Saturday , 27 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Jenis Makanan Pendamping ASI Terbaik Untuk Bayi

Ketahui Jenis Makanan Pendamping ASI Terbaik Untuk Bayi

Ketahui Jenis Makanan Pendamping ASI Terbaik Untuk Bayi

Ketahui Jenis Makanan Pendamping ASI Terbaik Untuk Bayi

Ketahui Jenis Makanan Pendamping ASI Terbaik Untuk Bayi

Ketahui Jenis Makanan Pendamping ASI Terbaik Untuk Bayi – Selepas usia 6 bulan, kini bayi sudah cukup siap untuk diberikan makanan pendamping lain selain hanya ASI yang dapat dikonsumsinya selama ini. Pada usia 6 bulan dikarenakan sistem pencernaan pada bayi sudah mulai siap untuk menerima jenis dan tekstur makanan lain yang lebih padat jika dibandingkan pada waktu sebelumnya. Pada usia ini memungkinkan perut mungilnya serta organ sistem pencernaan termasuk bagian kerongkongannya sudah cukup siap mencerna makanan pendamping ASI yang lebih padat dengan demikian akan mampu dialirkan hingga ke bagian sistem pencernaan dalam dengan baik.Nah beberapa daftar jenis makanan bayi sehat yang baik serta dianjurkan untuk diberikan pada bayi sebagai makanan pendampingnya, sebagai berikut:

1. Bubur Susu
Bubur susu pada umumnya adalah jenis makanan yang paling banyak dianjurkan agar diberikan pada bayi sebagai makanan pendamping ASI untuk pertama kali. Jenis makanan ini merupakan makanan padat yang memang baik jika diberikan dan diperkenalkan pertama pada bayi. Selain rasanya yang lezat, tekstur bubur susu yang alangkah baiknya dibuat lebih encer yang dapat menjadi santapan pertama yang sehat supaya bayi bisa beradaptasi dengan lebih baik.2. Bubur Susu Kentang
Bubur susu kentang merupakan sajian bubur yang cocok diberikan pada bayi yang baru saja menginjak usia 6 bulan. Variasi makanan pada bayi dianjurkan agar bayi tidak merasa bosan akibat selalu mengkonsumsi dengan jenis makanan yang sama secara berulang.

3. Bubur Sayur
Bayi perlu mengkonsumsi berbagai jenis sayuran untuk menjaga kesehatan tubuhnya serta untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh bayi. Bubur sayur merupakan salah satu jenis makanan sehat yang baik serta direkomendasikan untuk diberikan pada bayi yang berusia 6 bulan.

4. Labu Kuning
Jenis makanan buah yang satu ini seringkali dapat dijadikan bahan untuk membuat berbagai macam aneka makanan, mulai dari makanan yang manis sampai dengan makanan yang asin. Tidak jarang, labu kuning juga seringkali dapat dijadikan bahan campuran dalam membuat kolak pada saat Ramadhan. Dan rupanya, bukan hanya mempunyai rasa yang lezat serta nikmat disantap orang dewasa, bahan makanan yang satu ini pun sangat baik jika diberikan pada bayi.

Selain yang kaya akan serat, labu kuning juga mempunyai kandungan vitamin C dan A yang berlimpah. Ibu bisa memberikan bahan makanan ini pada bayi dengan mengolahnya baik dipanggang ataupun direbus.

5. Kacang Lentil
Dilihat sekilas kacang ini lebih mirip dengan jenis kacang hijau. Bahkan dibeberapa tempat terdapat yang menyebut kacang ini dengan menyebutnya miju-miju. Meskipun bentuk secara keseluruhan mirip dengan jenis kacang hijau, akan tetapi yang membedakan pada kacang ini hanyalah warnanya saja yang tidak mirip dengan kacang hijau. Jenis kacang ini cocok jika dijadikan sebagai makanan bayi yang sehat. Tidak heran, jika jenis makanan ini masuk dalam daftar makanan yang terbaik untuk diberikan pada bayi karena mempunyai kandungan serat serta protein yang tinggi.

6. Brokoli
Jenis makanan yang sehat lainnya untuk bayi yaitu dengan memberikan brokoli. Salah satu jenis sayuran ini mungkin sudah tidak asing di dengar, sebab sayur brokoli mempunyai segudang manfaat serta nutrisi yang baik diberikan kepada bayi. Kandungan folat, kalsium dan juga serat yang ada dalam brokoli akan membuatnya baik serta direkomendasikan diberikan pada bayi.

7. Blueberries
Buah yang berwarna khas biru tua ini berasal dari flavonoid yang biasa disebut dengan anthocyanin. Kandungan anthocyanin inilah yang sangat bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan mata, otak dan juga untuk saluran kemih pada buah hati.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates