Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Kesehatan Jinten ( Jintan )

Manfaat Kesehatan Jinten ( Jintan )

Manfaat Kesehatan Jinten ( Jintan )

Manfaat Kesehatan Jinten ( Jintan )

Manfaat Kesehatan Jinten ( Jintan )

Manfaat Kesehatan Jinten ( Jintan ) – Alam telah menganugerahkan beragam rempah eksotis yang kaya manfaat. Salah satunya adalah jinten (jintan). Jinten adalah tanaman berbunga milik famili Apiaceae dengan nama ilmiah Cuminum cyminum. Biji jinten sering digunakan sebagai bumbu masakan untuk berbagai resep di Asia, Amerika Latin, dan negara-negara Afrika. Selain rasanya yang nikmat, rempah ini juga memiliki berbagai manfaat kesehatan dan telah digunakan dalam berbagai pengobatan gangguan dan penyakit selama ribuan tahun.

Jinten merupakan tanaman asli yang berasal dari Mesir di mana selain digunakan sebagai bumbu makanan juga digunakan untuk membuat mumi. Sekarang ini, jinten banyak tumbuh di India, Cina, Timur Tengah, dan negara-negara Mediterania. Dalam tradisi kuliner Yunani kuno dan Romawi, biji jinten merupakan rempah eksotis. Selama Abad Pertengahan Eropa, rempah ini diyakini sebagai simbol cinta dan kesetiaan. Orang-orang membawa benih jinten ketika menghadiri upacara pernikahan. Selain itu juga, tentara yang telah menikah diberi sepotong roti jinten oleh istri mereka sebelum pergi berperang.

Jinten tampak seperti biji biasa, namun memiliki manfaat kesehatan yang tidak bisa dipandang sebelah mata, berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Anemia
Biji jinten merupakan sumber zat besi. Oleh sebab itu, asupan rempah ini dapat membantu penyembuhan anemia dan mencegah kekurangan zat besi pada orang sehat.

2. Pencernaan
Biji jinten dapat menjaga sistem pencernaan tetap sehat, sekaligus mengatasi berbagai masalah pencernaan. Cuminaldehyde, suatu senyawa organik aromatik yang hadir di dalamnya, merangsang kelenjar ludah untuk memfasilitasi dalam mencerna makanan. Thymol merupakan senyawa lain yang hadir dalam jinten yang berfungsi untuk merangsang sekresi asam pencernaan, empedu, dan enzim untuk memproses pencernaan yang sempurna.

3. Insomnia
Jinten bertindak sebagai stimulan dan agen relaksasi pada saat yang sama. Beberapa senyawa jinten diketahui memiliki efek penenang sehingga dapat membantu seseorang tidur nyenyak sepanjang malam. Dengan demikian, rempah ini dapat menjadi alternatif obat penyembuh insomnia.

4. Perawatan Kulit
Vitamin E merupakan komponen penting untuk perawatan kulit, hadir dalam jumlah yang cukup pada jinten. Minyak esensial yang terdapat dalam jinten diketahui memiliki sifat antijamur dan desinfektan sehingga dapat mencegah infeksi jamur dan mikroba pada kulit.

5. Imunitas
Kehadiran vitamin A dan C dalam jinten membantu meningkatkan imunitas. Vitamin C sebagai antioksidan diketahui pula efektif melawan radikal bebas. Minyak esensial dan zat besi yang terdapat dalam jinten ini juga memainkan peran penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh.

6. Kanker
Kehadiran agen anti-karsinogenik, seperti dithymoquinone, thymol, thymohydroquinone, dan thymoquinone dapat membantu dalam pengobatan kanker usus besar dan kanker payudara.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates