Wednesday , 26 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Beberapa Jenis Penyakit Akibat Virus

Ketahui Beberapa Jenis Penyakit Akibat Virus

Ketahui Beberapa Jenis Penyakit Akibat Virus

Ketahui Beberapa Jenis Penyakit Akibat Virus

Ketahui Beberapa Jenis Penyakit Akibat Virus

Ketahui Beberapa Jenis Penyakit Akibat Virus – Virus merupakan parasit berukuran mikroskopik yang da[atmenginfeksi sel organisme biologis. Virus bersifat sebagai parasit obligat, hal tersebut diakibatkan karena virus hanya bisa bereproduksi di dalam material hidup dengan menginvasi serta memanfaatkan sel makhluk hidup sebab virus tidak mempunyai perlengkapan selular untuk bereproduksi sendiri. Virus biasanya mengandung sejumlah kecil asam nukleat atau DNA maupun RNA, akan tetapi tidak kombinasi keduanya dengan diselubungi semacam bahan pelindung yang terdiri dari protein, lipid, glikoprotein, ataupun kombinasi ketiganya.

Sel-sel dalam tubuh manusia, terkait perkembangan serta fungsinya, bisa terganggu oleh adanya infeksi akibat mikroorganisme yang disebut dengan Virus. Tipe sel yang dapat terinfeksi dan tipe virus yang menginfeksi dapat menyebabkan penyakit serta gejala yang berbeda-beda. Berikut beberapa jenis penyakit yang diakibatkan oleh virus, diantaranya:

1.    Cacar Air (Varisela)
Penyakit ini disebabkan oleh virus varisela zoster yang pada umumnya ditandai dengan timbulnya ruam pada kulit yang menjadi gejala utama dari cacar air. Ruam tersebut dapat berubah menjadi bintil merah yang berisi cairan yang terasa gatal kemudian dapat mengering, menjadi koreng dan akan terkelupas dalam waktu 7 hingga 14 hari.

2.    Campak
Campak merupakan infeksi yang diakibatkan oleh virus. Penyakit ini bisa memunculkan ruam pada seluruh tubuh serta sangat menular. Gejala campak akan timbul sekitar satu sampai dua minggu setelah virus masuk ke dalam tubuh.

3.    Chikungunya
Chikungunya merupakan virus yang menyerang manusia akibat gigitan nyamuk Aedes aegypti ataupun Aedes albopictus. Penyebab serta gejalanya serupa dengan penyakit demam berdarah.

4.    Demam Berdarah (DBD)
Demam berdarah atau DBD merupakan penyakit yang akan membuat penderitanya mengalami rasa nyeri, seolah-olah terasa sakit sampai ke tulang. DBD diakibatkan oleh virus yang ditularkan oleh gigitan nyamuk.

5.    Ebola
Penyakit ini diakibatkan oleh virus dan bisa berakibat fatal apabila segera tidak ditangani. Virus Ebola sudah hidup di dalam tubuh kelelawar pemakan buah ataupun codot. Virus tersebut lalu menyebar ke hewan lain dan dapat menjangkiti manusia melalui darah.

6.    Flu
Penyakit ini terjadi sebagai akibat infeksi virus yang dapat menyerang saluran pernapasan.

7.    Flu Babi
Flu babi merupakan istilah untuk jenis influenza akibat virus H1N1. Virus penyebabnya sama dengan virus influenza yang mengakibatkan influenza pada babi.

8.    Flu Burung
Flu burung adalah suatu jenis penyakit influenza yang dapat ditularkan oleh burung ke tubuh manusia. Virus akan masuk ke tubuh manusia yang berinkubasi terlebih dahulu selama 3 sampai 7 hari sebelum menimbulkan gejala.

9.    Flu Singapura
Flu Singapura merupakan infeksi menular yang diakibatkan oleh virus. Penyakit ini biasanya akan menyerang anak kecil namun bisa juga terjadi pada orang dewasa.

10.    Gondongan
Gondongan merupakan penyakit yang mengakibatkan kelenjar parotid (kelenjar yang memproduksi air liur) dimana mengalami pembengkakan akibat infeksi virus.

11.    Hepatitis
Hepatitis merupakan timbulnya radang pada hati yang diakibatkan oleh infeksi virus hepatitis. Terdapat lima tipe virus hepatitis yakni hepatitis A,B,C,D,E yang masing-masing dengan gejala, cara penularan serta penanganan yang berbeda-beda.

12.    Herpes Zoster
Herpes zoster pada umumnya akan dialami para manula, terutama pada usia di atas 50 tahun. Penyakit yang dikenal dengan cacar api disebabkan akibat virus yang sama dengan virus yang jadi penyebab cacar air, yakni varisela zoster. Virus varisela akan menetap di dalam tubuh bahkan setelah cacar air sembuh, bisa kembali aktif di kemudian hari serta menyebabkan herpes zoster.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates