Saturday , 27 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Jenis Makanan Penurun Trigliserida Tinggi

Jenis Makanan Penurun Trigliserida Tinggi

Jenis Makanan Penurun Trigliserida Tinggi

Jenis Makanan Penurun Trigliserida Tinggi

Jenis Makanan Penurun Trigliserida Tinggi

Jenis Makanan Penurun Trigliserida Tinggi – Trigliserida adalah jenis lemak yang ada di aliran darah manusia dan juga zat ini selalu ada di dalam darah manusia. Trigliserida pun tidak hanya berasal dari minuman dan juga makanan yang masuk ke dalam tubuh, akan tapi sebenarnya trigliserida dapat diketahui sebagai hasil produksi tubuh manusia yang dapat dikenal berupa sumber energi.

Perlu diketahui bahwa hasil konversi kalori yang tidak digunakan dan tersimpan sebagai penyedia cadangan tenaga untuk tubuh selama ini yaitu trigliserida. Dengan demikian seseorang yang mengonsumsi kalori berlebih, otomatis berisiko kadar trigliserida di dalam tubuh pun akan meningkat. Pada saat trigliserida semakin tinggi, otomatis meningkatkan resiko penyakit jantung.

Berikut ini merupakan daftar makanan sebagai penurun trigliserida yang dapat di konsumsi pada saat diketahui kadarnya sedang tinggi, sebagai berikut:

1.    Buncis
Buncis mengandung serat yang tinggi, buncis dapat mencegah kenaikan trigliserida, gula darah serta kolesterol.

2.    Seledri
Seledri mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi dengan demikian mampu melindungi tubuh dari banyak penyakit kronis. Dalam menurunkan trigliserida dan bahkan sebagai pencegah oksidasi LDL atau kolesterol jahat.

3.    Apel
Buah apel kaya akan serat larut maupun tak larut dimana buah ini dipercaya sebagai pengusir gejala penyakit, juga dapat menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol.

4.    Beras Merah
Untuk menurunkan kadar trigliserida yang sangat tinggi, maka bisa dapat mengkonsumsi nasi merah. Sebab dapat menurunkan kadar trigliserida, beras merah juga baik untuk menurunkan gula darah tergolong tinggi.

5.    Bawang Putih
Hasil studi menyimpulkan bahwa bawang putih dengan kurang dari setengah siungnya dapat menurunkan trigliserida dan kolesterol sampai 12 persen.

6.    Brokoli
Sayuran brokoli merupakan salah satu jenis sayur sehat yang dapat membuat kadar kolesterol turun dengan baik. Dengan kandungan serat tinggi dalam brokoli bisa menjadi pengikat asam empedu pada sistem kemih dan juga pencernaan.

7.    Bayam
Selain dalam brokoli, makanan penurun trigliserida yaitu bayam dan ini akibat adanya kandungan lutein tinggi di dalam sayur bayam. Namun hanya untuk penderita trigliserida dan asam urat tinggi, namun bayam kaya akan purin dengan demikian akan memperburuk kondisi asam urat.

8.    Oatmeal
Oatmeal merupakan makanan baik untuk mencegah penyakit jantung koroner. Sakit jantung dapat terjadi sebagai akibat dari kadar trigliserida yang tinggi, dengan demikian jika mengkonsumsi oatmeal secara rutin, dapat menurunkan kadar trigliserida.

9.    Tomat
Tomat mengandung likopen yang dapat menurunkan kadar trigliserida tinggi.

10.    Lemon
Penderita yang mengalami kadar tinggi trigliserida harus menjauhi makanan-makanan yang berlemak, berkalori dan juga berkolesterol tinggi.

11.    Kayu Manis
Kayu manis merupakan jenis rempah yang menawarkan banyak manfaat untuk tubuh salah satunya yaitu sebagai penurun trigliserida, LDL dan juga gula darah tinggi.

12.    Salmon
Salmon diketahui sebagai sumber makanan yang kaya omega-3, dimana kandungan tersebut sangat baik untuk perkembangan kesehatan pada otak. Selain bermanfaat untuk kesehatan otak, juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi serta trigliserida tinggi.

13.    Gandum
Dengan mengkonsumsi gandum dengan demikian dapat menurunkan kadar trigliserida yang tinggi, dan dapat menurunkan kolesterol yang tinggi.

14.    Alpukat
Alpukat diketahui baik untuk kesehatan kulit sebab kandungan vitamin E-nya yang sangat tinggi. Selain itu mampu menurunkan kadar kolesterol jahat serta trigliserida tinggi.

15.    Cuka Sari Apel
Cuka sari apel diketahui mempunyai kemampuan dalam menurunkan kadar tekanan darah yang tinggi. Karena kadar kalori di dalamnya rendah, dengan demikian sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates