Thursday , 30 March 2017
Home » Info Kesehatan » Makanan yang Kaya Akan Zat Besi

Makanan yang Kaya Akan Zat Besi

Makanan yang Kaya Akan Zat Besi

Makanan yang Kaya Akan Zat Besi

Makanan yang Kaya Akan Zat Besi

Makanan yang Kaya Akan Zat Besi – Zat besi berperan penting dalam transportasi oksigen dan karbondioksida. Kurangnya zat besi dalam tubuh menyebabkan sakit kepala, kelelahan, hingga kerontokan rambut. Kekurangan zat besi merupakan salah satu penyebab utama anemia (kurang darah). Untuk mengatasi kurangnya hemoglobin, sangat dianjurkan untuk meningkatkan asupan zat besi. Ini juga untuk memastikan terhindar dari kondisi anemia yang disebabkan oleh kekurangan hemoglobin. Berikut ini merupakan beberapa makanan untuk meningkatkan asupan zat besi untuk tubuh, diantaranya:

1. Hati ayam
Dalam hati ayam mengandung 9 miligram besi per 100 gram. Selain itu, hati ayam mengandung banyak mineral dan vitamin lain, termasuk juga protein.

2. Daging sapi
Tubuh akan menyerap lebih banyak besi dari daging dibandingkan makanan lain. Daging sapi adalah yang paling direkomendasikan untuk seseorang yang kurang darah akibat rendahnya hemoglobin.

3. Tiram
Tiram, dan jenis kerang lainnya, menyediakan zat besi (juga vitamin B12 dan Zinc) yang memadai bagi tubuh. Satu buah tiram berukuran sedang memberikan 3 – 5 miligram besi. Produk seafood lain juga bisa menjadi alternative, seperti ikan salmon, tuna, dan makarel, yang kaya akan asam lemak omega-3.

4. Dada ayam
Setiap 100 gram potongan dada ayam terdapat sekitar 1 miligram besi.

5. Biji labu
Dalam 100 gram biji labu terdapat sekitar 15 miligram besi. Berarti 83% dari kebutuh harian zat besi yang disarankan. Biji labu kaya akan omega-3 dan dapat membantu menurunkan kolesterol.

6. Beras merah
Beras merah memiliki kandungan seratnya yang tinggi sehingga baik untuk melancarkan pencernaan dan membantu menurunkan berat badan. Beras merah mengandung zat besi yang dapat membantu meningkatkan hemoglobin.

7. Kismis
Kismis mengandung zat besi, serat, dan vitamin C (yang juga membantu penyerapan zat besi).

8. Bayam
Bayam termasuk sumber zat besi terbaik dari kategori sayuran. Selain kandungan zat besinya, bayam mengandung vitamin B12 dan asam folat.

9. Tahu
Tahu adalah salah satu alternatif terbaik untuk meningkatkan asupan zat besi. Dalam 100 gram tahu terkandung sekitar 5 miligram besi.

10. Kentang
Kentang merupakan sumber zat besi yang cukup baik. Kentang mengandung vitamin C, yang mana baik untuk membantu penyerapan nutrisi oleh tubuh.

11. Buah delima
Delima sering direkomendasikan bagi mereka yang kekurangan zat besi. Buah sehat yang satu ini tidak hanya mengandung zat besi, namun juga ada kalsium dan magnesium yang penting bagi tubuh.

12. Cokelat hitam
Jika anda menyukai cokelat, maka anda sudah mencoba yang namanya cokelat hitam. Di dalam cokelat hitam (setidaknya 80%) mengandung lebih dari 15 miligram zat besi untuk tubuh anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates