Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » Peluang Bisnis Kuliner Mie Sukun

Peluang Bisnis Kuliner Mie Sukun

Peluang Bisnis Kuliner Mie Sukun

Peluang Bisnis Kuliner Mie Sukun

Peluang Bisnis Kuliner Mie Sukun

Peluang Bisnis Kuliner Mie Sukun – Memutuskan terjun di dalam bisnis kuliner nampaknya menjadi salah satu pilihan yang bijak untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Banyaknya sajian kuliner yang dapat dijajakan oleh masyarakat sebagai peluang bisnis, mendorong pertumbuhan bisnis kuliner di Indonesia kian hari sudah semakin ramai. Salah satunya saja seperti bisnis usaha kuliner mie yang sekarang ini sangat mudah untuk kita temukan di berbagai sudut kota.

Melihat besarnya tingkat konsumsi terhadap mie di negara kita cukup tinggi, tidak heran jika pada akhirnya banyak pelaku bisnis yang tertarik menekuni bisnis mie untuk mendatangkan untung yang besar setiap bulannya. Tidak terkecuali di dalamny adalah usaha mie sukun yang untungnya kian melambung.

Konsumen
Jika umumnya proses pembuatan dari mie di Indonesia menggunakan bahan dasar berupa tepung gandum atau juga tepung terigu, belakangan ini para pelaku bisnis mie sudah mulai mencari bahan alternatif lain untuk memenangkan persaingan pasar. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan tepung sukun untuk bisa menciptakan sebuah pembeda. Tidak jauh berbeda dengan kuliner mie pada umumnya, citarasa dari mie sukun juga digemari oleh berbagai kalangan masyarakat. Mulai dari konsumen anak-anak, remaja, sampai dewasa, dan bahkan tidak memandang status sosial baik dari kalangan konsumen kelas menengah ke bawah ataupun masyarakat kelas atas.

Info Bisnis
Dibuat dengan bahan baku berupa tepung komposit sukun ditambah tambahan terigu sekitar 30%, dan ditambah bahan-bahan lain seperti telur kemudian garam dan soda kue, kuliner mie sukun ini jika ditinjau dari nilai gizinya relatif cukup bagus. Sebab menurut hasil survey yang dilakukan oleh para ahli, kandungan dari tepung sukun dipercaya rendah gluten dan juga kaya akan protein, lemak dan karbohidrat, serta zat gizi lainnya seperti vitamin lalu mineral, dan serat.

Melihat selama ini pemanfaatan dari buah sukun hanya sebatas digoreng atau direbus, Anda dapat memanfaatkan keadaan tersebut untuk mengolah buah sukun secara berkala dengan cara memproduksinya menjadi sajian mie sukun yang kaya akan gizi dan juga bernilai ekonomi cukup tinggi.

Nah, untuk dapat membantu para pemula yang penasaran dengan peluang bisnis mie sukun untungnya kian melambung, berikut ini beberapa persiapan yang perlu diperhatikan supaya bisnis Anda dapat mendatangkan keuntungan yang cukup besar setiap bulannya.

1. Untuk mengawali bisnis ini, poin terpenting yang perlu Anda coba perhatikan adalah meningkatkan kemampuan dan juga pengetahuan Anda di dalam memproduksi mie sukun. Sebelum menjalankan peluang bisnis ini, tentu ada baiknya jika Anda belajar dari buku, internet, atau juga kursus langsung dengan para produsen mie di sekitar Anda untuk bisa meningkatkan kemampuan Anda dalam memproduksi mie sukun.

2. Jika dirasa kemampuan Anda sudah cukup mempuni untuk bisa memproduksi mie sukun sendiri, selanjutnya cari informasi mengenai supplier tepung dari sukun yang ada di sekitar Anda. Apabila Anda telah memproduksi mie sukun di dalam kapasitas besar, tidak ada salahnya jika Anda juga mulai belajar untuk memproduksi tepung sukun sendiri.

3. Untuk menghemat biaya, Anda dapat menggunakan peralatan yang sederhana dan tentunya ada di dapur rumah Anda. Sedangkan untuk perlengkapan tambahan, Anda dapat membeli mesin penggiling mie dan juga mesin sealer untuk mengemas mie sukun.

4. Pastikan Anda juga menggunakan bahan baku terbaik, agar produk mie dari sukun yang Anda hasilkan juga berkualitas bagus. Sebab, di dalam menekuni bisnis kuliner, masalah citarasa adalah menjadi kunci utama kesuksesan bisnis Anda.

5. Untuk bisa memperluas jaringan pemasaran, Anda dapat menitipkan produk mie sukun tersebut di supermarket atau juga swalayan yang ada di sekitar lokasi usaha Anda, serta dapat juga menyuplai produk mie sukun ke beberapa rumah makan kemudia usaha catering lalu restoran, kepada pedagang mie ayam, dan lain sebagainya.

Resep Membuat Mie Sukun

Bahan :
1. 250 gram tepung sukun
2. 100 gram tepung terigu
3. Air soda kue
4. 1 butir telur
5. 1 kuning telur
6. 1 sendok teh garam
7. 40 ml air

Bahan taburan (ayak) :
1. 50 gram tepung terigu protein tinggi
2. 1 sendok makan tepung sagu

Cara Membuat :

1. Kocok telur dengan air lalu dicampur dengan air soda kue

2. Tambahkan air campuran soda tadi dan juga uleni adonan sampai rata/tercampur

3. Tepung sukun lalu garam, dan tepung terigu dicampur dan juga dibuat gunung, kemudian dilubangi tengahnya

4. Bila adonan sudah tercampur rata, tutup rapat dengan menggunakan kain dan ditekan-tekan kurang lebih sampai 20 menit agar adonan tidak pecah lagi

5. Potong adonan menjadi 4 bagian terus taburi dengan bahan taburan ayakan (tepung terigu dan tepung sagu) supaya adonan tidak kering dan lengket.

6. Setelah itu kemudian masukkan adonan ke dalam gilingan mie/alat pembuat mie /pasta sampai akhirnya dihasilkan mie sukun yang sudah siap diolah menjadi beragam jenis masakan.

7. Kemas ke dalam kantong plastik berlabel dan akhirnya mie sukun siap dipasarkan ke khalayak ramai.

Keuntungan Bisnis
Kandungan vitamin dan juga mineral pada buah sukun lebih banyak dibandingkan kandungan gizi pada tepung terigu. Hal ini tentunya akan menjadikan produk mie sukun sebagai salah satu dari produk mie sehat yang berdaya jual tinggi di pasaran dan mempunyai nilai ekonomi cukup potensial bila di lempar ke khalayak ramai.

Tekstur dari tepung sukun yang hampir mirip dengan tepung terigu, menjadikan produk dari olahan sukun tidak kalah bersaing dengan mie tepung pada umumnya. Bahkan mie tersebut dapat diolah menjadi mie basah ataupun mie kering. Jika biasanya mie basah mempunyai daya tahan yang terbatas, maka Anda dapat mulai memproduksi mie kering yang bisa bertahan di dalam jangka waktu yang lebih lama.

Kekurangan Bisnis
Meskipun peluang dari bisnis mie sukun menjanjikan keuntungan yang cukup besar, namun bisnis ini juga tidak luput dari yang namanya berbagai hambatan. Biasanya permasalahan yang sering dihadapi oleh para pelaku bisnis adalah masalah pemasaran yang belum optimal. Selama ini para pelaku industri mie hanya fokus terhadap produksi, sehingga belum terlalu optimal di dalam menyusun strategi pemasaran seperti mulai melengkapi produk mie sukun Anda dengan kemasan yang menarik, mulai mengurus yang namanya ijin dari BPOM dan MUI, serta mulai untuk memanfaatkan internet agar bisa menjangkau pasar yang lebbih luas.

Kendala lainnya yang sering dihadapi oleh para pelaku bisnis mie sukun adalah keterbatasan terhdap bahan baku. Mengingat sekarang ini belum banyak dari produsen tepung olahan sukun, maka Anda dapat mulai belajar memproduksinya sendiri untuk menjaga persediaan dari bahan baku. Anda dapat menggandeng para petani sukun di berbagai macam daerah untuk mendapatkan bahan baku yang lebih murah.

Strategi Pemasaran
Untuk bisa mendongkrak penjualan produk mie sukun setiap bulannya, Anda dapat menggunakan berbagai media pemasaran. Contohnya untuk strategi pemasaran offline, Anda dapat memulainya dengan strategi promosi dari mulut ke mulut. Selain melalui strategi offline, Anda juga dapat memanfaatkan pemasaran modern seperti misalnya dengan menggunakan internet marketing contohnya email marketing, twitter, aktif di marketplace,website toko online, facebook dll. Mobile marketing yang meliputi telemarketing, blackberry messenger, sms marketing dll. Aktif di pameran-pameran serta lain sebagainya. Semakin banyak media pemasaran yang Anda bisa gunakan, maka semakin besar pula peluang yang Anda ciptakan untuk dapat mencetak keuntungan besar setiap bulannya.

Kunci Sukses
Dalam menjalankan suatu bisnis kuliner, citarasa memegang segalanya. Karena itu pastikan Anda selalu menggunakan bahan baku yang berkualitas dan juga menjaga kebersihan peralatan yang digunakan agar hasil mie sukun yang nanti didapatkan juga maksimal. Selanjutnya, Anda juga dapat membuka kedai mie sukun untuk bisa meningkatkan omzet bisnis setiap bulannya. Jadi, Anda tidak hanya mendapat keuntungan dari penjualan mie setengah jadi, namun juga bisa mendapat tambahan penghasilan dari semangkok mie sukun yang Anda coba hidangkan kepada para pelanggan Anda.

Analisa Ekonomi
Asumsinya adalah memproduksi mie sukun skala rumah tangga

1. Modal awal
Untul peralatan seperti kompor, baskom, pengayak, dll = Rp 250.000,00
Untuk mesin penggiling mie = Rp 500.000,00
Untuk mesin sealer = Rp 400.000,00
Untuk tas motor = Rp 250.000,00+
Total dari modal = Rp 1.400.000,00

2. Pengeluaran
Biaya penyusutan
Peralatan akan mengalami penyusutan setelah 3 tahun :
= 1/36 bulan x Rp 1.400.000,00 = Rp 38.900,00
Biaya operasional setiap bulan
Belanja untuk bahan baku seperti tepung sukun, terigu, telur, dll :
=Rp 400.000,00 x 25 hari = Rp 10.000.000,00
Biaya untuk kemasan plastik sablon dan label produk = Rp 500.000,00
Biaya untuk gaji karyawan 2 orang = Rp 2.000.000,00
Biaya untuk transportasi dan juga promosi = Rp 1.500.000,00
Biaya dari penyusutan = Rp 38.900,00+
Total dari pengeluaran = Rp 14.038.900,00

3. Pendaptan setiap bulan
Penjualan untuk produk per hari rata-rata adalah 300 bungkus
Harga jual mie sukun setiap bungkus @Rp 2.500,00
Pendapatan per bulan :
= Rp 2.500,00 x 300 bungkus x 25 hari = Rp 18.750.000,00

4. Keuntungan
= Rp 18.750.000,00 – Rp 14.038.900,00 = Rp 4.711.100,00

Semoga informasi dari peluang bisnis mie sukun ini bisa memberikan manfaat bagi Anda dan juga bisa menjadi salah satu inspirasi bisnis bagi pemula yang sedang bingung di dalam mencari peluang usaha. Semoga sukses…..

About mr ikbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates