Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Meningkatkan Jumlah Sel Darah Putih Secara Alami

Tips Meningkatkan Jumlah Sel Darah Putih Secara Alami

Tips Meningkatkan Jumlah Sel Darah Putih Secara Alami

Tips Meningkatkan Jumlah Sel Darah Putih Secara Alami

Tips Meningkatkan Jumlah Sel Darah Putih Secara Alami

Tips Meningkatkan Jumlah Sel Darah Putih Secara Alami – Kekurangan sel darah putih dapat menyebabkan kondisi jumlah sel darah putih yang rendah atau disebut dengan leukopenia, yaitu terjadi penurunan sel yang bertugas untuk melawan penyakit (leukosit) yang berada di dalam aliran darah. Jumlah batas ambang yang rendah sel darah putih dapat berbeda-beda menurut beberapa ahli medis. Beberapa orang yang sehat dapat memiliki jumlah sel darah putih yang lebih rendah dari jumlah sel darah putih yang dianggap normal. Jumlah leukosit 4.000 per mikroliter darah umumnya dapat dianggap mepunyai jumlah sel darah putih yang rendah. Ambang batas rendah dari jumlah sel darah putih pada anak-anak juga dapat bervariasi tergantung dari usia dan juga jenis kelamin.

Leukopenia ataupun kekurangan sel darah putih dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi masalah kesehatan yang terjadi pada tubuh, diantaranya :

1. Infeksi virus yang dapat mengganggu fungsi sumsum tulang

2. Akibat kelainan bawaan yang ditandai dengan berkurangnya fungsi sumsum tulang

3. Kanker ataupun penyakit lain yang dapat merusak sumsum tulang

4. Gangguan autoimun yang dapat merusak sel-sel darah putih atau sel sumsum tulang

5. Infeksi biasa yang dapat menyebabkan penggunaan sel-sel darah putih menjadi lebih banyak dari pada yang bisa diproduksi

6. Obat yang mempunyai efek samping menghancurkan sel-sel darah putih atau yang menyebabkan kerusakan sumsum tulang

7. Penyebab yang lain sebagai akibat penyakit lain, meliputi : anemia aplastik, akibat obat-obat tertentu misalnya konsumsi antibiotik dan diuretik, kemoterapi, akibat penyakit HIV atau AIDS, Hipersplenisme, akibat infeksi, leukemia, malnutrisi, akibat kelainan bawaan, akibat parasit, terapi radiasi, dan juga akibat kekurangan vitamin
.
Berikut cara meningkatkan jumlah sel darah putih secara alami
Jumlah sel darah putih yang rendah bisa menyebabkan penurunan sistem pertahanan tubuh atau menurunya imunitas terhadap virus, kuman, ataupun bakteri.

Supaya tidak mudah terkena serangan infeksi bakteri, virus flu, ataupun virus lainnya, berikut beberapa langkah secara alami yang dapat meningkatkan leukosit :

1. Makanan sehat yang bisa dimakan yaitu Buah delima

2. Makanan yang bisa dimakan mentah yaitu kubis

3. Semua sayuran hijau yang bergizi

4. Sesendok minyak kelapa yang dikonsumsi setiap hari bisa juga dapat membantu karena kaya akan vitamin dan juga mineral. Masih banyak manfaat minyak kelapa yang lainnya, termasuk dapat membantu membuat rambu bersinar dan melembutkan kulit.

5. Cobalah banyak konsumsi makanan yang dapat dimakan mentah, sebab ini akan membantu tubuh memproduksi sel-sel darah putih. Orang dengan penyakit kanker mungkin juga harus 100 persen diet mentah. Hal ini bisa meliputi buah dan juga sayur misalnya buah apel, wortel, tomat, anggur, kubis, dan lainnya.

6. Olahraga mungkin dapat membantu, meskipun belum ada bukti ilmiahnya akan tetapi patut untuk dicoba .

7. Makan lebih banyak buah dan juga sayuran dibandingkan dengan makanan lainnya .

8. Pilih minyak kelapa murni yang tidak dimurnikan .

9. Kacang mungkin dapat membantu .

Jumlah sel darah putih kronis yang sangat rendah dapat membuat tubuh Anda menjadi rentan terhadap infeksi, dengan demikian bicarakan langkah tindakan pencegahan dengan dokter agar dapat menghindari penyakit menular. Selalu rajinlah mencuci tangan secara teratur dengan menggunakan sabun dan menyeluruh, atau apabila perlu memakai masker wajah dan menghindari orang dengan penyakit flu atau penyakit yang lainnya

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates