Wednesday , 18 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Penyebab Bintik Merah Pada Kulit Bayi

Penyebab Bintik Merah Pada Kulit Bayi

Penyebab Bintik Merah Pada Kulit Bayi

Penyebab Bintik Merah Pada Kulit Bayi

Penyebab Bintik Merah Pada Kulit Bayi – Kulit bayi sangat sentisitif terhadap paparan benda asing yang mengenai bagian tubuhnya. Itulah alasan bayi yang baru lahir tidak boleh menggunakan produk kecantikan yang digunakan pada kulitnya. Sebab dapat menginfeksi bagian kulitnya dan dapat menimbulkan masalah yang dapat membuat si kecil menjadi tidak nyaman. Selain itu juga, untuk memastikan tidak adanya kemungkinan alergi yang terjadi pada kulit bayi. Alangkah baiknya, tidak langsung untuk mengaplikasikan produk tersebut ke seluruh permukaan tubuh bayi dengan merata. Melainkan, dengan mencobanya pada beberapa bagian badan tertentu dan menunggu beberapa saat atau satu hari untuk melihat ada atau tidak adanya reaksi alergi yang terjadi pada tubuh bayi. Kondisi gangguan kulit merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum sekali dialami pada bayi.Untuk mengetahui lebih lanjut penyebab yang membuat bintik-bintik merah dapat muncul pada bayi. Berikut penjelasanya:
1. Bakat Alergi (Faktor Keturunan)
Alergi adalah salah satu penyebab paling umum yang bisa memicu masalah pada kulit. Masalah alergi kulit cukup banyak terjadi pada bayi yang sangat rentan terhadap suatu reaksi alergi. Jika anda dan pasangan mempunyai riwayat alergi, dengan demikian resiko yang sama dapat pula dialami oleh si kecil. Bahkan hasil penelitian menyimpulkan orang tua yang mengalami alergi kulit mampu meningkatkan resiko alergi pada buah hatinya.

Namun apabila salah satu orangtua saja yang mengalami alergi, dengan demikian kemungkinan anak memiliki bakat atu resiko alergi lebih kecil. Bayi yang mengalami alergi lebih rentan terkena masalah pada kulit, termasuk timbulnya bintik-bintik merah di kulitnya. Dengan reaksi alergi yang tergolong parah, biasanya bisa muncul bukan hanya terdapat bintik-bintik merah namun juga bisa berupa bengkak yang timbul di bagian kulit si bayi. Timbulnya bintik-bintik merah pada kulit dapat disebabkan dari penggunaan berbagai jenis produk yang tidak cocok, akibat asupan makanan tertentu, akibat alergi terhadap debu, tungau dan juga bahan lain yang menjadi alergen untuk si kecil.

2. Biang Keringat
Bintik-bintik merah yang timbul di tubuh bayi serta pada beberapa bagian tertentu misalnya punggung, jidat, leher dan bagian tubuh lainnya biasanya dapat dipicu akibat adanya biang keringat. Keadaan ini dapat terjadi akibat adanya sumbatan di bagian pori-pori kulit bayi yang diakibatkan oleh sistem untuk megatur suhu tubuh bayi yang belum berkembang secara sempurna.

3. Eksim Bayi
Bukan hanya dapat terjadi pada orang dewasa, keadaan gangguan kulit ini pun dapat dialami oleh si bayi. Pada bayi jenis eksim lebih dikenal sebagai sebutan eksim susu. Namun, keadaan ini bukan berarti timbul akibat pemberian ASI. Penting untuk diketahui bahwa apapun itu, sisa ASI, susu formula, makanan bayi yang dimakan atau air liur yang dibiarkan menempel di tubuh bayi yang tidak langsung dibersihkan bisa berpotensi menghasilkan reaksi timbulnya iritasi pada kulit bayi.

4. Jerawat Bayi
Keadaaan ini biasanya merupakan bagian sisa hormon yang terbawa pada saat masih berada dalam kandungan ibunya. Timbulnya bintik-bintik merah dapat juga disertai dengan benjolan tengah yang runcing misalnya pada jerawat orang dewasa.

5. Ruam Popok
Keadaan lain yang juga memungkinkan timbulnya bintik-bintik merah di kulit bayi yaitu akibat ruam popok karena kualitas popok yang tidak baik atau akibat penggunaan popok yang terlalu sempit untuk dipakai bayi anda. Ruam popok yang dibiarkan begitu saja tanpa langsung diatasi bisa menyebabkan kondisi ini semakin parah seperti akan timbul bintil-bintil kecil yang melepuh serta akan pecah. Apabila bintil tersebut sudah pecah dengan demikian bayi akan semakin rentan untuk meningkatkan resiko terhadap infeksi.

6. Akibat Virus
Keadaan penyakit ini mungkin jarang terdengar, padahal Roseola infantum adalah sebuah penyakit menular yang seringkali akan menyerang bayi dan juga anak-anak yang masih sangat kecil. Penyebab dari adanya penyakit ini dapat muncul adalah virus jinak yang pada umumnya mudah menyebar melalui percikan ludah dari penderita, seperti pada saat pemeriksaan kesehatan ataupun imunisasi yang dilakukan dirumah sakit.

Adapun gejala yang  ditimbulkan dari kondisi ini yaitu deman sampai mencapai 39,5° Celicus yang dialami selama beberapa hari. Setelah demam reda, penyakit ini bisa mulai menimbulkan bintik-bintik merah di permukaan tubuh bayi yang tidak berubah menjadi bernanah serta tidak pula meninggalkan gatal. Bayi yang mengalami keadaab ini akan mungkin rewel, cepat mengantuk dan juga kehilangan selera makan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates