Wednesday , 24 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » 10 Tips Singkat Menjaga Mata Sehat

10 Tips Singkat Menjaga Mata Sehat

10 Tips Singkat Menjaga Mata Sehat

10 Tips Singkat Menjaga Mata Sehat

10 Tips Singkat Menjaga Mata Sehat

10 Tips Singkat Menjaga Mata Sehat -Mata adalah jendela dunia, bagian terpenting dari tubuh dan kesehatan kita. Menjaga mata sehat tidak hanya diperlukan untuk alasan kesehatan, tetapi juga untuk belajar, bepergian, menikmati tontonan, hingga melihat orang-orang yang dikasihi. Ada banyak hal-hal yang dapat dilakukan untuk menjaga mata sehat dan memastikan kita memiliki penglihatan terbaik. Beberapa tips berikut dapat dilakukan untuk menjaga mata sehat hingga usia senja.

1. Lakukan uji mata komprehensif
Kita mungkin mengira mata dan penglihatan kita baik-baik saja, tetapi mengunjungi klinik perawatan mata profesional untuk uji mata komprehensif adalah satu-satunya cara untuk benar-benar yakin. Ketika masalah-masalah umum penglihatan muncul, beberapa orang tidak menyadari mereka dapat melihat lebih baik dengan kacamata atau lensa kontak. Sebagai tambahan, banyak penyakit umum mata seperti glaukoma, penyakit mata diabetes dan generasi makular akibat usia terkadang muncul tanpa gejala awal. Uji mata komprehensif adalah satu-satunya cara untuk mendeteksi penyakit-penyakit tersebut dalam stadium awalnya.

2. Ketahui riwayat kesehatan mata keluarga
Tanyakan kepada anggota keluarga mengenai riwayat kesehatan matanya. Penting untuk diketahui jika seseorang telah didiagnosa memiliki penyakit atau kondisi kesehatan yang dibawa secara genetik. Hal ini akan membantu untuk menentukan jika kita beresiko untuk memiliki penyakit tertentu.

3. Mengatur pola makan
Kita sering mendengar bahwa wortel baik untuk mata, sehingga beranggapan cukup dengan wortel saja. Sebenarnya pola diet dengan memakan banyak buah dan sayuran, terutama dedaunan hijau tua seperti bayam, kubis atau sawi hijau lebih baik untuk menjaga kesehatan mataa. Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa memakan ikan yang kaya dengan asam lemak omega-3 seperti salmon, tuna dan halibut dapat meningkatan kesehatan mata.

4. Menjaga berat badan
Kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan resiko diabetes dan kondisi sistemik lain yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan, sepertu penyakit mata diabetes atau glaukoma. Jika memiliki masalah sulit untuk mengatur berat badan, konsultasikanlah ke dokter.

5. Gunakan pelindung mata
Kenakanlah pelindung mata saat berolahraga atau melakukan kegiatan di sekitar rumah. Pelindung mata seperti kacamata safety dan goggle didesain khusus untuk memberikan perlindungan yang tepat pada aktivitas tertentu. Kebanyakan pelindung mata yang terbuat dari material polikarbonat sepuluh kali lebih kuat daripada plastik lainnya. Pelindung mata dapat diperoleh di pusat perawatan mata maupun toko barang-barang olahraga.

6. Berhenti merokok atau jangan pernah memulainya
Dampak merokok pada mata sama buruknya dengan bagian tubuh lainnya. Beberapa penelitian telah menemukan hubungan antara kebiasaan merokok dengan meningkatnya resiko untuk mengidap degenerasi macular karena usia, katarak dan kerusakan syaraf optik, yang dapat berujung pada kebutaan b,c.

7. Bergaya dengan kacamata hitam
Kacamata hitam adalah salah satu aksesoris fashion yang sangat populer, namun kegunaannya yang paling penting adalah untuk melindungi mata darisinar ultraviolet matahari. Saat membeli kacamata hitam, carilah yang dapat memblokir 99 hingga 100 persen radiasi UV-A dan UV-B.

8. Berikan mata istirahat yang cukup
Terkadang menghabiskan waktu didepan layar komputer atau melihat fokus pada sesuatu membuat lupa untuk mengedipkan mata sehingga membuat mata lelah. Cobalah aturan 20-20-20, yaitu: Setiap 20 menit, lihat ke arah lain sekitar 20 feet (sekitar 6 meter) selama 20 detik. Hal tersebut dapat mengurangi kelelahan dan ketegangan mata.

9. Bersihkan tangan dan lensa kontak dengan benar
Untuk menghindari resiko infeksi, biasakan mencuci tangan dengan baik sebelum memasang maupun melepaskan lensa kontak. Pastikan lensa kontak telah disterilkan sesuai petunjuknya dan letakkan sebagaimana mestinya.

10. Berlatih safety mata di tempat kerja
Perusahaan diharuskan untuk memberikan lingkungan kerja yang aman. Jika diharuskan menggunakan pelindung mata untuk bekerja, biasakan menggunakan tipe pelindung mata yang tepat setiap saat dan ajak rekan kerja untuk melakukan hal yang sama.

 

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates