Saturday , 27 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Khasiat dan Efek Samping Cuka untuk Ibu Hamil

Khasiat dan Efek Samping Cuka untuk Ibu Hamil

Khasiat dan Efek Samping Cuka untuk Ibu Hamil

Khasiat dan Efek Samping Cuka untuk Ibu Hamil

Khasiat dan Efek Samping Cuka untuk Ibu Hamil

Khasiat dan Efek Samping Cuka untuk Ibu Hamil – asetat atau cuka adalah salah satu senyawa kimia yang organik yang diketahui sebagai pemberi asam serta aroma dalam makanan. Senyawa kimia ini sering dijumpai di dapur untuk menambah selera dalam masakan. Tidak hanya sebagai tambahan dalam masakan, beberapa ibu hamil sangat menyukai makanan yang mempunyai rasa asam yang sudah ditambahkan dengan asam asetat atau cuka. Pada saat hamil muda, ibu hamil akan sering merasakan mual dan juga muntah dengan demikian mencari makanan yang segar misalnya makanan yang berasa asam. Dibalik kenikmatannya yang terdapat dalam cuka, beberapa efek yang ditimbulkan jika dikonsumsi oleh ibu hamil, diantaranya:1. Menyebabkan Mual
Dimana ibu hamil akan mengalami kontraksi yang terjadi di lambung yang bisa menyebabkan mual.

2. Menyebabkan Diare
Dengan mengkonsumsi asam cuka secara berlebihan bisa menyebabkan diare pada saat hamil yang disebabkan oleh kontraksi lambung.

3. Menyebabkan Infeksi pada Usus
Konsumsi secara berlebihan dari asam cuka bisa menyebabkan terjadinya peradangan pada usus. Apabila ibu hamil mengalami peradangan pada usus dengan demikian sangat berbahaya sebab dapat menggangu pertumbuhan dan juga perkembangan janin dalam kandungan.

4. Menyebabkan Irirtasi Lambung
Tidak hanya dapat menyebabkan peradangan di usus, konsumsi cuka secara berlebihan juga bisa menyebabkan iritasi lambung. Sebab tingkat keasaman yang ada dalam cuka tinggi dengan demikian merusak dinding lambung yang lunak serta sensitif terhadap cuka.

5. Menyebabkan Demam
Ibu hamil yang sering mengkonsumi yang berasa asam dengan demikian kemungkinan akan terjadi yaitu terserang demam. Hal ini dapat terjadi jika mengkonsumsi asam berlebihan sehingga keringat yang dikeluarkan juga akan lebih dari batas normal. Apabila hal ini berlanjut secara terus menerus serta tidak segera dicegah dengan mengkonsumsi air putih dengan demikian ibu hamil akan terserang demam.

6. Resiko Bayi Lahir Cacat
Bayi lahir cacat merupakan salah satu bahaya yang paling tidak diinginkan oleh semua pihak. Kandungan asam yang tinggi di dalam cuka bisa merusak jaringan tubuh janin dengan demikian kemungkinan besar akan terjadi adalah bayi lahir cacat.

7. Menyebabkan Sakit Kepala
Fermentasi dalam proses pembuatan cuka dapat menyebabkan gangguan kehamilan serta akan mengalami sakit kepala. Hal ini dapat menyebabkan ibu hamil tidak bisa beraktivitas secara normal serta tubuhnya akan menjadi lemas.

8. Janin Mengalami Gangguan
Gangguan pada janin ini diakibatkan oleh diare yang dialami oleh ibu hamil akibat kekurangan cairan dalam tubuh.

Dibalik bahayanya yang dapat terjadi pada ibu hamil, ternyata cuka juga mempunyai manfaat jika dikonsumsi secara bijak. Berikut manfaat cuka diantaranya adalah :
1. Membantu dalam penyerapan kalsium
Cuka apel yang termasuk dalam cuka dapur yang terbukti dapat membantu dalam penyerapan kalsium. Tidak hanya untuk penyerapan kalsium akan tetapi juga dapat membantu dalam penyerapan mineral yang diperoleh dari sayuran ataupun makanan yang dikonsumsi.

2. Menstabilkan gula dalam darah
Menurut penelitan bahwa dengan mengkonsumsi cuka sebelum sarapan ataupun memakan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi sudah terbukti bisa membantu tubuh dalam menstabilkan gula di dalam darah. Tidak hanya itu cuka juga mempunyai kandungan sebagai obat anti diabetes.

3. Mencegah kanker
Kandungan anti oksidan yang ada dalam cuka bisa dimanfaatkan untuk mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

4. Menurunkan berat badan
Cuka bisa membantu program diet yang ingin menurunkan berat badan.

5. Dapat Mengobati infeksi
Tingkat keasaman yang ada dalam oleh cuka bisa mengobat infeksi serta dapat mencegah tumbuhnya bakteri yang ada di permukaan jaringan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates