Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » Peluang Bisnis Nasi Kuning

Peluang Bisnis Nasi Kuning

Peluang Bisnis Nasi Kuning

Peluang Bisnis Nasi Kuning

Peluang Bisnis Nasi Kuning

Peluang Bisnis Nasi Kuning – Peluang dari bisnis nasi kuning sebagai salah satu bisnis rumahan yang memiliki potensi besar, apalagi bila tempat tinggal kita berada di kawasan perumahan atau yang padat penduduk. Kebanyakan orang akan lebih untuk memilih menu sarapan yang praktis demi menghemat waktu. Karena sebagian besar dari para ibu harus menyiapkan sarapan untuk suami dan anak-anak mereka sementara seorang ibu sendiri harus bersiap – siap juga untuk pergi ke kantor.

Oleh sebab itulah bisnis rumahan nasi kuning sebagai salah satu menu sarapan yang praktis mempunyai potensi yang cukup menarik untuk di gali. Apalagi untuk memulai bisnis ini hanya perlu membutuhkan modal kecil, Anda bisa memanfaatkan peralatan masak dan juga perangkat berjualan yang sudah tersedia di rumah.

Konsumen
Banyak orang yang merasa terlalu repot bila harus menyiapkan menu sarapan. Karena itulah peluang dari bisnis nasi kuning sebagai bisnis rumahan sangatlah luas. Harga yang relatif murah akan membuat bisnis rumahan ini sering dikunjungi oleh semua kalangan menengah ke bawah. Kebanyakan orang yang datang ke warung nasi kuning adalah anak-anak kost, tetangga yang ada disekitar rumah dan masyarakat umum yang melintasi di sekitar lokasi tempat Anda berjualan.

Memulai Bisnis
Memulai bisnis rumahan yang memanfaatkan teras rumah memang sudah banyak dijalankan oleh sebagian kecil dari masyarakat. Dengan konsep tempat makan yang bisa dibilang cukup sederhana, pelaku dari bisnis warung nasi kuning ini dapat memanfaatkan perabot rumah tangga yang ada di rumah sebagai peralatan usaha. Sehingga, bisa dikatakan bahwa untuk dapat membuka warung nasi kuning ini hanya membutuhkan modal kecil.

Namun, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk memulai bisnis nasi kuning :

1. Siapkan sebuah tempat untuk berjualan, Anda bisa memanfaatkan teras rumah sebagai warung untuk berjualan.

2. Melakukan percobaan mengenai resep nasi kuning, bisa diperoleh dari buku resep masakan atau juga belajar dari orang yang ahli di bidang masak-memasak.

3. Menyiapkan berbagai macam peralatan seperti, tempat nasi kuning, gelas, piring, kertas, sendok, garpu, plastik pembungkus, kursi, meja dan lain sebagainya.

4. Mencari bahan baku yang diperlukan untuk membuat nasi kuning dengan kualitas yang baik tapi murah. Sebaiknya Anda mendatangi pasar tradisional untuk bisa menghemat biaya.

5. Membersihkan tempat berjualan secara rutin supaya konsumen tertarik untuk membeli nasi kuning di warung Anda.

Keuntungan Bisnis
Kebanyak orang memilih menu sarapan yang praktis dan juga cepat saji karena pada pagi hari orang-orang tidak mempunyai banyak waktu untuk menyiapkan sarapan sendiri. Karena itulah peluang dari bisnis rumahan warung nasi kuning menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan dengan pasar yang besar.

Konsep yang sederhana dengan cara memanfaatkan teras rumah, peralatan rumah tangga dan juga perlengkapan lainnya membuat peluang bisnis rumahan ini hanya membutuhkan modal kecil. Dengan melibatkan keluarga yang ada di dalam rumah sebagai tenaga kerja untuk bisa membantu Anda berjualan nasi kuning juga adalah salah satu langkah untuk dapat menghemat biaya karena Anda tidak perlu membayar karyawan.

Hambatan Bisnis
Di dalam menjalankan sebuah bisnis pastinya Anda akan menemui beberapa hambatan ketika berjualan nasi kuning dan berikut ini adalah hambatannya :

1. Banyaknya pesaing bisnis yang sudah lebih dulu menjalankan bisnis rumahan ini. Oleh karena itu, Anda perlu meningkatkan kualitas produk Anda dan juga berani untuk bisa memberikan harga yang sedikit lebih murah.

2. timbulnya kebosanan dari para konsumen. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menyiasatinya dengan cara menghadirkan lauk pauk untuk pendamping nasi kuning yang beraneka macam secara bergantian seperti sambal goreng kentang, telur semur, ayam semur dan lain sebagainya.

3. Kenaikan harga dari bahan baku pembuat nasi kuning. Cara menyesuaikan kenaikan dari harga bahan baku adalah dengan cara menaikan harga nasi kuning tanpa harus menurunkan kualitas rasa. Meskipun Anda sedikit menaikkan harga dari nasi kuning, namun dengan cita rasa yang khas dan juga keistimewaan yang dimiliki oleh nasi kuning Anda maka pelanggan tidak akan berpaling ke orang lain.

Strategi Pemasaran
Strategi pemasan sangat dibutuhkan untuk bisa mengenalkan bisnis Anda kepada masyarakat luas. Anda bisa mempromosikannya dengan menggunakan spanduk yang bertuliskan nama warung nasi kuning Anda dan juga menu nasi kuning yang ditawarkan lengkap dengan lauknya. Sehingga konsumen bisa mengetahui keberadaan warung nasi kuning Anda dan juga tertarik untuk mencobanya.

Selain itu, cara efektif lainnya yang dapat digunakan untuk bisa memasarkan bisnis rumahan nasi kuning yaitu dengan promosi dari mulut ke mulut. Promosi dengan cara ini akan lebih efektif bila yang menyebarkan informasinya adalah orang-orang yang pernah makan di warung nasi kuning Anda.

Oleh sebab itu, buatlah menu dari nasi kuning yang seenak mungkin, tawarkan juga harga yang bersaing, berikan pelayanan yang terbaik serta jagalah kebersihan dan juga kenyamanan warung nasi kuning Anda. Dengan begitu para konsumen tidak akan merasa segan-segan lagi untuk kembali membeli nasi kuning Anda dan juga kemudian akan merekomendasikannya kepada teman dan kerabat mereka.

Untuk strategi kedepannya, Anda juga bisa menjangkau pasar yang lebih besar dan luas lagi dengan cara menerima pesanan nasi kuning dalam kotak maupun bungkus untuk acara-acara tertentu. Strategi ini tentu saja akan dapat memberikan tambahan penghasilan yang cukup menguntungkan bagi Anda dan juga secara tidak langsung akan bisa menjadi cara jitu untuk bisa mempromosikan bisnis rumahan Anda.

Kunci Sukses
Kunci sukses dari bisnis nasi kuning ini juga terletak pada segi kenikmatan cita rasa dari nasi kuning yang disajikan. Jadi, yang paling penting adalah Anda dapat menjaga kualitas rasa makanan dan juga ciptakan varian menu-menu baru untuk bisa menarik minat para konsumen. Selanjutnya ciptakanlah suasana dari warung nasi kuning senyaman mungkin bagi para konsumen.

Analisa Ekonomi
Asumsi tanpa uang sewa tempat karena memanfaatkan teras rumah.

1. Modal awal
Untuk peralatan warung seperti meja, kursi, dll = Rp 3.500.000,00
Untuk spanduk reklame dan peralatan lain = Rp 500.000,00
Untuk kantong plastik = Rp 100.000,00
Untuk kertas pembungkus = Rp 100.000,00
Untuk bahan baku = Rp 100.000,00 +
Jumlah dari modal awal = Rp 4.300.000,00

2. Biaya – biaya
Biaya untuk bahan baku satu bulan = 30 hari x Rp 100.000,00 = Rp 3.000.000,00
Biaya untuk perlengkapan = Rp 200.000,00
Biaya untuk Penyusutan peralatan = Rp 56.299,00
Biaya lain-lain = Rp 100.000,00 +
Jumlah dari biaya = Rp 3.356.299,00

3. Pendapatan
= 50 porsi x 30 hari x Rp 3.000,00 = Rp 4.500.000,00

4. Keuntungan
Laba/(rugi)bersih = Pendapatan – biaya-biaya
Rp 4.500.000,00 – Rp 3.356.299,00 = Rp 1.143.701,00
Jika melihat proses produksinya yang cukup terbilang mudah dan dengan modal usaha yang cukup murah, tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk menjajakan menu sarapan nasi kuning sebagai peluang bisnis rumahan….

About mr ikbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates