Thursday , 30 March 2017
Home » Info Kesehatan » Jenis Makanan Yang Dapat Memperlancar Asi

Jenis Makanan Yang Dapat Memperlancar Asi

Jenis Makanan Yang Dapat Memperlancar Asi

Jenis Makanan Yang Dapat Memperlancar Asi

Jenis Makanan Yang Dapat Memperlancar Asi

Jenis Makanan Yang Dapat Memperlancar Asi – Pada saat mengandung, hormon di dalam tubuh akan memberitahu payudara untuk mulai dalam membuat ASI. Apabila setelah melahirkan, tubuh tidak akan tahu persis berapa banyak ASI yang akan dibutuhkan. Ini adalah waktu yang terbaik untuk membangun suplai ASI. Kebutuhan beberapa nutrisi ini dapat meningkatkan produksi ASI pada saat wanita dalam kondisi menyusui, hal ini dikarenakan sang ibu harus membagi sumber gizi dengan sang bayi. Berikut beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI adalah:

1. Daun katuk
Sayuran ini mungkin masih sedikit agak asing untuk sebagian orang, sebab tidak terkenal seperti bayam ataupun kangkung. Akan tetetapi daun katuk mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, terutama dalam memproduksi ASI selama masa menyusui.

2. Bawang putih
Bawang putih dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, selain bisa bertindak sebagai antibiotik yang alami, bawang putih dapat digunakan untuk melancarkan ASI.

3. Ikan salmon
Ikan laut pada dasarnya merupakan sumber terbaik asam lemak omega 3, seperti pada ikan salmon. Selain dapat berguna mencerdaskan otak, omega 3 juga merupakan nutrisi penting dalam meningkatkan kualitas ASI.

4. Biji wijen
Biji wijen merupakan makanan yang mengandung tinggi kalsium, serta salah satu dari makanan yang dapat melancarkan ASI. Selain kalsium, biji wijen juga mengandung aneka mineral lainnya yang sangat dibutuhkan selama menyusui.

5. Sayur wortel
Salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk memperbanyak ASI yaitu vitamin A, dimana kandungan nutrisi ini sangat banyak ada dalam wortel.

6. Daun kemangi
Daun kemangi merupakan sumber antioksidan penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Daun kemangi mempunyai efek menenangkan yang penting pada saat menyusui. Hal ini pada gilirannya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak.

7. Gandum
Gandum merupakan jenis biji-bijian yang mempunyai banyak nutrisi penting terutama yang dibutuhkan untuk memperbanyak ASI. Gandum bisa diolah menjadi berbagai macam makanan misalnya sereal gandum, roti gandum yang utuh, atau dapat membuatnya menjadi bubur. Sangat disarankan untuk anda dapat mengolah gandum sendiri supaya lebih aman sebab tanpa tambahan pengawet serta pemanis buatan.

8. Buah kurma
Buah kurma sudah diketahui cukup ampuh untuk memperbanyak kuantitas ASI sebab memiliki banyak kandungan nutrisi penting. Alasan tersebut pula yang menjadikan buah kurma sangat dianjurkan untuk menu berbuka puasa. Buah ini mempunyai kandungan yang tinggi gula alami yang dapat memberikan energi, dimana pada masa ini seorang ibu sangat membutuhkan banyak energi. Belum lagi terdapat kandungan vitamin serta mineralnya yang melimpah akan membuat kurma menjadi makanan ideal dalam meningkatkan kualitas ASI.

9. Fenugreek
Fenugreek merupakan ramuan yang dipercaya bisa meningkatkan pasokan ASI. Di negara India, fenugreek sering dimasak bersama mentega dan gula. Sedangkan di negara amerika serikat, beberapa ibu menyusui minum teh fenugreek ataupun dengan mengambil suplemen fenugreek dengan bentuk kapsul agar dapat memperbanyak ASI mereka. Perlu di ingat, memperbanyak ASI didasarkan untuk kebutuhan sang bayi, dengan demikian kebutuhan antara anak laki-laki serta perempuah kemungkinan akan sangat berbeda.

10. Sayur bayam
Bayam menjadi penutup daftar makanan yang berfungsi untuk memperbayak ASI, meskipun bayam ini seharusnya menempati posisi paling atas. Sayur bayam ini memang sangat luar biasa dalam hal kandungan nutrisi serta manfaatnya untuk kesehatan. Selama menyusui seorang ibu dituntut memperbanyak asupan sayur segar misalnya sayur bayam. Beberapa nutrisi dalam bayam sebagai berikut: zat besi, kandungan mangan, zinc, kandungan selenium, vitamin A, vitamin C, vitamin K, flavonoid dan serat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates