Sunday , 26 March 2017
Home » Info Kesehatan » Biji Wijen, Makanan Sehat Yang Terabaikan

Biji Wijen, Makanan Sehat Yang Terabaikan

Biji Wijen, Makanan Sehat Yang Terabaikan

Biji Wijen, Makanan Sehat Yang Terabaikan

Biji Wijen, Makanan Sehat Yang Terabaikan

Biji Wijen, Makanan Sehat Yang Terabaikan – Siapa saja mengenal biji wijen, atau dalam bahasa Inggris disebut sesame. Wijen merupakan bahan campuran makanan yang dapat dikonsumsi manusia setelah diolah terlebih dahulu. Biasanya wijen ditemukan pada topping berbakai makanan, seperti roti, onde-onde, atau dodol. Biasanya wijen hanya dianggap sebagai hiasan atau penambah rasa yang tidak terlalu penting pada makanan. Berikut adalah beberapa kegunaan biji wijen.

1. Bahan campuran makanan
Wijen dapat dicampurkan begitu saja dalam adonan makanan untuk menambah cita rasa tertentu dan tekstur dari makanan. Tentunya penambahan ini dapat menambah nutrisi yang terdapat dalam makanan.

2. Topping makanan
Seringkali wijen digunakan sebagai topping makanan, atau taburan di atas makanan. Selain roti atau kue, wijen juga dipakai untuk topping beberapa dessert atau hidangan pencuci mulut tertentu. Onde-onde adalah salah satu kue khas indonesia yang menggunakan wijen sebagai topping.

3. Minyak wijen untuk memasak
Biji wijen dapat diolah sehingga menghasilkan minyak yang dapat digunakan untuk memasak. Minyak wijen ini lebih sehat daripada minyak kelapa sawit yang diproduksi secara industi karena mengandung asam lemak yang lebih baik untuk kesehatan.

4. Kudapan atau cemilan
Biji-bijian seperti wijen adalah tipe cemilan yang sempurna. Ukurannya kecil, rasanya gurih, praktis, tidak mengenyangkan dan membuat ketagihan. Mengonsumsi wijen lebih baik daripada snack yang berperisa buatan.
Manfaat kesehatan yang dibawa oleh wijen ternyata sangat luar biasa namun seringkali tidak mendapat perhatian. Biji wijen yang paling terkenal adalah wijen putih dan hitam. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam kedua jenis tersebut berbeda, sehingga manfaat medisnya juga berbeda. Biji wijen putih mengandung banyak kalsium seperti susu sedangkan wijen hitam mengandung zat besi. Berikut merupakan manfaat kesehatan yang dibawa oleh biji wijen.

1. Mencegah dan Melawan Kanker
Kandungan fitosterol biji wijen lebih tinggi daripada biji-bijian lainnya. Fitosterol merupakan senyawa organik jenis sterol yang dikandung tumbuhan, termasuk golongan fenolik sehingga dapat meredam radikal oksidan bebas pada pembentukan sel kanker maupun menghambat penyebaran sel kanker.

2. Menyembuhkan Anemia
Biji wijen terutama wijen hitam kaya akan kandungan zat besi. Zat besi diperlukan dalam pembentukan hemogobin, protein yang terdapat dalam sel darah merah yang berfungsi mengikat oksigen dalam darah serta memberi warna merah pada darah. Anemia adalah keadaan dimana seseorang memiliki jumlah sel darah merah dibawah batas normal (pria 5-6 juta sel per L darah, wanita 4-5 juta sel per L darah). Mengonsumsi wijen hitam tentu meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh sehingga menambah jumlah hemoglobin dan sel darah merah.

3. Menurunkan Tensi Darah
Tensi atau tekanan darah diatur oleh kinerja jantung yang dipengaruhi oleh ion-ion logam dalam tubuh. Kandungan natrium (yang berasal dari garam dapur) akan meningkatkan pompa jantung sehingga dapat menyebabkan hipertensi jika dikonsumsi berlebihan. Sementara itu ion logam lain seperti kalium (potasium) dan magnesium diketahui dapat berefek sebaliknya, menurunkan tekanan darah jantung. Dalam 100 gram biji wijen terdapat 350 mg magnesium, dimana jumlah ini merupakan salah satu yang tertinggi kandungan magnesiumnya. Oleh karena itu mengonsumsi wijen diyakini dapat menurunkan tekanan darah terutama bagi penderita hipertensi.

4. Menyehatkan Kulit
Wijen kaya akan mineral, salah satunya seng (zinc) yang berperan dalam kesehatan kulit. Selain itu, minyak biji wijen membantu pembentukan kolagen, suatu protein pengikat yang membuat kulit menjadi kencang dan kenyal. Pembentukan kolagen juga mengendalikan pori-pori kulit, memperbaiki kerusakan kulit dan mencegah kerutan akibat radiasi sinar matahari yang juga dapat menyebabkan kanker kulit.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang
Biji wijen , terutama wijen putih mengandung banyak kalsium, yang merupakan penyusun utama tulang dan gigi. Kandungan seng dalam wijen juga menambah fungsi kesehatan tulang karena dapat memadatkan tulang. Wijen juga mengandung tembaga yang dapat memperkuat tulang dan sendi.

6. Menyuburkan Rambut
Minyak wijen mengandung asam lemak tidak jenuh omega-3, omega-6 dan omega-9 yang berperan dalam pertumbuhan rambut. Biji wijen juga kaya vitamin sehingga dapat memberi nutrisi pada kulit kepala untuk pertumbuhan rambut. Wijen hitam dapat digunakan untuk menghitamkan rambut secara alami.

7. Mengurangi Stres
Beberapa nutrisi dalam wijen dapat membuat rileks sehingga mengurangi stress. Magnesium mengatur otot dan mengendurkannya sehingga otot tidak tegang. Thiamin (vitamin B1) yang dikandung wijen juga dapat mengobati depresi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates