan pada selangkanan akan sering terjadi seiring berkembangnya virus tuberculosis.

6.    Pegal-pegal
Cepat lelah akan sering dialami pada mereka yang menderita penyakit. Mudah lelah dapat menyerang bagian tubuh apalagi pada bagian organ yang terserang TBC, yang akan merasakan lebih pegal.

7.    Nafsu makan berkurang
Nafsu makan pada penderita penyakit TBC pasti akan berkurang secara drastis.

8.    Bengkak pada tubuh
Bengkak akan terjadi pada bagian tubuh tertentu, tepatnya di bagian yang terserang virus TBC.

9.    Merasakan tubuh yang dingin
Demam biasanya menyebabkan tubuh menjadi dingin. Tanda tanda TBC tulang dapat mengalami demam. Tubuh akan merasa dingin padahal suhu badannya sangat panas.

10.    Kejang otot di malam hari
Kejang yang terjadi pada penderita TBC tulang akibat demam yang terlalu tinggi.

11.    Batuk berdahak
Gejala Batuk menjadi ciri utama dari penyakit TBC, baik TBC tulang maupun TBC paru.

12.    Sesak nafas
Batuk berdahak bisa menyebabankan sesak pada nafas. Sebab kesulitan untuk mengumpulkan oksigen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates