Sunday , 26 March 2017
Home » Info Kesehatan » Makanan yang Harus Dibatasi Penderita Diabetes

Makanan yang Harus Dibatasi Penderita Diabetes

Makanan yang Harus Dibatasi Penderita Diabetes

Makanan yang Harus Dibatasi Penderita Diabetes

Makanan yang Harus Dibatasi Penderita Diabetes

Makanan yang Harus Dibatasi Penderita Diabetes – Tidak hanya gula, penderita diabetes harus memperhatikan asupan karbohidrat yang dikonsumsi. Begitu pula dengan makanan yang berkolesterol tinggi, sebaiknya dihindari. Beberapa studi mengungkapkan beberapa buah dan sayuran yang berbahaya bagi penderita diabetes. Semua hal tersebut membawa anda pada daftar kategori makanan yang sebaiknya dibatasi dan dihindari oleh penderita diabetes.

1. Makanan yang Kaya Gula
Makanan dengan kadar gula tinggi seperti gula putih, es krim, donat, pastries, cokelat, serta makanan dengan pemanis buatan, sangat berbahaya bagi orang yang menderita diabetes. Makanan-makanan tersebut menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah. Jika tidak bisa menghindari jenis makanan ber-gula, anda dapat menyiasatinya dengan memilih makanan dengan kandungan gula minimal. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai jenis ‘makanan manis’ yang dapat anda konsumsi.

2. Makanan Berkolesterol Tinggi
Kondisi diabetes menyebabkan kadar kolesterol baik menurun, dan meningkatkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Hal tersebut menyebabkan rentan dengan beberapa penyakit akibat kolesterol tinggi, khususnya penyakit jantung karena dapat mengembangkan plak pada dinding arteri. Oleh karena itu jenis makanan yang berkolesterol tinggi sebaiknya dihindari atau dibatasi.

3. Jus Buah
Penelitian menunjukkan bahwa meminum segelas jus buah setiap hari dapat meningkatkan resiko diabetes. Memakan buah secara langsung lebih disarankan daripada menyajikannya dalam bentuk jus karena akan memberikan serat atau fiber, yang diperlukan oleh tubuh. Sedangkan jus buah mengandung karbohidrat yang tinggi. Penderita diabetes sesekali tetap dapat minum jus buah, tetapi harus dibatasi dan sebaiknya dikonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

4. Beberapa Buah dan Sayuran
Tidak semua buah menyehatkan bagi penderita diabetes. Orang yang memiliki diabetes sebaiknya menghindari buah-buahan yang mengandung kadar glukosa dan sukrosa tinggi. Buah mangga dan stroberi menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Begitu pula halnya pada beberapa jenis sayuran yang kaya pati, seperti kentang dan labu, harus dibatasi dengan hati-hati. Sebagai alternatif, bisa mengganti dengan buah dengan kandungan serat tinggi seperti apel, pir, dan raspberry. Untuk sayuran, bisa menggantinya dengan wortel atau kacang-kacangan.

5. Minuman Beralkohol
Minuman beralkohol cenderung meningkatkan kadar gula darah, dan konsumsi alkohol dalam jumlah tinggi dapat membahayakan penderita diabetes. Kondisi hypoglycemia bisa terjadi jika mengkonsumsi alkohol dalam keadaan perut kosong. Selain itu, konsumsi alkohol berlebih dapat merusak fungsi liver, yang semakin menyulitkan tubuh untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

6. Goreng-Gorengan
Penderita diabates harus membatasi konsumsi gorengan, karena kecenderungannya untuk meningkatkan kadar kolesterol jahat, juga sarat akan lemak trans yang tidak sehat. Jika anda ingin mengkonsumsi gorengan, bisa memilih atau membuat gorengan yang menggunakan minyak yang tidak berbahaya, misalnya minyak olive. Dan akan lebih baik lagi jika memilih jenis makanan yang lebih sehat untuk penderita diabetes, yaitu jenis makanan yang dipanggang atau direbus atau dikukus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates