Saturday , 27 May 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » Peluang Bisnis Warung Tenda Kaki Lima

Peluang Bisnis Warung Tenda Kaki Lima

Peluang Bisnis Warung Tenda Kaki Lima

Peluang Bisnis Warung Tenda Kaki Lima

Peluang Bisnis Warung Tenda Kaki Lima

Peluang Bisnis Warung Tenda Kaki Lima – Bisnis warung tenda kaki lima adalah salah satu bisnis di bidang kuliner yang bisa dengan mudah kita temui di seluruh sudut kota. Meski peluang bisnis ini dirintis dengan modal kecil, namun bila dilakukan dengan niat yang kuat dan juga secara profesional akan mampu memberikan keuntungan yang melimpah bagi para pelakunya.

Bisnis warung tenda kaki lima tidak memerlukan sebuah manajemen yang begitu rumit, siapapun calon pelaku bisnisnya akan dapat memulai peluang bisnis ini dengan baik. Bahkan untuk bisa memulai bisnis warung tenda kaki lima dengan modal kecil ini tidak perlu toko yang mahal maupun sewa kios yang tidak murah.

Yang Anda butuhkan untuk bisa memulai bisnis ini adalah tanah kosong dan terletak di pinggir jalan serta ramai dilewati oleh kendaraan. Anda hanya cukup meminta izin kepada pemiliknya, kemudian mulai mendirikan tenda diatas lahan tersebut yang berbiaya murah.

Konsumen
Perlu Anda ingat bahwa kuliner di warung tenda pinggir jalan ini bukan hanya diperuntukkan untuk masyarakat dari kalangan menengah kebawah dan juga mahasiswa saja. Namun seiring dengan meningkatnya jumlah dari pelaku bisnis kuliner warung tenda pinggir jalan, maka semakin banyak pula variasi dari kuliner yang dapat disajikan. Sehingga masyarakat dikalangan menengah atas pun juga terbiasa dengan yang namanya santapan kuliner warung tenda pinggir jalan.

Memulai Bisnis
Sekarang ini, warung tenda menjadi salah satu alternatif yang banyak dipilih oleh para masyarakat di perkotaan sebagai tempat bersantap. Selain harga yang ditawarkan cenderung lebih terjangkau dan juga pas di kantong, variasi kuliner dan juga rasanya pun tidak kalah dengan menu makanan yang tersedia di restoran. Yang bisa dijadikan sebagai keunggulan di dalam menjalankan bisnis modal kecil warung tenda pinggir jalan ini adalah menu yang semakin sudah variatif dan juga suasana yang berbeda.

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda kerjakan untuk memulai bisnis warung tenda :

1. Ketahuilah mengenai menu makanan apa yang disukai oleh masyarakat sebagai sasaran konsumen Anda. Semua itu tentu saja untuk Anda hubungkan dengan lokasi bisnis yang strategis demi warung tenda tersebut.

2. Perkayalah ilmu pengetahuan dan keterampilan Anda mengenai menu-menu makanan yang banyak dicari dan juga disukai oleh masyarakat.

3. Carilah supplier yang bisa menjual bahan baku berkualitas dengan harga yang terjangkau untuk dapat memenuhi kebutuhan warung tenda kita.

4. Perhitungkan semua modal bisnis yang akan Anda keluarkan untuk bisnis warung tenda ini mulai dari pembelian alat sampai biaya operasional termasuk di dalamny adalah gaji karyawan.

5. Untuk mengatur alur masuk keluarnya keuangan bisnis warung tenda seharusnya Anda sudah merencanakannya sejak dari awal dan juga pisahkan antara uang modal dengan uang dari hasil penjualan dan kemudian hitung berapa margin yang diperoleh. Selain itu, coba juga untuk bisa menghitung biaya total dalam waktu satu bulan lalu di breakdown ke satu minggu sampai dengan harian. Maka Anda akan mampu mengelola dan juga memprediksi pembiayaan untuk warung tenda ini.

Keuntungan Bisnis
Yang masih banyak sekali diminati oleh para konsumen dan juga tidak pernah sepi adalah warung tenda pinggir jalan. Selain harga yang ditawarkan memang terjangkau bila dibandingkan dengan yang di restoran, citarasanya pun tidak akan jauh berbeda dan juga warung tenda pinggir jalan juga buka sampai larut malam. Disamping itu, untuk memulai bisnis kuliner dari warung tenda ini hanya membutuhkan modal kecil sehingga dapat dijalankan oleh siapa saja yang ingin mencoba terjun ke dunia bisnis namun hanya memiliki modal minim.

Hambatan Bisnis
Berikut ini adalah beberapa hambatan yang mungkin akan Anda temui nanti di dalam menjalankan bisnis kuliner warung tenda pinggir jalan :

1. Terkadang konsumen akan merasa bosan dengan menu makanan yang Anda sajikan. Untuk itu, usahakan untuk bisa membuat menu makanan yang bervariasi.

2. Sedikit sulit di dalam mendapatkan tempat yang begitu strategis karena tidak semua lahan kosong yang berada dipinggir jalan bisa mendapat izin untuk digunakan berjualan.

3. Persaingan dengan para pelaku bisnis lain yang usahanya sejenis kini sudah semakin meningkat.

4. Bahan baku yang tidak bisa awet atau tidak bisa tahan lama berhari-hari, jika tidak habis pastinya tidak akan dapat digunakan lagi.

Strategi Pemasaran
Berikut ini ada beberapa strategi pemasaran yang bisa diikuti jika ingin menggeluti bisnis kuliner warung tenda :

1. Pemilihan jenis makanan yang hendak dijual, sebaiknya pilih makanan yang memnag banyak disukai oleh masyarakat.

2. Pilih lokasi untuk berjualan dan tempatnya benar-benar strategis sehingga cocok untuk bisa membuka warung tenda dan juga berjualan makanan.

3. Buat warung tenda yang unik serta menarik dan juga senyaman mungkin sehingga para pengunjung akan merasa senang berkunjung ke warung tenda Anda.

4. Ciptakan resep makanan yang begitu istimewa dan beda dari warung tenda lainnya karena citarasa makanan adalah satu hal utama di dalam menjalankan bisnis kuliner.

5. Ciptakan nama-nama menu makanan yang terdengan unik sehingga para konsumen akan tertarik untuk mencobanya.

6. Bersikaplah ramah kepada setiap pengunjung yang dating dan terus berusahalah untuk memberikan pelayanan terbaik.

7. Berikan suatu harga terjangkau sehingga menu makanan yang Anda coba jual dapat dinikmati oleh semua kalangan masyarakat.

8. Jalinlah suatu hubungan yang baik dengan supplier dan juga pelanggan bahan baku.

Kunci Sukses
Selain terdapat pada citarasa dan juga banyaknya variasi dari menu makanan juga ada beberapa hal yang tidak kalah penting. Misalnya saja adalah mengenai kenyamanan tempat lalu suasana yang ditawarkan kemudian harga terjangkau dan berani menciptakan menu-menu baru yang begitu istimewa sehingga para konsumen tertarik untuk mencobanya.

Analisa Ekonomi

1. Modal awal :
Stok awal untuk barang dagangan = Rp 2.500.000,00
Peralatan :
Untuk gerobak dan tenda = Rp 2.000.000,00
Peralatan untukmakan minum = Rp 500.000,00
Meja serta kusrsi = Rp 700.000,00
Untuk spanduk reklame = Rp 200.000,00 +
Jumlah = Rp 3.400.000,00 +
Jumlah dari modal awal = Rp 5.900.000,00

2. Pendpatan
Pendapatan rata-rata :
= Rp 200.000,00 x 30 hari = Rp 6.000.000,00

3. Biaya setiap bulan
Harga pokok barang per bulan :
Biaya untuk pembelian bahan baku = Rp 2.500.000,00
Biaya untuk Upah = 12 jam kerja x Rp 2.500,00 x 30 hari Rp = 900.000,00 +
Jumlah dari biaya setiap bulan = Rp 3.400.000,00 –
Biaya setiap erlengkapan warung = Rp 100.000,00
Biaya untuk penyusutan = Rp 77.778,00
Biaya untuk retribusi dan biaya umum lainnya = Rp 300.000,00 +
Total biaya = Rp 3.877.778,00

4. Keuntungan
= Rp. 6.000.000,00 – Rp 3.877.778,00 = Rp 2.122.222,00

Semoga informasi dari peluang bisnis modal kecil warung tenda kaki lima ini dapat menjadi salah satu inspirasi bisnis bagi Anda sekalian.

About mr ikbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates