Monday , 23 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Sumber ( Buah-buahan ) Antioksidan Terbaik

Sumber ( Buah-buahan ) Antioksidan Terbaik

Sumber ( Buah-buahan ) Antioksidan Terbaik

Sumber ( Buah-buahan ) Antioksidan Terbaik

Sumber ( Buah-buahan ) Antioksidan Terbaik

Sumber ( Buah-buahan ) Antioksidan Terbaik – Antioksidan banyak terdapat di buah-buahan segar. Beberapa jenis antioksidan hanya dapat ditemukan di makanan tertentu saja. Cara terbaik adalah menyertakan makanan-makanan di bawah ini ke dalam menu diet makan sehari-hari:

1. Blueberry
Mengandung beragam antioksidan, mulai dari quercetin, antosianidin, tanin, myricetin, asam klorogenat, kaempferol, pterostilbene, vitamin C, A, hingga resveratrol. Antosianidin merupakan antioksidan yang berpotensi meredakan peradangan, mencegah kanker dan serangan jantung. Sementara, vitamin C dan A penting untuk menjaga daya tahan tubuh.

2. Stroberi
Hasil studi yang diterbitkan di “Journal of Nutrition” menyatakan bahwa asam elagat bisa meningkatkan kemampuan quercetin (antioksidan dalam apel, blueberry, anggur) untuk membunuh sel kanker. Studi lain tahun 2011 menyatakan bahwa stroberi dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam darah. Stroberi dilengkapi vitamin C dan fenolik yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

3. Cranberry
Cranberry memiliki kombinasi unik antara antosianin, antioksidan fenolat, proantosianidin, flavonoid, dan triterpenoid. Manfaat antioksidan cranberry bisa didapatkan secara optimal jika seluruh kombinasi tersebut tersedia.

4. Anggur
Memiliki berbagai antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan, terutama resveratrol, yang dapat melindungi otak dan sistem saraf. Resveratrol efektif mencegah penyakit degeneratif, menurunkan tekanan darah, menghambat perkembangan sel kanker, menjaga kesehatan jantung dan elastisitas pembuluh darah. Anggur mengandung antosianin, proantosianidin, tanin lutein, beta karoten, quercetin, kaempferol, zeaxanthin. Antosianin lebih banyak terdapat pada anggur merah dan hitam, sedangkan tanin lebih tinggi konsentrasinya pada anggur hijau.

5. Ceri
Baik ceri manis maupun asam kaya antioksidan seperti zeaxanthin, beta karoten, lutein, melatonin, dan antosianin. Kandungan antioksidan ini lebih tinggi pada ceri asam, begitu pula dengan konsentrasi vitamin C dan A per 100 gram. Antosianin dapat melawan radikal bebas dengan mengikatnya ke DNA atau mengaktifkan sistem detoksifikasi. Beberapa studi menunjukkan bahwa antosianin mencegah transformasi sel sehat menjadi sel kanker, memperlambat perkembangan sel kanker, meredakan inflamasi dan rasa sakit.

6. Delima
Delima kaya akan kandungan polifenolnya, terutama antosianin yang meningkat saat buah masak. Polifenol lain yang terdapat pada daging buahnya seperti sianidin, tanin, punikalgin, serta pelargonidin glikosida. Vitamin C per 100 gram-nya mencapai 17% dari kebutuhan harian. Tak hanya pada daging buah, antioksidan juga terdapat di kulit delima sehingga sering diekstrak dan dijadikan suplemen.

7. Jeruk
Jeruk dan buah-buahan citrus lain identik dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Buah ini memiliki lutein, beta karoten, beta cryptoxnthin, zeaxanthin, asam hidroksisinamat, antosianin. Vitamin C dan vitamin A dalam jeruk bermanfaat untuk menguatkan sistem imun. Buah ini termasuk buah yang disarankan WHO untuk disertakan ke dalam diet pencegahan penyakit kardiovaskular. Sementara, hasil kajian atas 48 penelitian oleh CSRIO Amerika membuktikan bahwa diet yang dilengkapi buah-buahan citrus memberikan perlindungan terhadap beberapa jenis kanker secara signifikan.

8. Apel
Apel mengandung beta karoten, quercetin, hingga vitamin C. Quercetin adalah flavonoid yang memiliki senyawa anti inflamasi. Senyawa ini mencegah pembentukan enzim pemecah karbohidrat kompleks menjadi sederhana. Polifenol lain juga membantu menurunkan penyerapan glukosa oleh sistem pencernaan dan menstimulasi insulin. Selain itu, konsumsi apel secara teratur menurunkan risiko kanker paru pada wanita 21% berdasarkan penelitian yang dilakukan Harvard Medical School.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates