Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Sumber ( Makanan ) Antioksidan Terbaik

Sumber ( Makanan ) Antioksidan Terbaik

Sumber ( Makanan ) Antioksidan Terbaik

Sumber ( Makanan ) Antioksidan Terbaik

Sumber ( Makanan ) Antioksidan Terbaik

Sumber ( Makanan ) Antioksidan Terbaik – Tidak hanya dalam buah-buahan dan sayuran segar, antioksidan juga banyak terdapat di dalam makanan lain seperti kacang-kacangan, umbi-umbian, biji-bijian, dll. Berikut ini diantara pilihan makanan yang bisa disertakan dalam menu diet sehari-hari untuk menjaga sistem imunitas tubuh tetap terjaga:

1. Kedelai
Kedelai mengandung senyawa aktif dan fitokimia. Di antaranya isoflavone yang meniru kerja hormon estrogen, saponin yang memberi perlindugan terhadap kanker dan menurunkan kolesterol, asam fenolat yang menghentikan penyebaran sel kanker, serta asam fitat sebagai antioksidan.

2. Kacang-kacangan
Selain lignan dan saponin, ada juga flavonoid, inositol, sterol, dan prtease inhibitor yang bertindak sebagai antioksidan.

3. Ubi jalar
Ubi jalar mengandung nutrisi penting seperti vitamin A, C, B6, potassium, dan serat. Ubi jalar oranye dipercaya sebagai salah satu sumber beta karoten terbaik dan dapat meningkatkan kadar vitamin A dalam darah, terutama pada anak-anak. Sementara, ubi jalar ungu mengandung antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan dan anti inflamasi.

4. Bit
Tak hanya mengandung lutein dan zeaxanthin yang bermanfaat bagi kesehatan mata, bit memiliki fitonutrien bernama betalain. Dua di antara betalain ini, yaitu betanin dan vulgaxanthin, berfungsi sebagai antioksidan, anti inflamasi, dan detoksifikasi. Studi terbaru menunjukkan bahwa betanin yang diekstrak dari bit bisa mengurangi pertumbuan sel tumor otak.

5. Labu
Labu mengandung karotenoid berupa beta karoten yang memberi warna oranye dan menyehatkan mata. Biji labu juga kaya akan vitamin E dalam berbagai bentuk. Dua di antaranya dalam bentuk alfa tocomonoeol dan gamma tocomonoeol yang memiliki manfaat antioksidan.

6. Wijen
Wijen kaya akan antioksidan kuat seperti IP-6, vitamin E, lignan, sesamin, sesaminol, lesitin, dan linoleat. IP-6 atau fitat merupakan senyawa anti kanker alami potensial. Wijen hitam mengandung antioksidan lebih tinggi dibandingkan wijen coklat.

7. Biji bunga matahari
Biji bunga matahari merupakan sumber vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Vitamin E juga dapat menetralisir radikal bebas dan memberi efek anti peradangan sehingga dapat meredakan gejala asma dan osteoartitis.

8. Kacang pohon
Aneka kacang pohon seperti walnut, almond, hazelnut kaya senyawa fitokimia seperti resveratrol dan plant sterol yang menurunkan kolesterol. Kacang pohon dilengkapi mineral dan lemak sehat, terutama walnut yang menjadi sumber omega 3 tertinggi.

9. Kayu manis
Kayu manis kaya akan polifenol dan prosianidin. Kandungan antioksidan ini lebih kuat jika dibandingkan dengan rempah lain seperti vanila, jahe, mint, licorice, dan beberapa antioksidan kimia tambahan. Kayu manis bisa menghambat proses oksidasi lebih kuat dibandingkan antioksidan kimia dan seluruh rempah tersebut kecuali mint.

10. Kunyit
Kunyit mengandung kurkumin yang memiliki efek antioksidan dan anti inflamasi. Kunyit sering digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati nyeri sendi, pencegahan kanker, dan perlindungan sistem kardiovaskular.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates