Monday , 23 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Penyebab Kaki Bengkak pada Saat Hamil

Penyebab Kaki Bengkak pada Saat Hamil

Penyebab dan Solusi Kaki Bengkak pada Saat Hamil

Penyebab dan Solusi Kaki Bengkak pada Saat Hamil

Penyebab dan Solusi Kaki Bengkak pada Saat Hamil

Penyebab dan Solusi Kaki Bengkak pada Saat Hamil – Semua kondisi yang akan dialami ibu hamil memang sangat berbeda-beda. Ada ibu hamil yang sehat serta tetap dapat bekerja dengan baik. Sementara ada juga ibu hamil yang terlihat lemah terutama pata saat masuk trimester ketiga. Keadaan ini memang sangat wajar sebab dalam tubuh ibu hamil terdapat janin yang sedang tumbuh. Kehamilan pada usia 7 bulan berarti bahwa ibu memasuki ke trimester ketiga. Pada trimester ini ibu dapat mengalami berbagai kendala termasuk resiko kelahiran bayi prematur. Semua tanda melahirkan dapat muncul dalam trimester ini.

Masalah lain yang dapat terjadi yaitu kaki bengkak pada saat hamil 7 bulan. Berikut penjelasan faktor penyebab kaki bengkak pada ibu hamil, diantaranya:

1. Edema kehamilan
Pada dasarnya ibu hamil akan mengalami kaki bengkak, terutama pada saat sudah masuk trimester ketiga. Keadaan ini berkaitan dengan edema kehamilan yang tidak akan berbahaya pada ibu hamil. Selama hamil dengan demikian tubuh akan menampung banyak cairan yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh ibu serta menjaga kondisi janin dalam rahim ibu. Lalu penumpukan cairan ini dapat menyebabkan aliran darah serta tekanan darah dari rahim ke bagian vena di panggul akan menjadi meningkat. Dampaknya vena di bagian tubuh bawah akan mengalami pembengkakan.

2. Penyumbatan pembuluh darah vena
Selama hamil dengan demikian tubuh ibu akan menghasilkan banyak protein yang dapat mempengaruhi proses pembekuan darah. Dimana proses ini dapat menyebabkan gumpalan darah yang terbentuk di bagian vena yang terdapat dibagian kaki. Keadaan inilah yang dapat menyebabkan kaki ibu hamil akan menjadi lebih bengkak.

3. Preeklampsia
Preeklamsia adalah sebuah kasus yang mengkhawatirkan serta biasanya terjadi pada trimester ketiga ataupun menjelang waktu persalinan. Keadaan ini dapat disebabkan oleh kandungan protein yang sangat tinggi selama kehamilan. Dampaknya tubuh ibu akan mengalami pembengkakan di bagian kaki hingga wajah.

4. Selulitis
Selulitis merupakan suatu kondisi yang diakibatkan oleh bakteri tertentu yang dapat menyebabkan infeksi di bagian jaringan dibawah kulit. Keadaan ini paling sering terjadi di bagian kaki dengan demikian ibu akan mengalami kaki bengkak pada saat hamil usia 7 bulan.

5. Terlalu lama berdiri atau duduk
Ibu hamil mempunyai kondisi tubuh yang sangat rentan serta tidak nyaman. Kebiasaan yang terlalu lama duduk ataupun berdiri pada saat hamil akan membuat kaki ibu bengkak.

6. Tidur miring ke kanan terlalu sering
Posisi tidur ibu hamil memang akan tidak nyaman terlebih pada saat ibu sudah masuk ke usia kehamilan trimester ketiga. Ukuran janin yang akan semakin besar sering membuat ibu tidak dapat tidur dengan baik. Beberapa ibu hamil tidak akan merubah posisi tidur serta akan tetap tidur miring ke kanan. Sementara letak jantung di bagian kiri dalam tubuh. Dengan demikian tekanan pada bagian ini dapat menyebabkan aliran darah akan menjadi tidak lancar dan memicu bayi lahir sungsang.

7. Ibu hamil kurang gerakan
Beberapa ibu hamil menjadi sudah terbiasa banyak bergerak termasuk pada saat sudah bisa beraktifitas seperti biasanya. Akan tetapi beberapa ibu hamil akan kurang gerakan karena mengalami kehamilan yang cukup sulit. Kurang gerakan pada tubuh ibu hamil dapat membuat kaki ibu hamil bengkak dengan demikian membuat tubuh ibu hamil tidak nyaman.

8. Ibu hamil menggunakan pakaian terlalu ketat
Perlu diketahui bahwa bagian kaki ibu hamil membutuhkan kebebasan serta gerakan yang nyaman. Akan tetapi beberapa ibu hamil yang terlalu memaksa untuk menggunakan pakaian hamil yang terlalu ketat, akan membuat bagian pembuluh darah menjadi tidak dapat bekerja dengan baik serta menyebabkan ginjal tidak bekerja dengan baik. Dampaknya menyebabkan kaki ibu hamil menjadi bengkak.

9. Kebiasaan menggunakan sepatu berhak tinggi
Sepatu menjadi hal yang harus diperhatikan untuk semua bagi ibu hamil. Ibu hamil yang sering menggunakan sepatu yang berhak tinggi selama awal kehamilan sampai trimester ketiga mempunyai resiko terkena kaki bengkak pada saat usia kehamilan 7 bulan. Sebab membuat aliran darah menjadi tidak lancar.

10. Ibu hamil kurang cairan
Pada saat ibu hamil kekurangan cairan dengan demikian menyebabkan pekerjaan ginjal akan menjadi terhambat. Ibu hamil akan mengalami penumpukan racun yang berlebihan karena sistem sekresi tidak dapat bekerja dengan baik.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates